POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Berita teknologi teratas minggu ini: 14 April

Berita teknologi teratas minggu ini: 14 April

Anda sedang membaca artikel gratis Anda untuk bulan ini.
Hanya anggota

X tampaknya terus-menerus menjadi berita utama dan minggu lalu pun demikian. Aplikasi sekarang akan menghapus kemampuan pengguna terverifikasi untuk menyembunyikan centang biru mereka, termasuk mereka yang terverifikasi tanpa mendaftar. Di bidang aplikasi juga, Apple mengizinkan emulator game masuk ke App Store setelah didenda oleh Komisi Uni Eropa.

Di tempat lain, Spotify memiliki fitur AI yang mengambil perintah teks dan mengubahnya menjadi playlist. Pada akhir minggu ini, NASA membuat kemajuan dalam misi Artemis V 2029, dan telah bermitra dengan tiga perusahaan untuk mengembangkan kendaraan bulan.

Di bawah ini, Hypebeast telah mengumpulkan berita-berita teknologi teratas minggu ini sehingga Anda dapat terus mengetahui tren terkini dalam industri ini.

NASA telah merekrut 3 perusahaan untuk membuat kendaraan bulan untuk misi Artemis V 2029

NASA telah menandatangani kontrak dengan tiga perusahaan luar angkasa berbeda, yang masing-masing akan membangun konsep kendaraan medan bulan (LTV) untuk misi Artemis V mendatang. Di antara prototipe dari Intuitive Machines, Lunar Outpost dan Venturi Astrolab, NASA berencana memilih model yang akan dinaiki astronot di permukaan bulan.

Konsep LYV akan dibeli dari perusahaan terpilih dengan harga maksimum US$4,6 miliar sebelum rencana peluncuran misi pada tahun 2029. LTV berbeda dari modul bulan karena dapat dioperasikan tanpa manusia di belakang kemudi.

“Kami berharap dapat mengembangkan penjelajah penjelajah bulan generasi Artemis untuk membantu kami memajukan apa yang kami pelajari di Bulan,” kata Vanessa Wyche, direktur Johnson Space Center NASA di Houston. “Kendaraan ini akan sangat meningkatkan kemampuan astronot untuk mengeksplorasi dan melakukan sains di permukaan bulan sekaligus berfungsi sebagai platform sains antar misi berawak.”

READ  Augusta Tech memberi siswa peluang karir yang sangat diminati melalui program-program baru

Apple akhirnya mengizinkan emulator game di App Store

Setelah didenda US$2 miliar oleh Komisi Eropa karena ketidakpatuhan terhadap Digital Markets Act (DMA), Apple mulai menyambut emulator game di App Store. Emulator memungkinkan pengembang untuk meniru tampilan dan nuansa gameplay di konsol video game lain, biasanya mengubah estetika lama dari judul tahun 1980an dan 1990an.

DMA melindungi persaingan yang sehat secara online dan menargetkan kendali Apple atas ruang aplikasi. Meskipun beberapa perubahan App Store baru-baru ini khusus untuk UE, emulator game kini diizinkan secara global.

Fitur AI baru Spotify mengubah perintah teks menjadi daftar putar

Setelah fitur AI DJ, Spotify punya alat baru untuk mengubah teks menjadi playlist. Fitur ini, yang diberi judul AI Playlist, memungkinkan pengguna memasukkan perintah teks, yang menghasilkan daftar lagu pilihan yang dirancang untuk menyesuaikan dengan perasaan atau getaran tertentu.

Spotify mengatakan daftar putarnya yang paling sukses dibuat berdasarkan teks yang menunjukkan “genre, suasana hati, dan artis”. [and] Dekade.” Misalnya, pengguna dapat meminta musik seperti “Playlist indie populer untuk memberikan pelukan hangat pada otak saya”, “Musik yang menenangkan untuk membantu saya melewati musim alergi”, dan “Daftar putar untuk membuat saya merasa seperti yang utama orang.”

Saat ini, AI Playlist masih dalam versi beta dan hanya tersedia di Inggris dan Australia.

X Menghapus kemampuan untuk menyembunyikan centang biru

X baru-baru ini mulai memeriksa pengguna, apakah mereka telah mengajukan permohonan untuk fitur ini atau belum. Beberapa benar-benar membayar cek biru tersebut, sementara yang lain hanya mendapatkannya dari Elon Musk sendiri.

Mereka yang telah diverifikasi, dalam kedua kasus tersebut, memiliki opsi untuk menyembunyikan centang biru dari profil mereka, suatu tindakan yang tidak lagi diizinkan. X tidak akan mengizinkan siapa pun untuk mematikan centang biru. Meskipun fitur ini diperkenalkan untuk membedakan pengguna manusia dari bot, banyak yang tidak ingin orang lain mengira mereka membayar untuk verifikasi, karena tidak ada cara untuk membedakan antara seseorang yang membayar dan seseorang yang menerimanya di luar keinginan mereka.

READ  Al-Mwani meluncurkan inisiatif port pintar dan menandatangani kesepakatan dengan perusahaan teknologi