POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bisakah sebuah negara kecil membuat perbedaan di Indo-Pasifik?  – Tinjauan Studi Keamanan Universitas Georgetown

Bisakah sebuah negara kecil membuat perbedaan di Indo-Pasifik? – Tinjauan Studi Keamanan Universitas Georgetown

Sumber gambar: Hapus percikan

Negara-negara kecil yang letaknya strategis, seperti Timor Timur, juga dikenal sebagai Timor Timur, mampu memainkan peran yang sangat besar dalam membentuk hubungan dan aliansi internasional. negara Berlokasi strategis Hubungan antara Indonesia dan Australia, yang memperoleh kemerdekaan pada tahun 2002, dapat menjadi mitra yang berharga dalam menjaga keamanan di kawasan Indo-Pasifik. Ketika Republik Rakyat Tiongkok berupaya melemahkan pengaruh AS di kawasan Indo-Pasifik, Amerika Serikat mempunyai peluang untuk secara kreatif melibatkan Timor Lorosa’e dalam membentuk tatanan regional di masa depan. Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan berbicara tentang perlunya pembangunan kisi Aliansi dan kemitraan yang sesuai dengan ancaman keamanan abad ke-21. Dili dapat menjadi pusat penting dalam model penting ini, yang berupaya memperkuat kemitraan dan aliansi regional AS. Namun Washington dan mitra-mitranya harus melakukan bagian mereka untuk membantu Timor Timur berintegrasi sepenuhnya ke dalam kawasan Indo-Pasifik yang berbasis peraturan.

Meskipun merupakan salah satu negara termiskin di Asia, Timor Timur memiliki demokrasi terkuat yang pernah ada di Asia Tenggara. batas. Menurut Freedom House, ini adalah satu-satunya negara demokratis yang dianggap “bebas“Kalau di Asia Tenggara, tergantung itu kedaulatan Dana minyak menghasilkan sebagian besar pendapatannya dari ekstraksi minyak di Celah Timor. Namun dana tersebut akan habis dalam waktu 10-15 mendatang Bertahun-tahun, yang akan menyebabkan penurunan keuntungan ekspor utamanya. Timor-Leste berada di persimpangan jalan ekonomi, dimana prospek pertumbuhan dan pembangunan di masa depan bergantung pada pemilihan kemitraan internasional yang tepat.

Seperti banyak negara lain di kawasan Indo-Pasifik, Timor Timur mempunyai hubungan yang berkembang dengan Beijing. Republik Rakyat Tiongkok telah mendanai pembangunan infrastruktur di Timor Timur, termasuk jalan raya, gedung pemerintah, dan listrik jaringanDan pelabuhan Teluk Tibar. Perusahaan-perusahaan milik negara Tiongkok berinvestasi dalam infrastruktur energi dan konektivitas di Timor Timur Proyek. Meskipun Republik Rakyat Tiongkok bukan mitra pembiayaan pembangunan yang besar seperti Amerika Serikat atau Australia, investasi-investasi ini ditargetkan dengan hati-hati dan mendapat perhatian lebih. nilai Dan di Timor Timur, yang merupakan milik negara di Beijing Perusahaan Bertindak sebagai mitra dalam pembiayaan pembangunan. Selain itu, bantuan pembangunan Australia lebih berfokus pada pembangunan manusia dibandingkan investasi infrastruktur energi yang sangat dibutuhkan. Tinggalkan mata uang politik Setiap hari. Baru-baru ini, Republik Rakyat Tiongkok dan Timor Timur telah meningkatkan hubungan ke tingkat strategis yang komprehensif kemitraan Hal ini berarti pertukaran militer tingkat tinggi di masa depan, pelatihan personel militer, pertukaran teknologi peralatan, dan lain-lain lagi Latihan militer gabungan.

READ  Kamboja akan memberlakukan penguncian COVID-19 di wilayah yang berbatasan dengan Thailand - Asia Tenggara

Dengan hubungan yang kuat dengan kekuatan dominan di Asia Tenggara, Daily telah memanfaatkan kekuatan ekonomi Republik Rakyat Tiongkok untuk memperoleh investasi dari sektor publik Tiongkok guna membiayai proyek infrastruktur di negara tersebut. Jika Amerika Serikat berupaya memasukkan Dili ke dalam kemitraan Indo-Pasifiknya, Washington perlu menawarkan alternatif ekonomi terhadap RRT; Menantang mengingat Daily diperdagangkan sangat offline sedikit Dengan Amerika Serikat. Hal ini dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan Indonesia, mitra dagang terbesar Dili, untuk menghindari kurangnya integrasi dalam perekonomian mereka. Mengusulkan zona perdagangan bebas antara Indonesia dan Timor Timur akan membuat Dili lebih menarik sebagai mitra. Zona perdagangan bebas dapat menggabungkan ambisi Indonesia untuk menjadi pemimpin dalam industri kendaraan listrik dengan sektor pertambangan di Timor Timur Mungkinyang dapat berperan dalam ledakan kendaraan listrik industri. Hal ini juga akan meningkatkan peluang perdagangan AS dengan Timor-Leste.

