POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Booming AI di AS mendorong ekspor teknologi Taiwan naik 422%

Booming AI di AS mendorong ekspor teknologi Taiwan naik 422%

(Bloomberg)–

Kebanyakan membaca dari Bloomberg

Lonjakan kecerdasan buatan mendorong lonjakan ekspor Taiwan, dengan perusahaan-perusahaan di pulau tersebut mengirimkan unit pemrosesan grafis dan peralatan terkait senilai lebih dari $42 miliar selama setahun terakhir, dibandingkan dengan hampir tidak ada pengiriman dalam beberapa tahun terakhir.

Nilai ekspor ini mencapai $3,5 miliar pada bulan lalu, meningkat hampir 422% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut data yang dirilis oleh Administrasi Bea Cukai pada hari Rabu. Amerika Serikat telah menjadi pelanggan terbesar chip yang dibuat oleh perusahaan seperti Nvidia Corp. Yang diperlukan untuk menjalankan layanan grafis dan pelatihan AI. Perusahaan-perusahaan di Belanda dan Hong Kong juga merupakan klien utama.

Total ekspor pada bulan Juni naik 23,5% menjadi hampir $40 miliar, Kementerian Keuangan mengumumkan pada hari Selasa. Pengiriman komputer dan perangkat terkait melonjak 324% menjadi $6,6 miliar karena kuatnya permintaan dari sektor teknologi berkembang.

Kepala statistik kementerian Beatrice Tsai mengatakan setelah data diumumkan bahwa Taiwan “memasuki musim puncak ekspor mulai bulan Juli” dan sebagian besar ekspor bulan ini akan datar atau lebih baik dibandingkan bulan Juni.

Taiwan adalah rumah bagi pembuat chip tercanggih di dunia, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co., pemasok utama Nvidia dan Apple Inc. TSMC dan rekan-rekannya, didukung oleh ekosistem pemasok komponen yang luas, memproduksi sebagian besar semikonduktor kelas atas di dunia.

“Taiwan terus mendapatkan keuntungan dari ledakan AI dan kebangkitan teknologi siklus, yang kemungkinan akan mendukung ekspor dalam beberapa bulan mendatang,” kata Gary Ng, ekonom senior di Natixis Bank.

Ekspor sirkuit terpadu kembali tumbuh setelah kehilangan momentum selama beberapa bulan terakhir. Total pengiriman ke Amerika Serikat pada bulan Juni meningkat lebih dari 74%, dan pengiriman ke ASEAN juga terus tumbuh secara signifikan, mengimbangi dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi di Tiongkok, menurut Ng.

READ  Bola basket wanita Virginia Tech kembali ke Lapangan Klinik Carilion Senin malam

Meningkatnya pengiriman unit pemrosesan grafis merupakan salah satu faktor yang mendorong perdagangan dengan Amerika Serikat mencapai rekor tertinggi. Barang senilai lebih dari $9 miliar dikirim dari Taiwan ke Amerika Serikat pada bulan lalu, yang merupakan rekor bulan tertinggi ketiga dan berada di belakang rekor yang dicapai pada bulan Maret.

–Dengan bantuan dari Cindy Wang dan Chen Hua Wan.

Paling banyak dibaca dari Bloomberg Businessweek

©2024 Bloomberg L.P