POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Aktivitas flu masih tinggi, tetapi turun untuk minggu kedua berturut-turut, menurut data CDC

Aktivitas flu masih tinggi, tetapi turun untuk minggu kedua berturut-turut, menurut data CDC



CNN

Aktivitas flu musiman tetap tinggi di Amerika Serikat, tetapi terus melambat di sebagian besar negara, menurut data Diterbitkan pada hari Jumat oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Penerimaan rumah sakit karena flu turun untuk minggu kedua berturut-turut minggu lalu. Ada sekitar 21.000 rawat inap baru di rumah sakit untuk pekan yang berakhir 17 Desember. Itu turun dari musim tertinggi lebih dari 26.000 penerimaan baru dua minggu lalu, yaitu seminggu setelah Thanksgiving.

Terlepas dari peningkatan ini, tidak jelas apakah virus telah mencapai puncaknya. Aktivitas virus pernapasan tetap “tinggi” atau “sangat tinggi” di hampir setiap negara bagian, dan para ahli memperingatkan bahwa hal-hal dapat meningkat lagi saat perjalanan liburan dan pertemuan berlanjut.

CDC memperkirakan setidaknya ada 18 juta penyakit, 190.000 rawat inap, dan 12.000 kematian akibat flu sejauh musim ini.

Tingkat rawat inap kumulatif enam kali lebih tinggi daripada saat ini di musim ini selama lebih dari satu dekade.

Dan influenza bukan satu-satunya virus yang beredar. Sup virus pernapasan lainnya telah beredar selama berminggu-minggu, menyebabkan jumlah rawat inap rumah sakit yang luar biasa tinggi.

Hingga Jumat, kapasitas rumah sakit tetap mendekati rekor tertinggi dengan sekitar 77% tempat tidur digunakan secara nasional.

RSV telah mencapai puncaknya di Amerika Serikat karena tingkat tes positif dan tingkat rawat inap baru telah melambat selama sebulan terakhir, dan rawat inap RSV mingguan telah menurun secara signifikan selama sebulan terakhir. Tetapi penerimaan rumah sakit masih sedikit lebih tinggi dari biasanya.

Tingkat Covid-19 masih jauh di bawah kenaikan sebelumnya, tetapi trennya pasti meningkat di seluruh AS: Penerimaan rumah sakit baru telah melonjak hampir 50% selama sebulan terakhir.

READ  Pakar kesehatan setuju: Ini adalah satu-satunya jenis camilan yang harus Anda hentikan (ini menyebabkan peradangan!)

Sean O’Leary, ketua Komite Penyakit Menular di American Academy of Pediatrics dan profesor penyakit menular anak di Fakultas Kedokteran Universitas Colorado dan Rumah Sakit Anak Colorado, mengatakan kepada CNN bahwa sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi sejak itu. RSV dan musim flu dimulai lebih awal — dan mungkin sudah mencapai puncaknya.

Liburan masih dapat menyebabkan peningkatan penyakit.

“Kadang-kadang liburan menyebabkan sedikit, kadang-kadang lonjakan infeksi sedang, karena orang berkerumun di dalam ruangan,” kata O’Leary.

Pejabat kesehatan AS mendesak orang untuk mendapatkan vaksinasi influenza dan Covid-19, memakai masker dalam situasi paling serius dan fokus pada mencuci tangan.

Koordinator Tanggap Covid-19 Gedung Putih, Dr. Ashish Jha, mengimbau masyarakat untuk tetap berpegang pada satu aturan umum, khususnya: “Jika Anda merasa sakit, Anda harus tinggal di rumah.”