POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Berita: Hasil jajak pendapat pra-KTT menunjukkan dukungan kuat untuk NATO dan bantuan berkelanjutan ke Ukraina 7 Juli 2023

Berita: Hasil jajak pendapat pra-KTT menunjukkan dukungan kuat untuk NATO dan bantuan berkelanjutan ke Ukraina 7 Juli 2023

Menjelang KTT NATO 2023 di Vilnius, NATO telah menugaskan survei di 31 negara Sekutu. Jajak pendapat tersebut mengukur opini publik di negara-negara sekutu, termasuk dukungan untuk keanggotaan NATO, pertahanan kolektif, dan pengeluaran pertahanan. Secara keseluruhan, dukungan untuk NATO tetap kuat, begitu pula dukungan untuk terus membantu Ukraina.

Sejalan dengan hasil sebelumnya, sebagian besar responden menganggap NATO penting untuk keamanan masa depan negara mereka (73%), dan 70% akan memilih negara mereka untuk tetap menjadi anggota NATO dalam sebuah referendum. Dukungan untuk mempertahankan atau meningkatkan pengeluaran pertahanan adalah 73%.

Mayoritas responden setuju bahwa negara mereka harus mempertahankan Sekutu NATO lain jika diserang (64%) dan 62% setuju bahwa keanggotaan NATO membuat serangan asing lebih kecil kemungkinannya.

Lebih dari setengah responden memandang China tidak baik (54%), sementara dua pertiga memandang Rusia tidak baik (66%) – kedua tindakan sejalan dengan temuan yang dicapai 12 bulan lalu.

Seperti dalam studi pra-KTT 2022 NATO, metrik yang terkait dengan invasi Rusia ke Ukraina disertakan. Sekitar dua pertiga responden sekutu menganggap invasi Rusia ke Ukraina telah memengaruhi keselamatan dan keamanan negara mereka (64%). Dukungan responden untuk terus memberikan bantuan kepada Ukraina sangat kuat (65%).

READ  Di alam liar: Apakah kapal wisata memeras ikan paus?