POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Astronot SpaceX Crew-2 NASA kembali ke Bumi – tonton langsung

SpaceX Crew Dragon Endeavour difoto saat mendekati Stasiun Luar Angkasa Internasional kurang dari sehari setelah peluncurannya dari Kennedy Space Center di Florida. Astronot SpaceX Crew-2, Komandan Shane Kimbrough dan pilot Megan MacArthur bersama dengan spesialis misi Akihiko Hoshed dan Thomas Bisquet, akan bergabung dengan kru Ekspedisi 65 segera setelah adaptor dok internasional yang menghadap ke depan dipasang di modul Harmony. kredit: NASA

NASA‘S SpaceX Misi Crew-2 sekarang bertujuan untuk kembali ke Bumi selambat-lambatnya pukul 07:14 EDT pada hari Senin, 8 November, dengan percikan air di lepas pantai Florida. Pesawat ruang angkasa Crew Dragon, yang disebut Endeavour, dijadwalkan lepas landas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pada pukul 13:05 pada hari Minggu, 7 November, untuk memulai perjalanan pulang.

NASA akan mempratinjau misi pada hari Sabtu, 6 November, dan akan memberikan liputan misi pada hari Minggu di NASA TV aplikasi NASAAgen situs web.

Astronot NASA Shane Kimbrough dan Megan MacArthur, JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency) Astronot Aki Hoshied dan astronot ESA Thomas Bisquet akan menyelesaikan 199 hari di luar angkasa setelah misi mereka selesai. Pesawat ruang angkasa juga akan kembali ke Bumi dengan sekitar 530 pon instrumentasi dan penyelidikan sains.

Endeavour secara mandiri akan melepaskan dan mengarahkannya untuk memotret bagian luar Stasiun Luar Angkasa Internasional. Setelah manuver selesai, pesawat ruang angkasa Crew Dragon akan meluncur ke salah satu dari tujuh target area pendaratan di Samudra Atlantik atau Teluk Meksiko di lepas pantai Florida.

Astronot stasiun ruang angkasa SpaceX Crew-2 NASA

Astronot NASA SpaceX Crew-2 Akihiko Hoshied dari JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency), kiri, Thomas Pesquet dari European Space Agency (ESA), dan Megan MacArthur dan Shane Kimbrough dari NASA berpartisipasi dalam Olimpiade Luar Angkasa di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Kredit: ESA/NASA – T. Biskuit

NASA dan SpaceX juga memiliki kesempatan luang untuk membatalkan docking dan distribusi yang tersedia pada Senin, 8 November, jika kondisi cuaca tidak mendukung untuk kesempatan utama.

READ  Makalah fosil dapat mengungkapkan iklim di zaman terakhir dinosaurus

Tim NASA dan SpaceX akan menentukan lokasi pangkalan dan aliran udara alternatif dari tujuh lokasi pendaratan potensial sebelum kembali, dengan mempertimbangkan cuaca, penyelamatan kru, dan operasi pemulihan. Tahap keputusan tambahan terjadi sebelum undocking, selama penerbangan bebas, dan sebelum Crew Dragon melakukan deorbit burn.

NASA dan SpaceX berkoordinasi erat dengan Penjaga Pantai AS untuk membangun zona aman di sekitar lokasi peluncuran yang diharapkan untuk memastikan keamanan bagi publik dan mereka yang terlibat dalam operasi pemulihan, serta awak di atas pesawat ruang angkasa yang kembali.

Dengan peluncuran Crew-2 pada Senin, 8 November, misi SpaceX Crew-3 NASA menargetkan peluncuran selambat-lambatnya pada pukul 21:03 Rabu, 10 November, dengan roket SpaceX Falcon 9 dari Launch Complex 39A di Kennedy Space Center NASA di Florida. Untuk kesempatan peluncuran ini, Crew Dragon Endurance dijadwalkan berlabuh di stasiun luar angkasa sekitar pukul 19:10 Kamis, 11 November.

Cakupan kembalinya SpaceX Crew-2 NASA adalah sebagai berikut:

Sabtu 6 November

13:35 EDT – Upacara Perubahan Kepemimpinan

17:30 EDT – Kru-2 kembali untuk melihat kembalinya telekonferensi dengan peserta berikut:

  • Finn Feng, wakil direktur Program Kru Komersial, Pusat Antariksa Johnson NASA di Houston
  • Joel Montalbano, Administrator Stasiun Luar Angkasa Internasional, Pusat Antariksa Johnson NASA di Houston
  • Sarah Walker, Direktur Manajemen Misi Naga, SpaceX
  • perwakilan JAXA
  • Perwakilan Badan Antariksa Eropa

Minggu 7 November

10:45 ET – cakupan dimulai pada 11:10 untuk menutup palka

12:45 EDT – Cakupan dimulai pada 13:05 untuk undock (NASA akan memberikan cakupan terus menerus dari undock ke sprinkler)

Senin 8 November

07:14 EDT – Splashdown

Crew-2 adalah yang kedua dari enam misi berawak oleh NASA dan SpaceX yang terbang sebagai bagian dari Program Kru Komersial agensi, yang bekerja dengan industri kedirgantaraan AS untuk meluncurkan astronot dengan roket dan pesawat ruang angkasa AS dari tanah AS.

READ  Helikopter Inovatif NASA Melihat Kemungkinan "Jalan" ke Mars di Masa Depan

Program Kru Komersial NASA telah mencapai tujuannya untuk transportasi yang aman, andal, dan hemat biaya ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional dari Amerika Serikat melalui kemitraan dengan industri swasta Amerika. Kemitraan ini mengubah busur sejarah penerbangan luar angkasa manusia dengan membuka akses ke orbit rendah Bumi dan Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk lebih banyak orang, lebih banyak ilmu pengetahuan, dan lebih banyak peluang bisnis. Stasiun luar angkasa tetap menjadi batu loncatan untuk lompatan besar NASA berikutnya dalam eksplorasi ruang angkasa, termasuk misi masa depan ke bulan, dan akhirnya ke Mars.