POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bangladesh menutup pintunya ketika infeksi meningkat di Eropa lagi

dikeluarkan di:

Dhaka (AFP)

168 juta orang di Bangladesh pada hari Kamis memulai penguncian virus corona yang ketat, sementara Indonesia mengumumkan pembatasan darurat ketika infeksi melonjak di beberapa bagian kawasan Asia-Pasifik.

Sertifikat perjalanan di seluruh UE untuk virus corona juga akan mulai berlaku pada hari Kamis, tetapi kekhawatiran tetap ada tentang kebangkitan penyakit itu ketika Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan kasus-kasus di benua itu naik setelah 10 minggu menurun.

Banyak wabah telah disalahkan pada jenis virus delta yang lebih menular, yang telah mendorong kematian Covid-19 di Rusia ke tingkat rekor dan memicu peningkatan kasus yang “mengkhawatirkan dan berbahaya” di Bangladesh.

Jalan-jalan di negara Asia Selatan itu kosong pada hari Kamis, ketika militer dan polisi berpatroli, mengurung orang di rumah mereka kecuali untuk keadaan darurat dan membeli kebutuhan pokok.

“Banyak orang sekarat dan terinfeksi,” kata Tawhidul Islam Chaudhry, pemilik perusahaan pemulihan pinjaman kecil, kepada AFP. “Tentara seharusnya dikerahkan jauh lebih awal.”

Banyak rumah sakit di Bangladesh sedang berjuang, terutama di daerah yang berbatasan dengan India tempat strain pertama kali ditemukan. Beberapa kota pedesaan telah melaporkan tingkat infeksi 70 persen.

# foto 1

Sistem perawatan kesehatan Indonesia juga telah dilanda gelombang besar virus corona, memaksa pemerintah untuk memperketat pembatasan mulai Sabtu hingga 20 Juli.

Pembatasan, yang telah diberlakukan selama lebih dari dua minggu, mencakup ibu kota Jakarta dan Jawa yang terkena dampak parah dan pulau liburan Bali, ketika infeksi melonjak ke tingkat rekor di negara Asia Tenggara yang luas ketika pihak berwenang memperingatkan penyebaran berbagai jenis virus corona.

Varian baru – seperti Delta, yang paling menular hingga saat ini – telah memicu wabah di seluruh dunia bahkan ketika program vaksinasi massal telah diluncurkan di banyak negara.

READ  Mahfouz Mohamed mengatakan pemerintah tidak akan meminta maaf kepada korban pembantaian 1965-1966

Lebih dari 180 juta infeksi dan hampir empat juta kematian telah dicatat dengan Covid-19 sejak pandemi dimulai.

– Rekam korban tewas di Rusia –

Pada hari Kamis, Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa setelah dua bulan penurunan, kasus Covid-19 meningkat lagi di Eropa, memperingatkan bahwa gelombang baru akan datang “kecuali kita tetap disiplin”.

Rusia melaporkan rekor jumlah kematian akibat virus corona untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Kamis saat negara itu berjuang melawan wabah virus delta.

Presiden Vladimir Putin telah mendesak Rusia untuk divaksinasi, dengan hanya 15 persen dari populasi yang memilih untuk divaksinasi sejauh ini meskipun vaksin gratis telah tersedia sejak Desember.

# foto 2

“Penting untuk tidak mendengarkan orang-orang yang tidak mengerti banyak tentang ini dan menyebarkan desas-desus, tetapi untuk para spesialis,” kata Putin pada hari Rabu ketika pihak berwenang Rusia berusaha menahan wabah tersebut.

Angka terbaru – 672 kematian dalam 24 jam – datang sehari sebelum Saint Petersburg menjadi tuan rumah perempat final Euro 2020, dengan 26.000 penonton diperkirakan meskipun situasi mengkhawatirkan dari virus corona di Rusia.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan kota-kota yang menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola perlu memantau pergerakan penonton dengan lebih baik, termasuk sebelum mereka tiba dan setelah mereka meninggalkan stadion.

“Kita perlu melihat lebih dari sekadar stadion itu sendiri,” kata Catherine Smallwood, kepala petugas darurat untuk kantor WHO Eropa.

– Memulai kembali perjalanan –

Terlepas dari kebangkitan virus di banyak bagian dunia, banyak negara terus maju dengan rencana mereka untuk membuka ekonomi mereka dan menghidupkan kembali sektor-sektor yang terpukul keras oleh pandemi, terutama perjalanan dan pariwisata.

READ  Berita Asia Teratas 19:07 GMT

Sertifikasi Covid-19 di seluruh UE untuk memfasilitasi perjalanan mulai berlaku pada hari Kamis dengan harapan pemulihan pariwisata selama musim panas, tetapi ada kekhawatiran penggunaannya akan terbatas karena wabah baru.

# foto 3

Dokumen – kode QR yang disediakan dalam bentuk digital pada ponsel cerdas atau salinan cetak – menunjukkan apakah pemegangnya telah divaksinasi dengan salah satu suntikan yang disetujui UE, pulih dari infeksi, atau baru-baru ini memiliki tes Covid yang negatif.

Sementara itu, Thailand telah meluncurkan proyek “Phuket sandbox”, yang menurutnya wisatawan internasional yang divaksinasi dapat mengunjungi hotspot liburan tanpa perlu karantina.

Di antara mereka adalah Omar Ricalisi, 37, dari Uni Emirat Arab, yang mengatakan akan menghabiskan delapan hari untuk bersantai.

“Setelah dua tahun tidak bepergian, saya memilih kotak pasir Phuket untuk mengubah suasana hati saya,” katanya kepada AFP.

jagoan darah/kapak