POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Australia bergabung dengan boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing

  • Australia mengatakan atlet akan hadir, tetapi tidak pejabat pemerintah
  • Hubungan Australia dengan China berada pada titik terendah sepanjang masa dalam hal asal-usul dan perdagangan COVID-19
  • Aturan tindakan AS tentang ‘kekejaman’ hak asasi manusia di China
  • Inggris dan Jepang pertimbangkan boikot diplomatik

SYDNEY/BEIJING (Reuters) – Australia akan bergabung dengan Amerika Serikat dalam boikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin Beijing, Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan pada Rabu, ketika sekutu lainnya mempertimbangkan langkah serupa untuk memprotes catatan hak asasi manusia China.

Amerika Serikat mengatakan pejabat pemerintahnya akan memboikot Olimpiade Beijing pada Februari atas “kekejaman” hak asasi manusia di China, hanya beberapa minggu setelah pembicaraan yang bertujuan menenangkan hubungan yang tegang antara dua ekonomi terbesar dunia. Baca lebih lajut

China mengatakan Amerika Serikat akan “membayar harga” atas keputusannya dan memperingatkan agar tidak mengambil tindakan balasan sebagai tanggapan, tetapi tidak memberikan rincian.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke reuters.com

Morrison mengatakan keputusan Rabu dibuat karena perjuangan Australia untuk membuka kembali saluran diplomatik dengan China untuk membahas dugaan pelanggaran hak asasi manusia di wilayah barat jauh Xinjiang dan langkah Beijing melawan impor Australia. Baca lebih lajut

Mengumumkan rencana tersebut, Morrison mengatakan Beijing belum menanggapi beberapa masalah yang diangkat oleh Canberra, termasuk tuduhan pelanggaran hak.

“Jadi, tidak mengherankan jika pejabat pemerintah Australia tidak pergi ke China untuk Olimpiade,” kata Morrison kepada wartawan di Sydney.

Seorang juru bicara kedutaan besar China di ibu kota Australia, Canberra, mengatakan bahwa beberapa politisi Australia terlibat dalam posisi politik.

“Kesalahan atas kebuntuan saat ini dalam hubungan China-Australia terletak langsung pada pihak Australia,” tambah juru bicara itu dalam sebuah pernyataan online.

READ  Portugal 2-1 Republik Irlandia: Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak pria dalam sejarah pria dalam kemenangan akhir yang mendebarkan | berita sepak bola

Komite Olimpiade Australia mengatakan boikot tidak akan berdampak pada persiapan atlet untuk Olimpiade, menambahkan bahwa “opsi diplomatik” adalah masalah pemerintah. Baca lebih lajut

Sekutu AS lainnya lambat berkomitmen untuk bergabung dengan boikot.

The Telegraph mengatakan, pada hari Rabu, bahwa Inggris sedang mempertimbangkan untuk menyetujui kehadiran pemerintah yang terbatas pada acara tersebut dari 4 hingga 20 Februari di ibukota China, yang tidak akan berarti boikot diplomatik sepenuhnya.

Larangan total perwakilan menteri dan diplomatik di Olimpiade Musim Dingin tetap menjadi kemungkinan ditambahkan.

Harian Sankei Shimbun melaporkan Rabu, mengutip sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya, bahwa Jepang sedang mempertimbangkan untuk tidak mengirim anggota pemerintah ke acara tersebut setelah Amerika Serikat mengumumkan boikot diplomatiknya.

Logo Beijing 2022 muncul pada jam hitung mundur Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Beijing, China, 7 Desember 2021. REUTERS/Carlos Garcia Rollins

Pemerintahan Presiden Joe Biden telah mengutip apa yang disebut Amerika Serikat sebagai genosida terhadap minoritas Muslim di wilayah Xinjiang China. China menyangkal semua pelanggaran hak.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan pada hari Selasa bahwa China menentang boikot diplomatik AS.

“Amerika Serikat akan membayar untuk tindakan salahnya,” kata juru bicara Zhao Lijian dalam jumpa pers. “Mari kita semua menunggu dan melihat.”

Ditanya apakah China akan mempertimbangkan boikot diplomatik Olimpiade di Amerika Serikat, Zhao mengatakan boikot AS “merusak dasar dan suasana” pertukaran olahraga dan kerja sama di Olimpiade.

Olimpiade Musim Dingin akan dimulai sekitar enam bulan setelah berakhirnya Olimpiade Musim Panas di ibu kota Jepang, Tokyo, setelah tertunda selama satu tahun karena pandemi COVID-19.

“Kami selalu menuntut rasa hormat sebesar mungkin dan campur tangan yang seminimal mungkin dari dunia politik,” kata Juan Antonio Samaranch, yang memimpin komite koordinasi IOC untuk acara Beijing.

READ  Kurangnya pengalaman melatih bukan halangan bagi pelatih Maroons Billy Slater | negara Asal

“Kita harus saling menguntungkan. Kita menghormati keputusan politik yang dibuat oleh badan-badan politik.”

Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2028 di Los Angeles dan sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2030 di Salt Lake City.

Boikot diplomatik AS, yang didorong oleh beberapa anggota kongres AS dan kelompok hak asasi selama berbulan-bulan, meskipun ada upaya untuk menstabilkan hubungan antara kedua negara, datang dengan pertemuan video bulan lalu antara Biden dan Xi Jinping dari China.

satu-satunya pilihan

Kecuali negara-negara lain bergabung dengan boikot, itu akan merusak pesan bahwa pelanggaran hak asasi manusia China tidak dapat diterima, kata Bonnie Glaser, pakar China di German Marshall Fund Amerika Serikat.

“Satu-satunya pilihan yang benar-benar kami miliki adalah mencoba mendapatkan sebanyak mungkin negara untuk mendukung kami dalam koalisi ini,” kata Glaser pada sidang kongres AS pada Selasa.

Hubungan antara Australia dan mitra dagang terbesarnya, China, telah merosot setelah Canberra melarang Huawei Technologies dari jaringan broadband 5G-nya pada 2018 dan mencari penyelidikan independen tentang asal-usul COVID-19.

Beijing menanggapinya dengan mengenakan tarif pada barang-barang Australia seperti jelai, daging sapi, batu bara, dan anggur.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke reuters.com

(Laporan oleh Gabriel Crossley dan Ringo Jose) Penyuntingan oleh Lincoln Fest dan Clarence Fernandez.

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.