POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bagaimana Enterprise Singapore membantu perusahaan berekspansi ke India dan negara lain?

Oleh Lee Kah Whye Didirikan pada April 2018, Enterprise Singapore (EnterpriseSG) telah membantu perusahaan di Singapura berekspansi ke luar negeri.

EnterpriseSG adalah lembaga pemerintah di Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura yang mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Singapura dengan membantu mereka meningkatkan kemampuan, berinovasi, bertransformasi, dan berkembang secara internasional. Ini juga mendukung pertumbuhan Singapura sebagai pusat perdagangan global dan start-up dan membangun kepercayaan pada produk dan layanan Singapura melalui kualitas dan standar. Selain itu, ia mengembangkan strategi yang memungkinkan perusahaan di sektor tertentu di Singapura untuk memasuki pasar baru, mendorong ekspansi regional, dan internasionalisasi melalui format alternatif. Contohnya adalah Peta Transformasi Industri Ritel Singapura (ITM) 2025 yang diperbarui yang diluncurkan sekitar seminggu yang lalu dan melakukan hal itu. Tujuannya adalah untuk membangun kelompok inti merek Singapura global dan meningkatkan kualitas pekerjaan di sektor ini. Hal ini dilakukan dengan bantuan lembaga pemerintah Singapura lainnya termasuk Singapore Tourism Board.

Ketika pandemi COVID-19 melanda pada tahun 2020, EnterpriseSG bersama dengan lembaga pemerintah lainnya di Singapura menggandakan upaya mereka untuk memastikan industri yang terkena dampak didukung melalui berbagai skema dukungan dan pelatihan serta diposisikan untuk tumbuh bersama organisasi lain yang tidak terlalu terpengaruh ketika perbatasan dibuka kembali dan bisnis kembali untuk normal. Pendekatan ini telah membuahkan hasil karena ekonomi Singapura adalah salah satu yang paling cepat berkembang di Asia saat ini. Jajak pendapat ekonom Bloomberg memperkirakan perusahaan akan mencapai pertumbuhan kuartal ketiga sebesar 3,9 persen. Sektor keuangan Singapura sedang booming karena strategi COVID-nya memungkinkannya untuk dibuka kembali dengan aman jauh lebih cepat daripada pesaing regional terutama di Asia Utara.

READ  Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pernah menghadapi tantangan MMA yang menguntungkan dari Vladimir Putin

Sementara pusat keuangan saingan Hong Kong berisiko kehilangan bakat karena kepergian ekspatriat dan penduduk lokal, Menteri Keuangan Singapura dan Perdana Menteri masa depan Lawrence Wong mencari untuk meningkatkan pekerjaan industri keuangan lebih dari 10 persen dengan menciptakan 20.000 pekerjaan mulai sekarang. dan sekarang. 2025. EnterpriseSG membantu sekitar 80 perusahaan dengan proyek-proyek di Afrika, India dan Amerika Latin antara Januari dan Mei. Ini 50 persen lebih banyak dari periode yang sama pada 2019 sebelum pandemi.

Pelonggaran pembatasan perbatasan juga memungkinkan badan pemerintah untuk melanjutkan fungsi bisnis yang sebenarnya dan mengunjungi pameran dagang. Di antara misi yang dipimpinnya adalah misi yang dipimpin Federasi Teknik dan Teknologi Presisi Singapura ke Meksiko pada bulan Oktober dan lingkungan binaan ke Ghana dan Pantai Gading pada bulan yang sama. Pada awal 2023, pekerjaan sedang berlangsung dalam misi ke India untuk perusahaan furnitur. EnterpriseSG juga memiliki kehadiran in-house di beberapa negara di mana ia membantu perusahaan Singapura beroperasi. Mereka melakukan ini melalui 36 pusat di luar negeri, masing-masing dipimpin oleh seorang direktur regional. Pusat-pusat ini bekerja dengan perusahaan di berbagai bidang seperti memfasilitasi peluang kerja, berbagi pembaruan kebijakan, dan membantu perusahaan menyesuaikan strategi mereka untuk memasuki pasar baru.

Dia percaya bahwa kehadiran global yang beragam memungkinkan dia untuk membantu perusahaan mengambil langkah pertama atau beradaptasi dengan perkembangan dengan cepat. Sebagian besar perusahaan Singapura biasanya lebih memilih untuk berekspansi ke pasar terdekat dan aman seperti Indonesia, Vietnam atau Cina sementara tempat-tempat seperti India, Afrika, dan Amerika Latin tampak sangat jauh, asing, dan menakutkan. Namun, pasar ini dapat menyimpan potensi bagi perusahaan Singapura yang ingin melakukan diversifikasi dan pertumbuhan.

READ  Iran mendapatkan kembali hak suara di Dewan PBB setelah mencabut pembekuan aset

Pusat lepas pantai terbaru didirikan di Nairobi, Kenya, pada tahun 2018 menyusul meningkatnya minat dari perusahaan Singapura yang ingin memasuki Afrika Timur. Sebagian besar perusahaan Singapura yang lebih kecil yang merambah pasar ini dibantu oleh mitra lokal, yang meliputi usaha patungan dan mitra distribusi.

Namun, Sabrina Ho, direktur regional EnterpriseSG Center di New Delhi, merasa ada keterbatasan dengan pendekatan kemitraan karena perusahaan-perusahaan Singapura berakhir dengan eksposur terbatas pada operasi di lapangan. Ini karena sebagian besar pekerjaan dan risiko dalam kemitraan semacam itu ditanggung oleh mitra lokal. “Kami merekomendasikan agar perusahaan berkomunikasi dengan mitra lokal mereka secara teratur, dan mempertimbangkan untuk melakukan perjalanan jarak pendek juga, untuk merasakan … lanskap pasar,” katanya kepada Straits Times, surat kabar berbahasa Inggris utama Singapura.

Ini merekomendasikan agar perusahaan dan start-up membangun kehadiran kecil di pasar dengan menyebarkan kepemimpinan eksekutif ke India, atau dengan mempekerjakan kembali orang India yang telah kembali dari Singapura. Metode ini cenderung membangun kehadiran yang lebih layak dan berjangka panjang di pasar, tetapi pemain Singapura cenderung lebih memilih pendekatan kemitraan karena memungkinkan mereka untuk membangun operasi lebih cepat. Dia lebih lanjut mengutip bagaimana EnterpriseSG telah meningkatkan kerja sama dengan mitra seperti asosiasi perdagangan di India dan Singapura, melampaui memfasilitasi hubungan bisnis-ke-bisnis dan sesi jaringan.

“Kami bekerja sama dengan mereka untuk membantu perusahaan-perusahaan utama Singapura sebelum memasuki pasar, serta membangun jaringan perusahaan-perusahaan India yang berbasis di Singapura dan kontak lainnya bagi perusahaan-perusahaan Singapura untuk terlibat secara langsung, bahkan tanpa memasuki India secara langsung,” katanya. (Ani)

(Cerita ini belum diedit oleh staf Devdiscourse dan dibuat secara otomatis dari feed bersama.)

READ  Memperkuat Kemitraan China-ASEAN Dipromosikan di RCEP co-op_English Channel_CCTV (cctv.com)