POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

ASDP Bakauheni menyiapkan 66 kapal penyeberangan untuk angkutan lebaran

ASDP Bakauheni menyiapkan 66 kapal penyeberangan untuk angkutan lebaran

Lampung Selatan, Lampung (ANTARA) – Operator penyeberangan negara PT ASDP Indonesia Ferry menyiapkan 66 kapal di Pelabuhan Bagauheni, Lampung Selatan untuk kebutuhan angkutan Lebaran tahun 2024.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferries Cabang Pelabuhan Bakauheni Rudi Sunarko di sini, Minggu, mengatakan pihaknya telah memastikan kesiapan 66 armada untuk melayani penumpang pada masa lalu lintas Idul Fitri 2024.

“Kami menyiapkan 60 kapal reguler (pelayaran) dan enam kapal eksekutif yang semuanya siap operasional,” kata Sunarco.

ASDP menyiapkan lebih banyak kapal feri pada dini hari untuk menghindari kepadatan saat puncak jalur laut dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera.

Ia menambahkan, PT ASDP telah menyiapkan berbagai fasilitas pelabuhan dan pelayaran untuk menjamin kenyamanan penumpang selama Mudik Lebaran 2024 ini.

“Kami menyiapkan lima dermaga konvensional dan tujuh dermaga dengan dua dermaga eksekutif, serta fasilitas pendukung di kawasan pelabuhan,” ujarnya.

Ia meminta calon penumpang membeli tiket kapal feri beberapa hari sebelum keberangkatan.

“Kami mengimbau calon pemudik antara Sumatera dan Jawa yang menggunakan layanan penyeberangan ASTP untuk membeli tiket beberapa hari sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, PT ASDP Indonesia Ferry menerapkan pengaturan baru pembelian tiket kapal feri secara online mulai 11 Desember 2023.

Penataan tersebut berlaku di Pelabuhan Bagauheni, Pelabuhan Merak di Bandon, Pelabuhan Ketabang di Jawa Timur, dan Pelabuhan Kilimanjaro di Bali.

Selain itu, pemesanan tiket kapal feri juga harus dibatasi radius maksimal lima kilometer dari pelabuhan.

Pengaturan ini tertuang dalam surat AP.406/1/5/DJPD/2023 Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan tentang pengaturan layanan pemesanan tiket elektronik di sekitar pelabuhan.

Berita terkait: Belney menawarkan delapan kapal untuk melayani penumpang mudik di Jayapura
Berita terkait: Penggusuran Lebaran Puncaknya 5–7 April: Menteri Effendi

READ  Menteri memobilisasi dukungan untuk Indonesia menjelang pemilihan Dewan IMO