POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Boeing membuka pusat teknologi di Brazil, mempromosikan konektivitas bahan bakar alternatif

Boeing membuka pusat teknologi di Brazil, mempromosikan konektivitas bahan bakar alternatif

Ditulis oleh Gabriel Araujo

SAO JOSE DOS CAMPOS, Brasil (Reuters) – Boeing Co membuka pusat teknologi dan teknik di Brasil pada Selasa, dengan tujuan memperluas jangkauan globalnya dan memanfaatkan keahlian di negara yang dianggapnya sebagai pemimpin dalam produksi bahan bakar penerbangan berkelanjutan (SAF).

Langkah ini dilakukan lebih dari tiga tahun setelah mereka menarik diri dari kesepakatan senilai $1 miliar untuk membeli divisi komersial produsen pesawat lokal Embraer. Boeing yakin kedua perusahaan sepakat mengenai tujuan pengembangan ekosistem luar angkasa di Brasil.

“Ini adalah tempat yang sangat logis bagi kami untuk berinvestasi,” kata Brendan Nelson, kepala strategi dan operasi global di luar AS.

Dia mengatakan Brazil memiliki insinyur yang sangat terlatih dan mempunyai posisi yang baik untuk memimpin upaya dekarbonisasi di sektor ini. “Ini adalah investasi jangka panjang,” kata Nelson kepada Reuters.

Industri penerbangan memiliki tujuan ambisius untuk mencapai emisi karbon nol pada tahun 2050, yang mana CEO perusahaan tersebut menekankan komitmennya, dan Boeing mengatakan Brasil memiliki potensi untuk menjadi salah satu pemain global utama di pasar angkatan udara Sudan.

Tujuan dekarbonisasi sebagian besar didasarkan pada pengembangan dan peningkatan produksi SAF dari sumber daya terbarukan seperti minyak nabati atau limbah. Brasil adalah pemimpin global dalam bidang biofuel seperti etanol.

Pusat teknologi baru perusahaan di São José dos Campos, sebuah kota dekat São Paulo tempat Embraer berkantor pusat, mempekerjakan sekitar 500 orang, menurut Boeing, yang klien utamanya di maskapai penerbangan Brasil tersebut adalah GOL.

Produsen pesawat tersebut tidak menyebutkan sejauh mana rencananya berinvestasi di Brasil.

Ekspansi Boeing ke negara Amerika Selatan telah menyebabkan dua kelompok industri pertahanan dan kedirgantaraan lokal menuntut perusahaan Amerika tersebut karena mempekerjakan talenta lokal, sebuah tindakan yang mereka anggap merugikan industri Brasil. Kedua kelompok memiliki Embraer sebagai anggota,

READ  Seperti apa masa depan tanpa kata sandi? - Apa itu lokal?

Boeing membela langkahnya, dengan mengatakan kehadirannya akan memperkuat ekosistem kedirgantaraan Brasil.

“Kami tidak bersaing dengan Embraer untuk pasar mereka. Kami bersaing di pasar yang berbeda,” kata Landon Loomis, presiden Boeing untuk Amerika Latin dan Karibia, seraya mencatat bahwa perusahaan-perusahaan tersebut juga mempunyai kepentingan yang sama termasuk keberlanjutan dan keselamatan.

Divisi komersial Embraer berfokus pada jet regional, sementara Boeing membuat pesawat yang lebih besar.

(Laporan oleh Gabriel Araujo; Penyuntingan oleh David Gregorio)