POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Berita utama hari ini: Deputi Koordinator Bantuan Darurat melakukan perjalanan ke Indonesia, Haiti, Suriah, dan Topan Tropis Freddie

Berita utama hari ini: Deputi Koordinator Bantuan Darurat melakukan perjalanan ke Indonesia, Haiti, Suriah, dan Topan Tropis Freddie

Haiti tetap menjadi salah satu negara yang paling rentan terhadap bencana alam. Dampak perubahan iklim diperkirakan akan meningkat frekuensinya dan meskipun beberapa kemajuan telah dicapai, negara ini masih kekurangan mekanisme pembangunan kesiapsiagaan dan ketahanan yang memadai. Foto: OCHA/Minasi

Perjalanan pejabat tinggi

Asisten Sekretaris Jenderal untuk Urusan Kemanusiaan dan Deputi Koordinator Bantuan Darurat Joyce Msuya akan tiba di Jakarta, Indonesia, pada hari Sabtu untuk bertemu dengan pejabat dari Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara, atau ASEAN.

Selama di Indonesia, Ibu Msuya juga akan mengadakan pembicaraan dengan pejabat senior dari Pemerintah Indonesia yang memegang kursi kepresidenan ASEAN pada tahun 2023.

Dia bepergian sebagai bagian dari delegasi PBB, yang dipimpin oleh Asisten Sekretaris Jenderal Urusan Politik, Pembangunan Perdamaian dan Operasi Perdamaian, Khaled Khayari.

Baca tip media.

Haiti

Sekelompok pejabat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mitra kami baru saja menyelesaikan kunjungan dua hari untuk meningkatkan kesadaran akan krisis kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara ini dan menilai bagaimana lembaga kemanusiaan dapat memperluas operasi mereka.

Kelompok tersebut termasuk pejabat dari Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan, Dana Kependudukan PBB, UNICEF, UN Women, Concern Worldwide dan World Vision. Mereka bertemu dengan Perdana Menteri, pejabat senior pemerintah, mitra kemanusiaan dan diplomatik di negara itu, masyarakat yang terkena dampak dan perwakilan masyarakat yang berpengaruh di daerah yang dikendalikan atau di bawah pengaruh geng.

Tim mencatat bahwa kemajuan telah dibuat dalam respon, termasuk peran LSM lokal, dan bahwa pemerintah dan mitra kesehatan berhak mendapatkan pengakuan atas upaya mereka untuk mengendalikan wabah kolera.

Akses orang-orang ke layanan dasar masih sangat terbatas di daerah-daerah yang dikendalikan oleh geng atau dipengaruhi oleh geng. Kami dan mitra kami terus menjangkau masyarakat dan menjangkau orang-orang di daerah yang sulit dijangkau. Antara Oktober 2022 dan Januari tahun ini, 97 misi darurat dilakukan di wilayah tersebut.

itu Banding Haiti 2023yang membutuhkan hampir $715 juta untuk membantu lebih dari 3 juta orang, dan diharapkan akan diluncurkan bulan depan.

Para pejabat menekankan bahwa operasi kemanusiaan saja tidak dapat mengatasi penyebab yang mendasari krisis keamanan, politik dan pembangunan Haiti.

Beberapa pejabat akan berada di sini sebagai tamu saya besok untuk memberi tahu Anda tentang kunjungan mereka.

Suriah

Terlepas dari lingkungan operasi yang menantang, para pekerja kemanusiaan terus meningkatkan respons mereka dan memberikan layanan bantuan dan perlindungan kepada orang-orang di daerah yang terkena dampak gempa.

Di seluruh Suriah, OCHA dan mitranya telah menjangkau lebih dari 1,2 juta orang dengan makanan. Lebih dari 50.000 orang telah menerima dukungan penampungan darurat, sementara lebih dari 340.000 orang telah dijangkau dengan layanan air, sanitasi dan kebersihan. Health Partners mendukung 2,6 juta prosedur medis.

itu Panggilan gempa Suriah 2023Dibutuhkan $398 juta untuk membantu 4,9 juta orang, dan saat ini 72 persen didanai dengan $256 juta yang diterima. Namun, jumlah orang yang membutuhkan di Suriah paling tinggi bahkan sebelum gempa bumi, dengan lebih dari 15 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan dan lebih dari 90 persen orang hidup dalam kemiskinan.

Setelah 12 tahun konflik dan krisis, pelayanan dasar – termasuk perumahan, kesehatan, pendidikan, air dan energi – masih terpengaruh. Gempa bumi melanda Suriah di tengah wabah kolera dan krisis kelangkaan air.

Rencana Tanggap Kemanusiaan Suriah untuk 2023 hanya didanai 5%. Ini sangat membatasi kemampuan PBB dan mitra kemanusiaan kami untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Siklon tropis Freddie

Tingkat kerusakan yang disebabkan oleh longsoran kedua Badai Freddy menjadi lebih jelas karena akses perlahan membaik.

Di Mozambik, menurut pihak berwenang, sekitar 308.000 orang terkena dampak pendaratan kedua topan tersebut, sebagian besar di provinsi Zambezia.

Pihak berwenang terus menimbun bahan bakar, kapal, makanan, dan persediaan lainnya. Dengan sebagian besar petak tanah terendam, masih ada kesulitan besar dalam mengakses daerah yang terkena dampak.

Mitra kemanusiaan terus bekerja sama dengan pihak berwenang untuk membantu sekitar 49.000 orang terlantar yang telah mencari keselamatan melalui hampir 140 pusat akomodasi.

Dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, $10 juta baru saja dikeluarkan dari Dana Tanggap Darurat Pusat untuk mendukung tanggapan di Mozambik.

Di Malawi, Koordinator Residen PBB, Rebecca Ada Donto, mengunjungi daerah yang terkena dampak banjir dan meminta masyarakat internasional untuk meningkatkan solidaritasnya dengan orang-orang yang terkena dampak topan, yang menurunkan hujan selama enam bulan di wilayah tersebut. Hanya enam hari.

Kemampuan pencarian dan penyelamatan tambahan tiba hari ini untuk melengkapi operasi yang dipimpin pemerintah yang didukung oleh Program Pangan Dunia dan Masyarakat Palang Merah Malawi. Lebih dari 200 orang telah diselamatkan sejauh ini dan kami terus mendengar laporan tentang orang-orang yang terlantar.

Namun, operasi terhambat oleh cuaca yang sulit. Kami juga mengalami tantangan pengiriman pasokan.

Dengan lebih dari 88.000 orang mengungsi akibat banjir di 165 lokasi sementara, kami meningkatkan bantuan di daerah yang dapat diakses dengan menyediakan makanan, tenda, selimut, air, perlengkapan sanitasi dan kebersihan.

READ  Baik Taiwan maupun Amerika Serikat tidak dapat menentukan hubungan "diplomatik" pulau itu