POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bagaimana wawasan operasional real-time mendorong pengembangan platform teknologi yang unggul

Bagaimana wawasan operasional real-time mendorong pengembangan platform teknologi yang unggul

Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS) dan solusi layanan berbasis SaaS telah muncul sebagai alat yang ampuh. Ini membahas proses bisnis yang semakin kompleks, menangani apa pun mulai dari pekerjaan individu tertentu hingga seluruh jaringan hubungan klien-vendor.

SaaS berkembang pesat, dan spesialisasi telah mengarah pada solusi khusus industri atau khusus proses mutakhir yang dapat mewakili praktik terbaik industri. Jadi, saat organisasi menghadapi tantangan yang berkembang dan bertransformasi secara digital, mereka memberikan manfaat untuk membuat proses bisnis yang kompleks menjadi lebih efisien, termasuk fleksibilitas dan skalabilitas, serta otomatisasi tingkat lanjut, komunikasi dan analitik kolaboratif, serta fitur keamanan dan kepatuhan.

Saat solusi SaaS mendapatkan lebih banyak pangsa pasar, dan membangun mindshare, pengetahuan operasional menjadi penting untuk pengembangan dan pengembangannya. Salah satu masalah terbesar bagi tim pengembangan mana pun adalah mendapatkan umpan balik pengguna yang nyata dan tepat waktu. Metode tradisional untuk mendapatkan umpan balik ini, seperti grup fokus dan program pengujian beta, selain mahal, sering kali memberikan hasil yang buruk. Demikian pula, beradaptasi dengan kebutuhan yang berubah (dengan kecepatan yang terus meningkat), yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti peraturan yang berkembang atau permintaan pengguna, menimbulkan kesulitan lain.

Metode pengembangan tradisional juga dapat menyebabkan siklus peluncuran yang lama. Tim pengembangan mungkin menghabiskan waktu berbulan-bulan membangun apa yang menurut mereka merupakan solusi komprehensif, hanya untuk mengetahui pada rilis bahwa solusi tersebut gagal memenuhi kebutuhan pengguna. Pendekatan “satu ukuran cocok untuk semua” yang digunakan sering menimbulkan kekurangan karena ketidakmampuan untuk memperhitungkan kebutuhan berbagai pengguna.

Pembengkakan biaya adalah perhatian utama lainnya. Komplikasi tak terduga, perubahan ruang lingkup, dan masalah yang ditemukan di akhir proses pengembangan dapat menyebabkan biaya meningkat dengan cepat, membebani sumber daya anggaran, dan merusak efisiensi proyek secara keseluruhan.

Oleh karena itu, meski menjanjikan, solusi berbasis teknologi memerlukan pendekatan yang mempertimbangkan risiko ini. Metodologi tangkas, pemikiran desain yang berpusat pada pelanggan, dan mekanisme umpan balik berulang yang berkelanjutan harus digabungkan untuk memastikan keberhasilan pengembangan solusi yang benar-benar efektif dan ramah pengguna.

Relokasi karyawan yang disponsori perusahaan adalah contoh utama dari proses bisnis yang sangat terspesialisasi dan kompleks yang menggambarkan hal ini. Tanpa mengaktifkan teknologi mutakhir, menyediakan transportasi karyawan dapat dengan cepat berubah menjadi mimpi buruk logistik yang penuh dengan biaya tersembunyi, tekanan administratif, dan pengalaman penumpang yang tidak memuaskan. Ketika sebuah organisasi mengatur transportasi karyawan, mungkin di beberapa lokasi dengan beberapa pemasok, sering menemukan dirinya terlibat dalam berbagai tantangan yang jauh melampaui hanya mendapatkan karyawan dari A ke B.

READ  Kyndryl menghadirkan masa depan teknologi cloud ke PH

Titik sakit utama adalah pengalaman pengendara. Tanpa sistem yang dirancang untuk mengoptimalkan rute, waktu, dan kapasitas pengendara, karyawan mungkin mengalami waktu penjemputan yang tidak nyaman, rute yang panjang, kendaraan yang padat, dan penundaan, yang semuanya dapat mengurangi produktivitas dan kepuasan. Sementara desain layanan suboptimal dimaksudkan untuk memberikan manfaat, pada akhirnya dapat menjadi sumber frustrasi dan ketidakpuasan karyawan yang besar.

