POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apakah menurunkan berat badan merupakan tujuan kesehatan yang penting?

Iklan, budaya pop, dan bahkan dokter dapat berbicara tentang kesehatan dan berat badan seolah-olah keduanya sama: tubuh yang lebih kecil lebih sehat, dan tubuh yang lebih besar seharusnya tidak sehat.

Indeks massa tubuh yang tinggi (BMI) terkait dengan kondisi seperti diabetes dan penyakit jantung, kata Philip Shearer, MD, profesor penyakit dalam dan direktur Touchstone Diabetes Center di University of Texas Southwestern Medical Center. tetapi, BMI adalah cara kontroversial untuk mengukur kesehatanItu hanya salah satu dari banyak faktor yang terkait dengan perubahan kesejahteraan seseorang, kata Dr Asher Larmy, seorang dokter umum dan aktivis yang berbasis di Inggris.

Namun, kita sering terlalu mementingkan penampilan seseorang ketika menilai kesehatan mereka, kata Shana Minnie Spence, ahli diet terdaftar di New York. Dan bahkan jika kita belajar untuk melepaskan beban dari standar kecantikan masyarakat, akan sulit untuk merasa percaya diri dengan tubuh Anda jika Anda menganggap ukuran Anda tidak sehat.

Para ahli mengatakan sudah waktunya untuk mengurangi kesehatan dan berat badan dan lebih fokus pada perilaku yang meningkatkan kesehatan kita daripada pada angka di timbangan.

Korelasi vs sebab akibat

Larmy mengatakan penting untuk dipahami bahwa penelitian yang melaporkan hasil kesehatan yang buruk bagi orang dengan lemak tubuh tinggi hanya dapat menunjukkan hubungan, bukan sebab akibat.

Larmy menambahkan bahwa meskipun penelitian dapat mengatakan bahwa orang dengan berat badan lebih tinggi sering memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, mereka tidak dapat mengatakan bahwa berat badan menyebabkan masalah jantung.

Scherer mengatakan pentingnya studi ini tidak boleh diabaikan. Asosiasinya kuat, katanya, dan “dari perspektif fisiologi, kami bekerja di klinik dengan asosiasi itu.”

READ  Wabah Salmonella terkait dengan daging Italia menginfeksi lusinan: CDC

Scherer mengatakan faktor lain masih berperan, seperti akses ke perawatan medis.

Untuk orang dengan tubuh besar, mungkin sulit untuk mendapatkan perawatan medis yang berkualitas, kata Bree Campos, pelatih citra tubuh di Paramus, New Jersey.

Bukan hanya kliennya yang takut ke dokter. Meskipun dia mendidik orang tentang citra tubuh dan kesehatan mental mereka, Campos sering takut pergi ke dokter karena takut dipermalukan oleh berat badannya, katanya.

“Saya bisa mengalami sakit tenggorokan, saya bisa mengalami ruam,” kata Campos.

“Karena ukuran tubuh saya, sangat tidak mungkin saya bisa pergi ke dokter dan mendapatkan diagnosis nyata yang tidak berarti saya kemungkinan akan kehilangan berat badan.”

Badan bukan kartu nama

Spence suka mengingatkan kliennya: Mayat bukanlah kartu nama.

Dia berkata kita tidak bisa melihat tubuh seseorang dan belajar tentang kesehatan, kebiasaan atau biologi mereka.

Apakah Anda mencoba menurunkan berat badan dan mencapai tahap stabilitas?  Saatnya belajar tentang teori set point

“Bisakah kita mengakses rekam medis seseorang? Bisakah kita bicara dengan dokternya?” Dia berkata. “Dan kesehatan kadang-kadang terus terang di luar kendali kita. Ada banyak penyakit kronis yang baru saja diderita orang.”

Scherer mengatakan bahwa meskipun kita dapat melihat hubungan antara ukuran tubuh dan kondisi kesehatan secara luas, begitu peneliti melihat individu, itu tidak begitu jelas.

“Lapangan secara umum benar-benar mencakup bahwa tidak semua orang dengan IMT sangat tinggi menderita diabetes tipe 2,” katanya.

Scherer mengatakan bahwa orang dengan tubuh yang lebih kecil dapat mengembangkan penyakit jantung atau diabetes, dan ada banyak orang dengan tubuh yang lebih besar yang benar-benar sehat secara metabolik.

“Ini hanya cerminan dari heterogenitas genetik kita dan bagaimana kita menangani kalori ekstra,” tambahnya.

Apakah diet membuat kita lebih sehat?

Lagi pula, apa artinya sehat? Dan dapatkah diet membantu Anda mencapainya?

READ  Bagian dalam bumi menelan lebih banyak karbon daripada yang diperkirakan - menjebaknya jauh ke dalam

Itu tergantung pada bagian kesehatan mana yang Anda prioritaskan.

20 teka-teki hebat yang akan membuat Anda sibuk selama berjam-jam (Gambar via CNN Digarisbawahi)

Kesehatan terdiri dari banyak faktor. Menghindari penyakit adalah satu hal, kata Spence, selain menjaga kesehatan mental, menjaga jaringan sosial aktif, cukup tidur, dan mengurangi stres.

Dia menambahkan bahwa membatasi kalori atau mengurangi makanan tertentu mungkin tidak sehat secara umum jika berdampak negatif pada kesehatan mental Anda atau mencegah Anda menikmati waktu bersama teman dan keluarga. Dan terkadang pembatasan ini menyebabkan penurunan berat badan tanpa memberi nutrisi yang tepat pada tubuh Anda.

“Menurunkan berat badan tidak sama dengan kebahagiaan, dan itu tidak berarti Anda akan sehat karena cara Anda menurunkan berat badan juga bisa berbahaya bagi kesehatan Anda,” kata Spence.

Bagi kebanyakan orang, diet ketat dengan tujuan menurunkan berat badan tidak berhasil. Lebih dari 80% orang yang kehilangan berat badan mendapatkan kembali dalam waktu lima tahun, Menurut sebuah studi 2018.

Campos mengatakan bahwa jika ponsel kami tidak berfungsi sebagaimana mestinya, kebanyakan orang tidak akan menggunakannya lagi.

“Tetapi budaya diet telah melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menipu kami bahwa Anda dapat memiliki semua yang Anda inginkan. Anda akan menjadi sehat, Anda akan menjadi bugar, dan Anda akan mendapatkan pujian,” tambahnya.

Apa yang kita fokuskan jika kita ingin sehat jika bukan tentang menurunkan berat badan? Fokus pada perilaku yang meningkatkan kesehatan seperti berhenti merokok, lebih banyak bergerak, tidur lebih nyenyak, mengurangi stres, dan makan makanan yang dibutuhkan tubuh Anda, kata Larmy.

Mereka menambahkan bahwa Anda mungkin kehilangan berat badan sebagai hasilnya, tetapi itu bukan tujuannya.

“Dengan tidak fokus pada berat badan, itu berarti kita benar-benar dapat fokus pada beberapa perilaku sehat yang lebih berkelanjutan,” kata Thompson-Wessen.

READ  Situs Dampak Roket Misterius Pengintaian Bulan NASA