POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Blinken sedang bersiap untuk mendarat di China dengan penerbangan langka karena harapan akan adanya terobosan semakin menipis

Blinken sedang bersiap untuk mendarat di China dengan penerbangan langka karena harapan akan adanya terobosan semakin menipis

TOKYO (Reuters) – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dijadwalkan berada di Beijing pada Minggu, diplomat senior AS pertama yang mengunjungi China dalam lima tahun, di tengah hubungan bilateral yang membeku dan prospek suram untuk detente apa pun dalam daftar panjang. Perbedaan antara dua ekonomi terbesar di dunia.

Setelah penerbangan Februari ditunda setelah balon mata-mata China yang diduga terbang di atas wilayah udara AS, Blinken akan menjadi pejabat tertinggi pemerintah AS yang mengunjungi China sejak Presiden Joe Biden menjabat pada Januari 2021.

Selama kunjungannya dari 18 hingga 19 Juni, dia diperkirakan akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Chen Gang, diplomat top China Wang Yi dan mungkin Presiden Xi Jinping, dan bekerja untuk membangun saluran komunikasi yang terbuka dan permanen untuk memastikan terwujudnya persaingan strategis. antara kedua negara. Itu tidak berubah menjadi perjuangan.

Ini akan menjadi perjalanan yang juga akan diikuti oleh seluruh dunia karena setiap eskalasi antara kekuatan besar dapat memiliki konsekuensi global untuk segala hal mulai dari pasar keuangan hingga rute dan praktik perdagangan serta rantai pasokan global.

“Ada pengakuan di kedua belah pihak bahwa kami memerlukan saluran komunikasi tingkat tinggi,” kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri kepada wartawan saat pemberhentian pengisian bahan bakar di Tokyo dalam perjalanan ke Beijing.

“Kami berada pada titik penting dalam hubungan di mana saya pikir mengurangi risiko salah perhitungan, atau seperti yang sering dikatakan teman-teman China kami, menghentikan spiral ke bawah dalam hubungan itu penting,” kata pejabat itu.

Hubungan antara kedua negara telah memburuk secara keseluruhan, memicu kekhawatiran bahwa suatu hari mereka dapat bentrok secara militer atas pulau Taiwan yang diperintah sendiri, yang diklaim China sebagai miliknya. Mereka juga berselisih tentang masalah mulai dari perdagangan hingga upaya AS untuk mengekang industri semikonduktor China dan catatan hak asasi manusia Beijing.

READ  Bidikan laut dalam yang menakjubkan ini telah memenangkan Penghargaan Fotografi Laut 2021

Perhatian khusus bagi tetangga China adalah keengganannya untuk terlibat dalam pembicaraan militer reguler dengan Washington, meskipun upaya AS berulang kali.

Berbicara pada konferensi pers pada hari Jumat sebelum berangkat ke Beijing, Blinken mengatakan perjalanan itu memiliki tiga tujuan utama: untuk membangun mekanisme manajemen krisis, memajukan kepentingan Amerika Serikat dan sekutunya dan berbicara langsung tentang masalah terkait, dan mengeksplorasi bidang kerja sama potensial. .

“Jika kami ingin memastikan, seperti yang kami lakukan, bahwa persaingan yang kami miliki dengan China tidak mengarah ke konflik, tempat untuk memulainya adalah dengan komunikasi,” kata Blinken. Dia mengatakan dia juga akan mengangkat masalah warga AS yang ditahan di China atas tuduhan Washington dianggap bermotivasi politik.

Tetapi para pejabat AS, dalam panggilan pengarahan yang meninjau penerbangan awal pekan ini, mengecilkan ekspektasi kemajuan yang signifikan. Sementara tujuan utama Blinken adalah diskusi yang “terus terang, langsung, dan konstruktif”, kata para pejabat, terobosan tidak mungkin terjadi pada masalah besar apa pun, termasuk aliran prekursor fentanyl dan orang Amerika yang ditahan di China.

Tetapi ada harapan bahwa kunjungan Blinken akan menjadi panggung untuk lebih banyak pertemuan bilateral dalam beberapa bulan mendatang, termasuk kemungkinan perjalanan Menteri Keuangan AS Janet Yellen dan Menteri Perdagangan Gina Raimondo. Itu juga bisa membuka jalan bagi pertemuan antara Xi dan Biden di KTT multilateral di akhir tahun.

Pertemuan Biden dan Xi di Bali November lalu secara singkat meredakan ketakutan akan Perang Dingin baru, tetapi setelah dugaan penerbangan balon mata-mata China di atas AS pada Februari, Blinken menunda kunjungan ke Beijing yang dijadwalkan bulan itu. . Itu jarang.

Pejabat AS itu juga mengatakan bahwa upaya untuk mengamankan kerja sama China dalam membendung aliran prekursor fentanil akan menjadi poin utama dalam agenda. Pejabat AS mengatakan pihak China enggan bekerja sama dalam masalah ini.

READ  Konfrontasi yang mengganggu antara Rusia dan Ukraina

(meliputi diet Pamuk). Diedit oleh Daniel Wallis

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Humera Pamuk

Thomson Reuters

Hamira Pamuk adalah koresponden kebijakan luar negeri senior yang berbasis di Washington, DC. Dia meliput Departemen Luar Negeri AS, dan bepergian secara teratur dengan Menteri Luar Negeri AS. Selama 20 tahun bersama Reuters, dia telah memiliki jabatan di London, Dubai, Kairo, dan Turki, mencakup segala hal mulai dari Musim Semi Arab dan perang saudara di Suriah hingga beberapa pemilu Turki dan pemberontakan Kurdi di Tenggara. Pada 2017, dia memenangkan Knight-Bagehot Fellowship Program di Columbia University School of Journalism. Dia memegang gelar BA dalam Hubungan Internasional dan MA dalam Studi Uni Eropa.