POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

BRIN XX menawarkan PIRN untuk mengeksplorasi bakat penelitian muda yang berkualitas

BRIN XX menawarkan PIRN untuk mengeksplorasi bakat penelitian muda yang berkualitas

Padahal, di berbagai daerah banyak (tersembunyi) talenta-talenta yang sangat terampil yang tidak memiliki kesempatan untuk berekspresi (keahliannya).

MATARAM, NTB (ANTARA) – Lembaga Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan menyelenggarakan Pekan Pemuda Riset dan Inovasi Nasional (PIRN) ke-XX pada 11-16 Juli 2022 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk meningkatkan kualitas dan daya saing yang lebih besar. . Bakat muda.

Hal itu disampaikan Presiden BRIN Laksana Dry Handoko pada pembukaan PIRN XX bertema Ekonomi Biru Hijau di Gedung Graha Bhakti, Kantor Gubernur NTB, Senin.

PIRN Week adalah kegiatan sains terbuka berbasis penelitian untuk siswa dan guru sekolah menengah pertama dan atas di bidang ilmu sosial, ilmu alam, dan teknologi rekayasa.

Presiden BRIN menyampaikan bahwa penyelenggaraan acara ini merupakan salah satu upaya untuk mengidentifikasi talenta muda untuk masa depan sektor riset dan inovasi.

“Padahal di berbagai daerah banyak (tersembunyi) talenta-talenta hebat yang tidak memiliki kesempatan untuk menunjukkan (kemampuannya),” ungkapnya.

Sementara itu, Executive Vice President SDM Iptek BRIN Edy Giri Rachman Putra mengatakan, peserta PIRN akan mengikuti serangkaian kegiatan seperti melatih siswa SMP dan SMA menulis karya ilmiah.

Selain itu, dosen dan mahasiswa dapat mengunjungi Pusat Penelitian Industri Biologi Kelautan dan Terestrial (PR BILD) BRIN.

Di lab, mahasiswa juga akan melakukan analisis data biologis dan workshop pembuatan animasi dan pendidikan sains dari platform media pendidikan.Pizza cola?‘.

Sementara itu, fakultas dapat berpartisipasi dalam Local Knowledge Dissemination and Science Education Awards (SEA) Instituto Torre Science Foundation (ITSF).

ITSF SEA Awards telah diselenggarakan sejak tahun 1994 dengan tujuan untuk mendorong guru-guru Indonesia menerapkan pembelajaran kreatif yang meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap sains.

READ  Fokus: Di provinsi paling bahagia di Indonesia, nilai-nilai lokal membentuk sikap tentang kehidupan

PIRN diselenggarakan oleh Direktorat Talent Management BRIN bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTB.

Handoko dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah secara resmi membuka acara tersebut.

PIRN melibatkan 409 peserta, terdiri dari 102 guru dan 207 siswa dari 28 provinsi di seluruh Indonesia, dan 100 mahasiswa dari provinsi NTB.