POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apakah sudah waktunya untuk membeli saham teknologi AI ini?

Apakah sudah waktunya untuk membeli saham teknologi AI ini?

Ini telah menjadi musim pendapatan brutal bagi investor yang memiliki banyak saham pertumbuhan. Pasar turun, dan sentimen Wall Street bergeser ke bisnis yang lebih aman dan mapan. Banyak dari saham pertumbuhan ini juga mengeluarkan perkiraan konservatif untuk tahun fiskal yang akan datang, setelah beberapa tahun mengalami kenaikan yang pesat.

Itu masih sulit untuk dilihat Ambarella (ampa -6.21% ) Saham turun lebih dari 30% setelah perusahaan melaporkan hasil kuartal keempat yang kuat. Perusahaan, yang mengembangkan teknologi pemrosesan video AI di pasar mengemudi dan keamanan otonom, memiliki beberapa pasar besar untuk ditargetkan selama beberapa tahun ke depan.

Ini benar meskipun paruh pertama tahun 2022 kemungkinan akan menunjukkan pertumbuhan yang lebih lambat dan pendapatan yang lebih tinggi. Tetapi haruskah investor bersemangat tentang saham sekarang karena turun lebih dari 50% sepanjang tahun ini?

Mari lihat.

Ini adalah tahun yang hebat

Ambarella mengakhiri tahun keuangan yang luar biasa dengan hasil yang kuat untuk kuartal keempat. Pendapatan meningkat 49% pada tahun 2021, dan profitabilitas meningkat. Kedua faktor ini didorong oleh perpindahan perusahaan ke teknologi visi komputer dan menjauh dari platform chip yang kurang menuntut yang menggerakkan hal-hal seperti kamera olahraga.

Segmen yang berfokus pada AI ini meningkat tiga kali lipat sebagai persentase dari total pendapatan, berkat tingginya permintaan akan kamera keamanan dan ruang mengemudi sendiri. Sekarang menyumbang 25% dari penjualan. Pergeseran ke arah teknologi yang lebih premium juga meningkatkan profitabilitas Ambarella, seperti yang diharapkan manajemen.

Margin laba kotor meningkat menjadi 63% dari penjualan tahun lalu dari 61% tahun lalu. “Tahun fiskal 2022 adalah tahun pergantian,” kata CEO Fermi Wang dalam siaran pers.

READ  Stack Overflow dijual ke investor teknologi Prosus seharga $1,8 miliar

terlihat mendung

Sebaliknya, investor telah memilih untuk fokus sepenuhnya pada tantangan jangka pendek yang menekan bisnis pada awal 2022. Kekurangan semikonduktor melumpuhkan banyak pelanggan Ambarella dan menunda pesanan.

Sumber gambar: Getty Images.

Tren beli biasanya juga melambat di kuartal pertama, kata manajemen dalam konferensi pers, dan perlambatan itu dapat diperkuat oleh penutupan pabrik di bulan Maret. Secara keseluruhan, peningkatan pendapatan akan melambat menjadi sekitar 29% pada kuartal pertama dibandingkan dengan kenaikan kuartal ini sebesar 45%. Pertumbuhan akan terlihat lebih lemah untuk tahun yang lebih luas, dan sebagian besar profesional Wall Street mengharapkan penjualan 18% lebih tinggi pada saat itu.

Ini bukan alasan untuk meninggalkan Ambarella. Manajemen masih melihat beberapa area pertumbuhan yang menarik di sekitar pemrosesan video bertenaga AI, yang seharusnya mencakup hampir setengah dari semua penjualan tahun ini. Margin akan meningkat dengan pergeseran ini, seperti yang terjadi pada tahun 2021.

Apakah sudah waktunya untuk membeli?

Ya, saham ini membawa banyak risiko karena insinyur Ambarella harus tetap terdepan dalam transformasi perangkat keras teknologi. Tidak ada jaminan bahwa pelanggannya akan menemukan nilai yang cukup di platform generasi berikutnya, dan industri yang lebih luas dapat melambat pada tahun 2022.

Tetapi semua risiko itu sudah ada sebelum Ambarella mengumumkan pendapatannya, dan investor memangkas saham sebesar 30% lagi. Saham bisa jatuh lebih jauh, terutama jika preferensi Wall Street terus menghindar dari perusahaan teknologi yang berfokus pada pertumbuhan yang tidak menguntungkan.

Namun, Ambarella tidak memberikan alasan baru kepada pemegang saham untuk meragukan prospek jangka panjangnya, yang mencakup daftar produsen teknologi yang terus bertambah, peningkatan margin keuntungan, dan langkah stabil menuju profitabilitas, mungkin pada awal 2023. Jika Anda tidak melakukannya keberatan beberapa volatilitas saat menonton Skenario ini, Anda mungkin mempertimbangkan investasi kecil di Ambarella.

READ  Pakar teknologi: Promosi aliran menarik - Brainerd Dispatch

Artikel ini mewakili pendapat penulis, yang mungkin tidak setuju dengan posisi rekomendasi “resmi” dari Layanan Konsultasi Premium Motley Fool. Kami beragam! Menanyakan tentang tesis investasi — bahkan jika itu milik kita sendiri — membantu kita semua berpikir kritis tentang investasi dan membuat keputusan yang membantu kita menjadi lebih pintar, lebih bahagia, dan lebih kaya.