POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Blinken tiba di Inggris dalam perjalanan untuk lebih mengembangkan strategi Indo-Pasifik

Blinken tiba di Inggris dalam perjalanan untuk lebih mengembangkan strategi Indo-Pasifik

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken pada hari Jumat tiba di Liverpool, Inggris, untuk memulai serangkaian pertemuan langsung dengan para menteri luar negeri mengenai Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara sebagai bagian dari perjalanan 9-17 Desember yang juga akan membawanya ke Indonesia, Malaysia, Thailand dan Hawai.

Pada hari Jumat, diplomat tinggi AS akan bertemu dengan para pemimpin G7, termasuk Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss dan Menteri Luar Negeri Jerman Annallina Barbock.

Perjalanan Blinken adalah bagian dari upaya AS untuk memperkuat “kemitraan strategis” dengan ASEAN karena pemerintahan Presiden Joe Biden bertujuan untuk memulai “Kerangka Ekonomi Baru untuk Indo-Pasifik” pada awal 2022.

Untuk pertama kalinya, anggota ASEAN diundang untuk berpartisipasi dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri dan Pembangunan G7 selama dua hari yang akan diadakan di Liverpool mulai Jumat. Kelompok Tujuh adalah pengelompokan negara demokrasi terkaya di dunia, lebih formal dikenal sebagai Kelompok Tujuh.

Blinken dijadwalkan bertemu dengan beberapa rekannya dari blok Asia Tenggara selama pertemuan G7 sebelum menuju ke ujung Asia dan Pasifik minggu depan.

Di Jakarta, beliau akan menyampaikan sambutan tentang pentingnya kawasan Indo-Pasifik dan menekankan pentingnya kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia.

“Menteri akan memiliki kesempatan untuk membahas Kerangka Ekonomi yang baru diumumkan Presiden untuk kawasan Indo-Pasifik,” kata Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel Krettenbrink kepada wartawan dalam sebuah pengarahan. “Presiden Biden berkomitmen untuk meningkatkan tingkat keterlibatan antara Amerika Serikat dan ASEAN ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tambahnya.

Indonesia adalah negara mayoritas Muslim terbesar berdasarkan populasi. Krettenbrink mengatakan kepada VOA pada hari Rabu bahwa Blinken akan menghadiri klinik vaksin yang diselenggarakan oleh LSM berbasis agama terbesar di Indonesia.

READ  Sun Cable: Proyek Tenaga Surya dan Baterai Terbesar di Dunia Berkembang Lagi, Mendapat Persetujuan Indonesia

Blinken kemudian menuju ke Malaysia dan Thailand di mana ia akan mencoba memperkuat hubungan AS dan mengatasi tantangan bersama, termasuk COVID-19, membangun rantai pasokan yang tangguh, krisis iklim, dan memastikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Departemen Luar Negeri mengatakan Blinken akan “mengatasi krisis yang semakin dalam di Burma” di setiap negara selama perjalanan panjang. Burma juga dikenal sebagai Myanmar, ketika militer merebut kekuasaan dalam kudeta Februari, menggulingkan pemerintah sipil.

Para pejabat AS mencatat bahwa “Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik akan mencakup kemitraan luas dengan negara-negara di kawasan di bidang-bidang kritis, termasuk ekonomi digital, teknologi, ketahanan rantai pasokan, dan energi bersih.”

“Wilayah Indo-Pasifik tidak hanya mewakili bagian penting dari ekonomi kita. Tidak hanya mewakili lebih dari setengah populasi dunia dan 60% dari PDB global,” Jose Fernandez, Wakil Menteri Luar Negeri untuk Pertumbuhan Ekonomi, Energi dan Lingkungan, kata dalam briefing baru-baru ini.

Tujuh dari 15 ekspor terbesar ke Amerika Serikat pasar Di kawasan Indo-Pasifik. Dia menambahkan bahwa perdagangan bilateral antara Amerika Serikat dan kawasan telah melebihi $ 1,75 triliun.

Namun, ada kekhawatiran bahwa Amerika Serikat tertinggal dari China dalam memperdalam hubungan ekonomi dan strategis dengan ASEAN.

“Negara-negara ASEAN menginginkan lebih banyak dari Washington di sisi ekonomi, tetapi kerangka ekonomi yang diusulkan oleh pemerintahan Biden untuk kawasan Indo-Pasifik kemungkinan akan jauh dari harapan mereka,” kata Susanna Patton, Peneliti di Kebijakan Luar Negeri dan Pertahanan AS. Program. Pusat Studi Sydney.

Merujuk pada perjanjian perdagangan yang dikenal dengan Regional Comprehensive Economic Partnership, kata Patton, bersamaan dengan Comprehensive and Progressive Agreement for the Trans-Pacific Partnership.

“Permintaan China untuk bergabung dengan CPTPP, sebuah kendaraan yang dirancang untuk memperkuat hubungan ekonomi AS dengan Asia, menyoroti ketidakhadiran Washington,” kata Patton kepada VOA, Rabu. CPTPP adalah perjanjian perdagangan bebas antara Australia, Brunei, Kanada, Chili, Jepang, Malaysia, Meksiko, Peru, Selandia Baru, Singapura dan Vietnam yang ditandatangani pada tahun 2018.

READ  BPJPH, Sinergi Kementerian Percepat Sertifikasi Produk Halal

Pada November 2020, 10 negara anggota ASEAN dan lima negara tambahan (Australia, Cina, Jepang, Korea Selatan, dan Selandia Baru) menandatangani RCEP, yang menyumbang sekitar 30% dari PDB dan populasi dunia. RCEP mulai berlaku pada bulan Januari.

Yang lain mengatakan bahwa kerangka ekonomi baru untuk Indo-Pasifik tampaknya bukan hanya tentang perdagangan tradisional, karena Washington mengacu pada kepentingan strategis di kawasan tersebut.

Beberapa informasi untuk laporan ini disediakan oleh The Associated Press dan Reuters.