POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

BURGER KING: Everstone sedang menjajaki penjualan saham di India dan waralaba BURGER KING di Indonesia

BURGER KING: Everstone sedang menjajaki penjualan saham di India dan waralaba BURGER KING di Indonesia

Dua sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaan ekuitas swasta Everstone Capital sedang mempertimbangkan untuk menjual $ 314 juta sahamnya di Restaurant Brands Asia Ltd, franchisee utama Burger King di India dan Indonesia.

Sumber mengatakan bahwa perusahaan akuisisi yang berbasis di Singapura sedang dalam pembicaraan dengan penasihat untuk mengeksplorasi proses penjualan, menolak untuk diidentifikasi karena masalah kerahasiaan.

Everstone Capital, melalui perusahaan investasinya QSR Asia Pte Ltd, memiliki 40,9% saham di Restaurant Brands, menurut data Refinitiv.

Everstone Capital menolak berkomentar dan Restaurant Brands Asia tidak menanggapi pertanyaan dari Reuters yang meminta komentar.

Restaurant Brands Asia memiliki kapitalisasi pasar $768 juta berdasarkan harga hari Jumat INR 129. Sahamnya telah melonjak 49 persen dari rekor terendah pada pertengahan Mei.

Potensi penjualan datang pada saat belanja konsumen pulih setelah pelonggaran pembatasan virus corona di India dan Indonesia, yang membantu mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua ke laju tercepat dalam setahun.

Perekonomian India tumbuh sebesar 13,5% year-on-year pada bulan April dan Juni, sedangkan perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 5,44%.

Restaurant Brands Asia, sebelumnya dikenal sebagai Burger King India Ltd, didirikan pada tahun 2013 setelah kemitraan yang dibentuk antara Everstone dan Burger King Worldwide Inc untuk mengembangkan kehadiran rantai makanan cepat saji di India.

Everstone Capital adalah cabang ekuitas swasta dari Everstone Group, yang mengelola aset lebih dari $7 miliar.

Perusahaan ekuitas swasta berfokus pada pasar menengah dan berinvestasi dalam bisnis yang berfokus pada India dan Asia Tenggara.

Restaurant Brands Asia yang berbasis di Mumbai telah berkembang untuk mengoperasikan 315 restoran di negara itu pada akhir Maret tahun ini, menurut laporan tahunan terbarunya.

READ  Rencana pembelian obligasi senilai $ 14 miliar adalah momen "apa pun yang diperlukan" oleh Reserve Bank of India bagi perekonomian India

Laporan tahunan menunjukkan bahwa Brands Asia memegang waralaba nasional eksklusif Burger King di India dan Indonesia, memiliki dan mengoperasikan 177 restoran hingga akhir Maret.

Di bawah perjanjian waralaba utama, Restaurant Brands Asia telah setuju untuk mengembangkan dan membuka setidaknya 700 restoran pada akhir 2026 di India, menurut laporan tahunan.