POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bagaimana Memahami “Resistensi Antibiotik”.

Bagaimana Memahami “Resistensi Antibiotik”.

Seperti yang dinyatakan di dalamnya SIAPA, Kita perlu memahami bahwa resistensi antibiotik adalah salah satu ancaman paling serius bagi kesehatan global.

Resistensi antibiotik jauh sebelum orang mulai menggunakan antibiotik dengan frekuensi dan antusiasme, yang sekarang menjadi tanda pertama dari penyakit yang membuat orang kecanduan.

Gen yang sama yang dibawa bakteri modern saat ini untuk mempertahankan diri terhadap obat-obatan ini telah ditemukan pada bakteri purba yang telah membeku di tanah Arktik selama lebih dari 30.000 tahun.

Tetapi sejak kami mulai menggunakan antibiotik untuk mengobati setiap ancaman patogen (nyata atau imajiner), kami telah menciptakan kondisi yang tepat untuk mengembangkan gen antibodi yang menarik untuk setiap bakteri tersebut.

Bapak antibiotik, Alexander Fleming (penemu penisilin), memperingatkan bahaya penyebaran resistensi antibiotik pada tahun 1946, dengan alasan bahwa permintaan publik akan menyebabkan penggunaan antibiotik secara berlebihan.

“Orang yang belum tahu yang terlibat dalam pengobatan penisilin pada akhirnya bertanggung jawab secara moral atas kematian orang yang terinfeksi dengan organisme anti-penisilin,” katanya kepada pembaca New York Times. “Saya percaya kejahatan bisa dicegah.”

Seberapa buruk situasinya?

Ingat Tuberkulosis? Mungkin tidak; Sebagian besar dari kita mengalami epidemi mengerikan ini ketika kita melihat kematian elegan Satin (diperankan oleh Nicole Kidman) dalam film “Moulin Rouge”.

Namun, di negara-negara seperti India, Cina, Papua Nugini dan Rusia ada peningkatan berbahaya dalam apa yang disebut tuberkulosis resisten antibiotik “Ebola bersayap”.

Berkat antibiotik isoniazid dan rifampisin, mycobacterium tuberculosis sebagian besar telah menghilang dari negara-negara barat yang kaya (walaupun tidak pernah dari bagian lain dunia).

Tapi sekarang sudah kembali. Dan itu lebih buruk dari sebelumnya!

Tuberkulosis adalah infeksi yang ditularkan melalui udara dan mudah menyebar melalui batuk atau bersin. Bahkan dengan perawatan medis terbaik, kemungkinan bertahan hidup adalah sekitar 50 persen.

READ  Kekhawatiran Keamanan Data Setelah Sertifikat Vaksin Presiden Indonesia Bocor | Dunia

Di Amerika Serikat, setidaknya dua juta orang menerima infeksi bakteri resisten antibiotik setiap tahun. Lebih dari 20.000 di antaranya meninggal karena infeksi ini.

Rumah sakit mencari bakteri penyebab umum gastroenteritis seperti E. coli dan sepsis serta penyakit berbahaya dan tidak diinginkan lainnya seperti Pseudomonas aeruginosa, yang resisten terhadap antibiotik.

Masih tidak khawatir? Berikut fakta lain: Banyak infeksi menular seksual disebabkan oleh bakteri. Misalnya, apa yang terjadi jika Anda terkena sifilis, gonore atau klamidia, salah satu bakteri yang resisten terhadap antibiotik? Gonore sudah mulai resisten terhadap beberapa antibiotik.

Mengapa kita tidak dapat menemukan lebih banyak antibiotik?

Kedengarannya sederhana, bukan? Sederhananya, antibiotik tidak menghasilkan cukup uang di industri farmasi, sehingga mereka memusatkan perhatian pada pasar lain, seperti kanker. Satu kursus pengobatan antibiotik menghabiskan biaya sekitar US$1.000, tetapi kemoterapi untuk pengobatan kanker bisa menghasilkan puluhan ribu dolar.

Menurut Asosiasi Studi Penyakit Menular Amerika (IDSA), “setiap antibiotik yang kita gunakan saat ini berasal dari antibiotik yang dikembangkan sebelum 1984”.

Bagaimana kita bisa memecahkan masalah ini?

Pertama, berhenti minum antibiotik yang tidak perlu. Mereka tidak menyelesaikan semua masalah. Faktanya, meminumnya setiap kali kita pilek bisa lebih berbahaya daripada baik. Tidak semua infeksi memerlukan antibiotik, dan infeksi seperti telinga dan ISK tidak selalu memerlukan antibiotik.

Juga, infeksi yang disebabkan oleh virus tidak dapat disembuhkan dengan antibiotik, jadi jika Anda demam, parasetamol sederhana dan minuman panas akan lebih bermanfaat daripada pil lainnya. Resistensi antibiotik adalah masalah yang bisa Anda hentikan!


Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, kembali dan periksa Berita Mingguan Euro Situs web untuk semua berita lokal dan internasional terbaru Anda dan ingat, Anda dapat mengikuti kami Facebook Dan Instagram.

READ  TNI AL tambah 5 kapal untuk lindungi Laut Nettuna