POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Banjir, tanah longsor dan mis. Timor menewaskan lebih dari 110 orang

Pusat gempa dilaporkan di bawah dasar Samudra Pasifik, namun tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan Pihak berwenang mengatakan saat mencari lebih banyak orang hilang akibat banjir dan tanah longsor yang menewaskan lebih dari 110 orang.

Tipe 2 Xerox dilacak oleh badai dalam perjalanan ke Australia Barat, menyebabkan hujan lebat di pulau-pulau dan tanah longsor yang mengubur rumah dan orang.

Gambar dan video yang diposting di media sosial di pulau Lombod dan Adonara di Indonesia, di Timor Leste dan juga dikenal sebagai Timor-Leste.

“Saya bisa merasakan kesedihan saudara-saudari kita akibat bencana ini,” kata Presiden Indonesia Joko Widodo kepada Associated Press dalam pidato yang disiarkan televisi. Dia mengatakan tentara, polisi dan Badan Pengurangan Bencana Nasional telah diperintahkan untuk segera pergi membantu daerah yang terkena bencana.

Indonesia adalah negara kepulauan yang luas dengan sekitar 17.000 pulau, dengan banyak gunung berapi. Wilayah ini terkena banjir dan tanah longsor yang parah.

Mengutip sumber-sumber pemerintah, jumlah korban tewas resmi dari layanan kabel sangat bervariasi, dengan 113 tewas dan 160 tewas. Area kepunahan yang paling umum adalah Taman Nasional Komodo, rumah bagi kadal raksasa yang terkenal, Komodo Dragon, meski belum ada laporan langsung dari pulau tersebut.

Puluhan rumah terendam lumpur di desa Lamonele di Adonara, sekitar 1.100 mil dari ibu kota Indonesia timur Jakarta. Petugas penyelamat di sana menemukan 38 mayat dan melukai sedikitnya lima orang, kata Lenny Ola, yang mengepalai badan bencana setempat.

Di sebelah timur Adonara, ketika letusan gunung berapi Levatolok tiba-tiba meletus dari lerengnya, 67 penduduk desa tewas di rumah-rumah terdekat di Pulau Lombardy, dan bebatuan berjatuhan di rumah-rumah di dekatnya.

Thomas Ola Langode, wakil bupati Lombardi, mengatakan para pejabat di sana “menggunakan perahu karet untuk menemukan mayat di laut.”

READ  Fokus pada Wanita Pemilik Bisnis Indonesia untuk Membuka Pertumbuhan - Komentar

“Di banyak desa, banjir bandang terjadi saat orang sedang tidur,” katanya kepada Reuters.

Petugas penyelamat mengalami gangguan di beberapa daerah karena listrik padam dan tanah yang padat serta puing-puing dari perbukitan tidak dapat memindahkan jalan, kata Rathiya Jati, juru bicara Badan Penanggulangan Bencana Nasional.

Beberapa dari 30.000 orang yang terkena dampak banjir di Indonesia telah mengungsi di pusat-pusat evakuasi, kata juru bicara Reuters mengutip.

AB dan Reuters melaporkan bahwa 27 orang telah tewas di Timor Timur Akibat longsor dan banjir.

Hak Cipta 2021 NPR. Untuk melihat lebih lanjut, kunjungi https://www.npr.org.