POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Badan Tanah Bank bekerjasama dengan J Trust Bank dan J Trust Consulting untuk proyek Penajam Eco City |  Dari dalam

Badan Tanah Bank bekerjasama dengan J Trust Bank dan J Trust Consulting untuk proyek Penajam Eco City | Dari dalam

Penyedia lahan pemerintah Badan Bank Tanah berkolaborasi dengan PT Bank JTrust Indonesia (J Trust Bank) dan PT J Trust Consulting Indonesia mengembangkan proyek Penajam Eco City untuk mendukung ibu kota baru Indonesia, Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman ini diharapkan dapat mempererat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Jepang.

Parman Natatmadja, Ketua Dewan Eksekutif Bank Badan Tanah, menyambut baik kemitraan ini dan menyoroti potensinya untuk memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Jepang.

“Kami berharap Jepang terus menjadi teman yang berinvestasi di Indonesia, khususnya hak pengelolaan lahan yang dimiliki Badan Tanah Bank,” kata Barman, dilansir Kantor Berita Antara, Rabu, 26 Juni 2024. “Hal ini masuk sejalan dengan upaya kami untuk menciptakan kerja sama komprehensif yang memberikan manfaat ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di dalam dan sekitar wilayah hak pengelolaan lahan.”

MoU tersebut mendefinisikan peran J Trust Consulting Indonesia sebagai mitra Badan Bank Tanah dengan mandat eksklusif untuk memperkenalkan dan mengelola investor Jepang yang tertarik berinvestasi di bidang HPL. J Trust Bank akan memberikan dukungan finansial kepada investor Jepang tersebut.

HPL yang dikembangkan berlokasi di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, dan merupakan bagian dari proyek Penajam Eco City. Eco-city ini bertujuan untuk mewujudkan kawasan perkotaan yang sehat, ramah lingkungan, dan berkelanjutan. Total aset tanah yang dikelola Badan Tanah Bank tersebar di area seluas 18.758 hektar di seluruh Indonesia.

“Kami bertujuan untuk mencapai kesetaraan penggunaan lahan dan pembangunan ekonomi yang adil di PPU, namun kami tidak dapat melakukannya sendiri. Oleh karena itu, kami bermitra dengan J Trust Consulting Indonesia dan J Trust Bank untuk mengundang investor Jepang untuk berinvestasi di sana dan di area HPL kami lainnya di Indonesia. Hal ini akan menciptakan lapangan kerja dan menjadi mercusuar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Dengan demikian, kedua negara dapat mendorong kemajuan ekonomi di Asia,” kata Barman.

READ  Kemitraan ekonomi antara Indonesia dan UEA untuk meningkatkan ekspor ke Timur Tengah

Badan Bank Tanah merupakan badan khusus yang dibentuk oleh pemerintah pusat, dengan misi menjamin ketersediaan tanah untuk kepentingan umum, kepentingan sosial, pembangunan nasional, pemerataan ekonomi, konsolidasi tanah, dan reforma agraria.

Takeshi Ikeda, Presiden dan Direktur J Trust Consulting Indonesia, mengatakan kerja sama ini akan berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia dan mendukung pembangunan ibu kota baru. Kemitraan ini juga diharapkan dapat meningkatkan program dan kegiatan ekonomi yang diikuti oleh investor Jepang.

Widjaja Hendra, Direktur Bisnis, JTrust Bank, mengucapkan terima kasih kepada Badan Tanah Bank atas kesempatan berkontribusi pada proyek Pinjam Eco-City di Benggala Barat, yang mendukung pengembangan Jaringan Pengetahuan Ekologis.