POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Babenas memperkirakan perekonomian Indonesia akan tumbuh lebih kuat pada tahun 2024

Babenas memperkirakan perekonomian Indonesia akan tumbuh lebih kuat pada tahun 2024

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas) memperkirakan perekonomian Indonesia pada tahun 2024 akan tumbuh lebih baik dibandingkan tahun 2023 meskipun perekonomian global sedang dalam tren perlambatan.

“Beberapa lembaga internasional melaporkan bahwa perekonomian Indonesia, di tengah perlambatan ekonomi global yang sedang berlangsung, diperkirakan akan tumbuh lebih kuat dibandingkan tahun 2023,” kata Deputi Bidang Perekonomian Kementerian, Amalia Adinjar Widyasanti, saat agenda peluncuran Laporan Perekonomian Indonesia 2023. di sini, Rabu. (31 Januari).

Pemerintah Indonesia menargetkan perekonomian nasional tumbuh sebesar 5,3 persen pada tahun 2024, lebih tinggi dibandingkan perkiraan pertumbuhan ekonomi tahun 2023 yang ditetapkan sebesar 5,1 persen.

Ia menekankan bahwa Indonesia memiliki dasar yang kuat untuk mengembangkan perekonomian yang lebih kuat pada tahun 2024 meskipun terdapat ketidakpastian mengenai perekonomian global dan kesenjangan yang diperkirakan akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Pejabat tersebut mencatat bahwa Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) juga memperkirakan perekonomian Indonesia akan tumbuh lebih baik pada tahun 2024 dibandingkan tahun lalu.

“Ini merupakan pertanda positif bahwa masyarakat global yakin Indonesia mampu memulihkan dan mempertahankan pertumbuhan ekonominya pada kisaran lima persen, serta kembali ke tingkat pertumbuhan sebelum Covid-19,” kata Amalia.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiu menyoroti perlunya tetap waspada dengan optimisme pada tahun 2024 serta meningkatkan sinergi antara kebijakan perekonomian dan upaya meningkatkan ketahanan perekonomian nasional pada tahun 2024.

Bank sentral memperkirakan perekonomian Indonesia pada tahun 2024 akan tumbuh sebesar 4,7 hingga 5,5 persen, dengan syarat stabilitas perekonomian internal dan eksternal tetap terjaga.

Warjio juga optimistis inflasi akan terkendali hingga target yang diharapkan sebesar 2,5 persen, kurang lebih satu persen. Kredit perbankan akan tumbuh sebesar 10% hingga 12%; Nilai tukar rupee akan membaik pada tahun 2024.

READ  Setelah berselisih dengan China, Australia memandang Asia Tenggara sebagai sekutu dalam perdagangan | perdagangan dunia

Berita terkait: Menjaga konsumsi dan investasi untuk menopang perekonomian pada tahun 2024: BI
Berita terkait: Sistem Keuangan Indonesia Terjaga Baik di Tahun 2023: Menteri
Berita Terkait: Indonesia menjalin kerja sama dengan Korea Selatan untuk mengembangkan penelitian dan inovasi

Penerjemah: Martha HS, Nabil Ihsan
Redaktur: Azis Kormala
Hak Cipta © Antara 2024