POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Berita Dunia |  Kapal ICG ‘Samudra Prahari’ akan mengirim negara-negara ASEAN ke luar negeri untuk mengatasi pencemaran laut

Berita Dunia | Kapal ICG ‘Samudra Prahari’ akan mengirim negara-negara ASEAN ke luar negeri untuk mengatasi pencemaran laut

Kapal Penjaga Pantai India ‘Samudra Prahari’ (Foto: Kementerian Pertahanan)

New Delhi [India]16 September (ANI): Kapal pengendali polusi khusus Penjaga Pantai India ‘Samudra Prahari’ akan dikerahkan ke luar negeri ke negara-negara ASEAN sebagai bagian dari inisiatif India untuk menanggapi polusi laut, kata Kementerian Pertahanan pada hari Sabtu.

Kapal tersebut bertugas di luar negeri mulai 11 September hingga 14 Oktober.

Baca Juga | Pemilihan Umum Pakistan 2023: Pemungutan suara Perdana Menteri Sementara Anwar-ul-Haq Kakar tidak akan ditunda karena situasi perbatasan.

“Pengerahan ini merupakan bagian dari inisiatif India di ASEAN untuk respons terhadap polusi laut, yang menunjukkan kemampuan respons polusi yang dilakukan oleh Penjaga Pantai India (ICG), komitmennya untuk mengatasi masalah polusi laut, dan peningkatan kapasitas di wilayah tersebut,” kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan.

Kapal ini dilengkapi dengan helikopter Seduc dalam struktur tanggap polusi, sehingga meningkatkan kemampuannya di bidang ini. Inisiatif ini diumumkan oleh Menteri Pertahanan Rajnath Singh pada Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN Plus pada November 2022 di Kamboja.

Baca Juga | Salah satu pendiri Google, Sergey Brin diam-diam menceraikan istrinya Nicole Shanahan karena perselingkuhannya dengan Elon Musk.

Dalam pengerahan ini, kapal dijadwalkan melakukan kunjungan pelabuhan di Bangkok, Ho Chi Minh, dan Jakarta. Hal ini akan menunjukkan kemampuan ICG dalam menanggapi polusi dan komitmennya terhadap upaya bersama dalam menanggapi polusi laut, tambah kementerian tersebut.

Sebagai bagian dari program pertukaran luar negeri, kapal tersebut telah mengerahkan 13 taruna NCC untuk berpartisipasi dalam “Puneet Sagar Abhiyan”, sebuah program penjangkauan internasional yang berfokus pada pembersihan pantai dan koordinasi dengan negara-negara mitra dalam kegiatan serupa.

Kunjungan ini memiliki arti penting dalam memperkuat hubungan bilateral dengan lembaga-lembaga maritim utama termasuk Pusat Komando Penegakan Maritim Thailand dan BAKAMLA (Badan Keselamatan Maritim Indonesia). Hubungan ini telah berkembang selama bertahun-tahun untuk menjamin keselamatan, keamanan dan kebersihan laut di kawasan. Keterlibatan para pejabat senior dan staf lembaga-lembaga tersebut selama kunjungan tersebut akan semakin meningkatkan keamanan dan keselamatan regional, kata kementerian tersebut.

READ  Rancangan Undang-Undang Perampasan Aset DPR akan diterima pada 16 Mei mendatang

Agenda kunjungan ini akan mencakup keterlibatan pejabat dan masyarakat termasuk pertukaran profesional, kunjungan lintas dek, latihan perencanaan dan meja, latihan bersama, serta kunjungan ke fasilitas pengembangan kapasitas.

Kunjungan ICGS Samudra Prahari ke negara-negara ASEAN memperkuat upaya India dalam membina persahabatan melalui kerja sama maritim.

“Hal ini sejalan dengan visi Perdana Menteri Shri Narendra Modi tentang ‘Sagar – Keamanan dan Pembangunan untuk Semua di Kawasan’ yang berupaya mengintegrasikan kawasan. Hal ini mencerminkan tema pemerintah India pada masa kepemimpinannya di G20: ‘Vasudaiva Kutumbakam’ – satu bumi, satu keluarga, satu masa depan,” tambah kementerian tersebut. (ANI)

(Ini adalah cerita yang belum diedit dan dibuat secara otomatis dari umpan berita tersindikasi, staf saat ini mungkin tidak mengubah atau mengedit struktur konten)