POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Brexit Inggris harus mencapai kesepakatan perdagangan dengan Indonesia untuk mengatasi krisis biaya hidup |  Politik |  Berita

Brexit Inggris harus mencapai kesepakatan perdagangan dengan Indonesia untuk mengatasi krisis biaya hidup | Politik | Berita

Ketika Inggris terus maju dengan pemulihan ekonominya dari pukulan ganda COVID dan perang di Ukraina, sangat penting bagi pemerintah Rishi Sunak untuk memanfaatkan hubungan perdagangan baru di seluruh dunia. Indonesia adalah mitra yang jelas dalam upaya ini.

Indonesia adalah negara berpenduduk lebih dari 270 juta orang; Dekade terakhir telah melihat pertumbuhan PDB rata-rata lebih dari 5 persen setiap tahun, tidak termasuk penurunan COVID pada tahun 2020.

Proyeksi pertumbuhan berada di atas angka 5 persen untuk setiap tahun selama setengah dekade berikutnya. Di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Indonesia berada di jalur yang tepat untuk menjadi kekuatan ekonomi global.

Prospek hubungan bilateral kita dengan Inggris sekarang berada di landasan yang kokoh.

Dalam 12 bulan terakhir saja, nilai perdagangan bilateral meningkat 17,8 persen, menjadi hampir £3 miliar.

Masih banyak yang bisa kita lakukan. Ekspor Inggris yang bernilai tinggi di bidang keuangan, manufaktur maju, dan obat-obatan dapat membawa pengetahuan dan investasi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Ekspor makanan, kayu, dan logam kami akan membantu Inggris mengatasi badai inflasi, menjaga harga tetap kompetitif, dan jalur pasokan stabil.

Mungkin sektor yang paling ambisius di Indonesia adalah kelapa sawit. Lebih dari 2.6.

Satu juta petani kecil menanam tanaman di seluruh Indonesia, dan pendapatan yang dihasilkan telah mengangkat jutaan keluarga dan masyarakat keluar dari kemiskinan.

Tidak hanya itu, kepemilikan pertanian memberikan sertifikat tanah dan hak milik, membawa kemakmuran antargenerasi ke daerah pedesaan untuk pertama kalinya.

Petani generasi kedua dan ketiga saat ini sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, mampu mengejar karir mereka sebagai guru, dokter dan pengusaha.

Ini adalah kisah klasik tentang pembangunan ekonomi yang sukses.

READ  Indonesia berjanji untuk melanjutkan transisi ke ekonomi sirkular

Sektor ini telah berkembang dalam beberapa dekade terakhir menjadi ekspor pertanian utama Indonesia.

Berlawanan dengan reputasi kartun jahat yang dibayar oleh Greenpeace dan lainnya, minyak sawit sebenarnya merupakan komponen penting dari rantai pasokan makanan.

Tekanan harga pangan saat ini dari invasi ke Ukraina akan jauh lebih buruk jika bukan karena ketersediaan dan harga rendah minyak sawit Indonesia – alternatif yang efektif dan serbaguna untuk tanaman bunga matahari dan rapeseed yang dihancurkan perang.

Hukum lingkungan Inggris berisi klausul uji tuntas yang melarang impor ilegal produk yang terkait dengan deforestasi.

Indonesia mendukung tujuan ini, dan berkomitmen untuk bekerja sama dengan Inggris dan negara lain untuk mencapainya (deforestasi Indonesia terkait minyak kelapa sawit telah menurun hingga 80 persen dalam beberapa tahun terakhir menurut studi terbaru dari Stockholm Environment Institute).

Yang terpenting, pendekatan uji tuntas Inggris didasarkan pada standar legalitas yang menghormati hukum Indonesia: dengan kata lain, ini adalah upaya kolaboratif daripada upaya sepihak.

Ini harus tetap di tempatnya. Undang-undang sekunder yang sekarang sedang dipertimbangkan oleh DEFRA tidak boleh mendiskriminasi minyak sawit: ini mungkin umum di antara beberapa LSM, tetapi akan merusak hubungan bisnis terbuka yang ingin dibangun oleh Inggris dan Indonesia.

Standar Minyak Sawit Berkelanjutan Indonesia (ISPO), yang akan segera menjadi skema keberlanjutan terbesar di dunia yang mencakup ratusan ribu petani kelapa sawit kami, dapat memberikan jaminan kepada Inggris untuk menegakkan hukum dan mengekang deforestasi ilegal.

ISPO dapat – dan harus – diakui oleh Inggris sebagai standar uji tuntas yang dapat diterima di bawah hukum lingkungan.

Ini harus menjadi tujuan bersama kita: perdagangan terbuka dan pengakuan timbal balik – daripada hambatan dan hambatan yang diajukan oleh para pencinta lingkungan.

READ  Agenda G20 akan memiliki efek riak pada ekonomi Indonesia: resmi

Biarkan para pendukung kematian menyebarkan cerita mengerikan mereka, tetapi kita tidak boleh meninabobokan mereka.