POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

BMKG: Gempa berkekuatan 5,2 M melanda Papua siang tadi

TEMPO.CO, Jakarta A Gempa bumi Gempa berkekuatan 5,2 SR melanda Kabupaten Mambaremo Tengah di Provinsi Papua pada Selasa, 21 Mei 2024 pukul 15.31 WIB (Waktu Indonesia Barat). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi di daratan, 22 kilometer timur laut kampung Kasonaweja, Papua. Episentrum gempa berada di kedalaman 16 km.

Dariono, Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG mengatakan, intensitas getaran akibat gempa tersebut mencapai level MMI IV di Abawar Hulu, Mumberamo Tengah, Mumberamo Hilir, Kota Parmeso, Kota Sarmi. “Masyarakat yang berada di dalam bangunan perumahan dapat merasakan gempa tersebut,” ujarnya melalui keterangan tertulis sesaat setelah kejadian.

Warga Kota Doligara, Kota Kodamuliya, dan Kota Diom juga merasakan gempa di II-III MMI yang serupa dengan truk yang melintas. Tariono memastikan belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami, ujarnya.

Dilihat dari kedalaman episenter dan hiposenternya, gempa ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar dorong di Mamperamo. “Aktivitas gempa ini ada pergerakan ke atas atau sesar dorong,” kata Tariono.

Hingga pukul 16.00 hari ini, belum ada tanda-tanda gempa atau gempa susulan. Meski demikian, tim BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak jelas.

Johannes Pascalis

Seleksi Guru: Gempa melanda Malang, Bali Selasa dini hari

klik disini mendapatkan Update berita terkini Tempo di Google News

READ  Turis Singapura rindu melihat Patam, latar belakangnya: Menteri Karnavian