Untuk organisasi sponsor, atau organisasi dengan karyawan yang sedang berpindah, upaya administratif untuk menjalankan layanan semacam itu sangatlah penting. Menjawab pertanyaan penumpang, melacak jadwal, menangani perubahan, dan mengelola operasi sehari-hari tanpa bantuan teknologi dapat menjadi mimpi buruk administratif. Banyaknya volume tenaga kerja manual dapat menjauhkan sumber daya manusia dari aktivitas strategis dan bernilai tambah. Biaya tersembunyi dari layanan relokasi dapat menjadi faktor penghambat, dan tantangan logistik yang terlibat dalam relokasi karyawan juga menakutkan. Mengkoordinasikan ketersediaan kendaraan, mengelola lalu lintas dan perubahan rute, menanggapi insiden tak terduga seperti kerusakan kendaraan atau keadaan darurat – semua faktor ini dapat bertambah dan menyebabkan gangguan, inefisiensi, dan masalah keselamatan.

Tetapi beberapa solusi telah muncul baru-baru ini, yang mencoba mengatasi berbagai tantangan dalam memindahkan karyawan.

Tidak mengherankan, organisasi sponsor, operator transportasi, dan perusahaan perangkat lunak telah mencari solusi teknologi untuk mengelola kompleksitas transportasi antar-jemput karyawan. Pemahaman yang benar tentang semua elemen – proses inti, peraturan, dan proses – sangat penting bagi mereka yang ingin mengembangkan platform teknologi yang efektif.

Sementara banyak solusi menangani aspek-aspek tertentu dari mobilitas karyawan, hanya sedikit yang muncul yang berupaya untuk mengatasi tantangan dari berbagai komponen secara komprehensif. Yang terdepan dari solusi ini adalah pengembangan perangkat lunak canggih dan aplikasi seluler, yang dirancang untuk pelacakan waktu nyata, pemesanan yang disederhanakan, dan pengelolaan layanan transportasi berbasis data yang efisien.

Tumpukan teknologi yang dibutuhkan berlapis-lapis dan serbaguna. Itu perlu mengintegrasikan back-end yang mampu menangani logistik yang kompleks dan algoritma perutean, front-end yang menyediakan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, dan lapisan data yang kuat untuk mengelola dan menginterpretasikan informasi pengguna yang berharga. Teknologi seluler seperti aplikasi iOS dan Android asli akan sangat penting, bersama dengan infrastruktur cloud yang andal untuk layanan yang dapat diskalakan dan fleksibel. Alat seperti GPS dan AI untuk pengoptimalan rute, bersama dengan algoritme pembelajaran mesin (ML) untuk analitik prediktif, melengkapi paket ini.

READ  Harga Bitcoin turun di bawah $36.000 bersama dengan penjualan saham

Di mana saja untuk hasil berbasis data yang lebih baik

Keuntungan penting dari mengadopsi solusi berbasis teknologi untuk relokasi karyawan adalah keterjangkauannya yang relatif. Investasi awal dalam teknologi dapat menghasilkan penghematan yang signifikan dalam jangka panjang dengan merampingkan proses, meningkatkan kepuasan dan pemanfaatan karyawan, serta mengurangi biaya administrasi dan dampak lingkungan.

Khususnya, platform teknologi tercanggih dan komprehensif telah dikembangkan oleh organisasi yang mengakar kuat dalam operasi antar-jemput karyawan, mempromosikan akses berkelanjutan ke umpan balik waktu nyata dari semua kelompok pengguna: pengendara, pengemudi, operator, dan pelanggan.

Alih-alih beroperasi dalam ruang hampa, tim pengembangan dapat tenggelam dalam aliran proses langsung. Dialog berkelanjutan dengan pengguna ini memberikan wawasan yang tak ternilai dan respons langsung terhadap fitur atau modifikasi baru, yang mengarah ke percakapan dan solusi yang lebih berpusat pada pengguna.

Pendekatan ini juga memupuk lingkungan perbaikan terus-menerus. Input langsung dan real-time dari garis depan operasional memungkinkan pengembang memperbaiki sistem secara berulang. Mereka dapat mengidentifikasi masalah, menerapkan solusi, dan segera menilai dampak perubahan. Ini menghasilkan platform teknologi yang bukan hanya produk statis, tetapi alat dinamis yang berkembang seiring dengan proses yang mendukungnya setiap hari.

Selain itu, umpan balik faktual membantu pengembang mengetahui pentingnya dan prioritas peningkatan potensial. Mereka dapat mengalokasikan sumber daya secara lebih efektif untuk peningkatan yang akan memberikan manfaat terbesar bagi pengguna, sehingga memastikan efisiensi upaya pengembangan dan nilai keseluruhan platform teknologi.