Kawasan Indo-Pasifik adalah pusat aliansi Amerika Serikat yang dinamis dimana Australia dapat memainkan peran kepemimpinan yang berharga. Hubungan kuat Australia dengan Timor Lorosa'e akan membuat Dili lebih mudah beradaptasi dengan visi ekonomi negara-negara lain di kawasan ini. Secara khusus, Washington dan Canberra dapat membantu Dili dengan membuatnya lebih mudah didekati oleh Korea Selatan Kebijakan Selatan Baru Dan Taiwan Kebijakan Baru ke Selatan; Perjanjian ekonomi yang dapat memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan Timor Lorosa'e meningkatkan. Selain itu, Daily dapat memperoleh manfaat dari keahlian kelembagaan mitranya di bidang inovasi menyelesaikan Sistem hukum dan kepemilikan lahan serta kerangka peraturan yang sesuai untuk memungkinkan perusahaan swasta yang terbatas untuk tumbuh, hal ini penting ketika berinteraksi dengan negara-negara maju lainnya.

Terlebih lagi, upaya jangka panjang Timor Lorosa'e untuk bergabung dengan ASEAN (ASEAN) dapat meredam pendekatan Beijing yang lebih tegas di kawasan ini ketika mereka berinteraksi dengan entitas yang cukup bersatu (lihat Kamboja) Blok regional – menjadi lebih penting saat ini karena klaim kuat Republik Rakyat Tiongkok di Laut Cina Selatan yang juga dimiliki oleh Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Klaim. Timor Timur mungkin akan merasa lebih nyaman mengkritik klaim Beijing atas Laut Cina Selatan dalam forum multilateral. Terutama karena Timor Timur sudah akrab dengan sistem berbasis aturan, seiring dengan dimulainya rekonsiliasi PBB dengan Australia mengenai wilayah perbatasan yang kaya minyak. Laut Timor. Faktanya, Daily mencoba mendorong Amerika Serikat untuk membantu sengketa maritim tersebut, dengan alasan bahwa hal ini akan membantu melawan upaya Republik Rakyat Tiongkok. brutal Klaim di Laut Cina Selatan. Perselisihan ini tidak cukup untuk menggagalkan hubungan hangat Australia dengan Timor Lorosa'e, dan Australia mungkin mendapat manfaat dari sponsor AS untuk mencapai kemajuan apa pun. Setelah menjadi anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), Dili akan mempunyai kesempatan untuk berintegrasi ke dalam forum dan kerangka kerja internasional lainnya. Timor Timur sudah ingin bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia. Amerika Serikat seharusnya melakukan hal tersebut Berkomitmen kembali Untuk organisasi ini dan bantu Deli diterima. “Bergabung dengan blok WTO dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akan mewakili dorongan kualitatif yang besar terhadap tata kelola perdagangan dan investasi Timor-Leste. Hal ini akan memperkuat komitmen negara terhadap perdagangan yang berbasis aturan, terbuka, stabil, transparan dan dapat diprediksi. kebijakan.” Dengan itu rezim“, menurut Bank Dunia Para ahli.

READ  AS memperingatkan Kepulauan Solomon tentang pangkalan militer China karena anggota parlemen disalahkan atas perdagangan | Asia Pacific

Masuknya Timor Lorosa'e ke dalam lembaga-lembaga multilateral merupakan hal yang baik bagi Timor Lorosa'e, baik bagi perekonomian regional, dan baik bagi tatanan yang berdasarkan aturan. Strategi jaringan AS akan memfasilitasi hal ini. Selain itu, kawasan Indo-Pasifik yang lebih terintegrasi secara ekonomi melalui kawasan perdagangan bebas ASEAN atau Indonesia yang lebih kuat dapat membantu menghindari konflik karena masing-masing pihak yang terlibat akan mengalami kerugian lebih besar jika terjadi perang tembak-menembak. Negara-negara – bahkan Republik Rakyat Tiongkok – akan mempunyai insentif untuk bekerja sama. Namun jika hal terburuk menjadi kenyataan dan konflik meletus di wilayah tersebut, para ahli strategi militer Amerika harus menyadari bagaimana Beijing dapat menggunakan Timor Timur dan negara-negara kecil lainnya untuk mencapai tujuan militernya.

Untuk meningkatkan keamanan di kawasan Indo-Pasifik, Amerika Serikat dan Australia harus berupaya mengintegrasikan negara muda ini ke kawasan Indo-Pasifik yang lebih bebas. Republik Rakyat Tiongkok menjadi lebih tegas dan berupaya memperluas pengaruhnya di kawasan, meskipun negara tersebut merupakan negara kecil yang terletak di kawasan Indo-Pasifik yang luas. Hal ini semakin nyata ketika hubungan internasional menjadi lebih multipolar, dimana negara-negara kecil dapat mempengaruhi ekspektasi keamanan dan dimana pendekatan jaringan dapat memberikan keuntungan. Asia Tenggara memiliki negara-negara otoriter yang sedikit lebih besar dan lebih terikat pada Beijing, seperti Laos dan Kamboja, dimana strategi AS akan mendapatkan keuntungan jika berfokus pada upaya membebaskan negara-negara tersebut dari cengkeraman Republik Rakyat Tiongkok. Namun sejauh menyangkut Timor Timur, Amerika Serikat memiliki peluang untuk mencapai demokrasi di Asia Tenggara.