POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Amin meminta umat Islam untuk membantu meningkatkan perekonomian Indonesia

Amin meminta umat Islam untuk membantu meningkatkan perekonomian Indonesia

PALU, Sulawesi Tengah (Antara) – Wakil Presiden Maarouf Amin mengimbau umat Islam Indonesia untuk bersatu padu dan membantu meningkatkan perekonomian nasional di tingkat keluarga dan masyarakat untuk menempatkan Indonesia sejajar dengan ekonomi besar dunia lainnya.

Amin mengatakan bahwa umat Islam tidak hanya harus bekerja keras untuk melakukan ritual keagamaan, tetapi juga tidak boleh mengabaikan kewajiban mereka untuk meningkatkan kondisi ekonomi keluarga dan mata pencaharian mereka di komunitas mereka, menambahkan bahwa agama menganggap kegiatan ekonomi yang dilakukan umat Islam untuk mencari nafkah sebagai kebajikan. . kata kerja.

Allah SWT berfirman selama Kitab suci Al-Quran, bahwa jika umat Islam menyelesaikan shalat wajib, maka mereka harus berpencar di muka bumi untuk mencari rahmat Allah. Kita juga harus ingat bahwa mengentaskan kemiskinan juga merupakan tugas kita,” kata Amin saat menyampaikan khutbah usai shalat Jumat di Masjid Mujahidin di dalam kompleks kantor Gubernur Sulawesi Tengah di kota Palu, Jumat.

“Bahkan Nabi Muhammad bersabda – sebagaimana diriwayatkan oleh sebuah hadits yang shahih – bahwa umat Islam, khususnya umat Islam, yang meninggalkan rumah mereka untuk mencari nafkah istri, anak-anak, orang tua dan anggota keluarga mereka, termasuk di antara perbuatan baik mereka.” dia menambahkan.

“Tetapi jika mereka mencari kekayaan hanya untuk kebanggaan pribadi dan untuk memperkaya diri sendiri, maka mereka mencari jalan setan,” kata Amin.

Wapres memperingatkan bahwa kemiskinan akan melemahkan umat Islam secara fisik dan spiritual dan memfasilitasi dorongan mereka untuk melakukan tindakan keji yang dilarang oleh Islam.

Berita terkait: Ulama harus memprioritaskan penguatan iman dan ekonomi Muslim: VP

Ia juga menekankan perlunya inovasi di segala aspek ekonomi untuk membangun perekonomian yang tangguh di tengah persaingan ekonomi yang ketat.

READ  Indonesia dan Swedia sepakat untuk mengembangkan peta jalan ekonomi biru

“Pemerintah berupaya memberdayakan ekonomi rakyat dan mengentaskan kemiskinan untuk menciptakan umat Islam yang tangguh dalam perekonomiannya,” kata Amin.

Berita terkait: Muslim Kelas Menengah Fokus Utama Industri Halal Indonesia: Amin