POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

BRIN mengatakan pemerintah akan meluncurkan manajemen bakat nasional

BRIN mengatakan pemerintah akan meluncurkan manajemen bakat nasional

JAKARTA (ANTARA) – Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Bidang Iptek Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Edy Giri Rachman Putra, mengatakan pemerintah akan meluncurkan program National Talent Management (MTN).

“Tiga bidang yang akan difokuskan, pertama bidang riset inovasi yang akan dikoordinir oleh BRIN, bidang seni budaya di bawah Kemendikbud, dan bidang olahraga di bawah Kemenpora,” ujarnya. dikatakan.

Hal itu disampaikannya saat diskusi bertajuk “Membangun Peta Jalan Pendidikan di Indonesia: Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Sumber Daya Manusia” dalam acara sambung alumni yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (BPI Dunia) di Jakarta, Sabtu.

Melalui MTN, diharapkan banyak talenta yang tumbuh untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, ujarnya.

Ia menambahkan, ke depan diharapkan banyak talenta yang bisa meraih medali di olimpiade dan memajukan seni budaya.

Perguruan tinggi merupakan tempat berkumpulnya talenta berupa mahasiswa dan dosen, ujarnya.

“Kita perlu mengundang dan mempertemukan para peneliti dari masyarakat dan swasta, dan yang terpenting adalah diaspora (Indonesia),” katanya.

Sesuai dengan visi Indonesia Emas 2045, Indonesia berupaya menjadi negara maju pada tahun 2045, peringatan 100 tahun kemerdekaannya.

Pada 10 Desember 2021, Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 21 Tahun 2021 (Kebres) tentang Gugus Tugas Pengelolaan Talenta Nasional.

Misi gugus tugas ini adalah menyiapkan sumber daya manusia yang terampil dan berdaya saing global.

Dibutuhkan melalui manajemen yang komprehensif, berkelanjutan dan inovatif serta kebijakan pengembangan talenta nasional.

Berita terkait: BRIN mendukung Game Assets Store untuk memajukan industri game
Berita Terkait: BRIN Gandeng Perusahaan Kembangkan Varietas Padi Tahan Hama

Koresponden: Cindy Frishanti Octavia
Pengarang: Anton Santoso
Hak Cipta © ANTARA 2023

READ  Widodo, Biden Bahas Isu Geopolitik Indo-Pasifik: Hartardo