Pendekatan ini, pada intinya, mengubah lingkungan operasional menjadi ruang pengembangan yang “hidup”. Operasi sehari-hari menjadi tempat pengujian dunia nyata di mana peningkatan dapat dicoba, penyesuaian dilakukan, dan efek perubahan dapat dievaluasi secara real time. Dengan cara ini, pengembangan platform teknologi menawarkan jalur yang menjanjikan untuk menciptakan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, dan yang dapat berkembang dan berkembang bersamanya. Perbedaan antara perangkat lunak yang bagus dan hebat sering ditemukan dalam detail kecil yang diperoleh dengan susah payah dalam pengalaman praktis.

Sebagai contoh dari pendekatan ini, pertimbangkan kisah Zeelo yang berbasis di Boston, penyedia global perangkat lunak dan layanan terkelola yang memungkinkan program penumpang berbasis antar-jemput, terutama melayani perusahaan blue-chip dengan jaringan transportasi karyawan korporat yang kompleks.

Zeelo dimulai sebagai perusahaan operasi dan pada dasarnya mengembangkan platform perangkat lunaknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dari sudut pandang operator, dia mampu menerapkan teknologi mutakhir secara pragmatis, seperti algoritme ML canggih, untuk pengoptimalan rute berbasis data, atau sistem web swalayan untuk pengadaan mitra operator dan keselamatan penerbangan.

READ  Dorongan teknologi besar menuju otomatisasi menyembunyikan kenyataan suram dari 'usaha kecil' | Phil Jones

“Perbedaan antara perangkat lunak yang bagus dan hebat sering ditemukan dalam detail kecil yang diperoleh dengan susah payah dalam pengalaman praktis,” kata Chris Hall, CIO Zeelo. “Saat organisasi berjuang untuk transformasi digital, sangat penting untuk mengembangkan platform teknologi yang didasarkan pada pengalaman dunia nyata. Dengan menggabungkan sistem pelacakan dan pemantauan canggih, kami dapat memberikan pandangan operasi yang terkendali, memungkinkan pengambilan keputusan yang efektif dan alokasi sumber daya yang optimal. Pendekatan ini mendorong peningkatan berkelanjutan, dengan umpan balik real-time yang membentuk evolusi teknologi.”

Salah satu elemen yang dimanfaatkan Zeelo untuk pengembangan teknologi lebih lanjut adalah penggabungan tim operasi dan produknya. Kedekatan fisik memungkinkan aliran informasi yang cepat dan memfasilitasi kolaborasi tanpa batas. Hasilnya, perusahaan dapat memproses dan mengimplementasikan rilis fitur produk yang cepat, dengan tim produk yang segera bertindak atas umpan balik pengguna sehingga dapat memasukkannya ke dalam peta jalan produk. Interaksi yang dekat ini memastikan bahwa Zeelo dapat menanggapi kebutuhan konsumen secara tepat waktu dan terus meningkatkan penawarannya.

Menerapkan kumpulan teknologinya sendiri ke lingkungan pusat kontaknya, yang memantau setiap penerbangan ulang-alik secara waktu nyata, memberikan visibilitas yang terkontrol dan menerapkan peningkatan dan fitur baru ke dalam operasi Zeelo.

“Perusahaan kami tidak mencoba untuk membangun semuanya sendiri, tetapi menggunakan peralatan dan otomatisasi siap pakai setiap kali menemukan solusi yang benar-benar hebat,” kata CEO Zeelo Sam Ryan. “Dengan menerapkan chatbot otomatis yang dirancang dengan hati-hati, misalnya, perusahaan telah mengurangi waktu yang dihabiskan tim perawatannya untuk menanggapi pertanyaan pengguna, memungkinkannya untuk fokus pada masalah yang lebih kompleks atau kritis, sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.”

Kolaborasi adalah kuncinya

Dengan menyelaraskan pengembangan teknologi dengan dan menghubungkan kebutuhan operasional, dan terus meningkatkan solusi berdasarkan umpan balik pengguna, organisasi dapat menciptakan lingkungan operasional yang kohesif, efisien, dan berkelanjutan. Tetapi penting untuk mengenali keterbatasan pendekatan teknologi atau operator saja. Nilai keahlian operasional untuk menjalankan operasi bersama dengan pengembangan platform teknologi juga memungkinkan organisasi untuk memprioritaskan peningkatan dan peningkatan berdasarkan kepentingan dan dampaknya terhadap pengalaman pengguna.

Dengan melibatkan pengguna secara aktif dan mengintegrasikan umpan balik waktu nyata, pengembang dapat meningkatkan solusi berdasarkan wawasan operasional. Pendekatan ini mengubah lingkungan menjadi ruang pengembangan yang hidup, memungkinkan platform teknologi dinamis yang berkembang bersama organisasi.