POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Akankah kegemaran untuk startup cryptocurrency menelurkan raksasa teknologi berikutnya?

THong Kong yang terhormat Meja FTX Pertukaran Cryptocurrency, adalah di mana kebutuhan dasar datang kedua setelah bekerja. Makanan dan minuman terletak di sekitar meja dengan masing-masing enam layar. Sam Bankman-Fried, bosnya, mengatakan dia tidur empat jam setiap malam di bean bag di sebelah mejanya — jika dia beruntung. Dia tidak melihat banyak perbedaan antara sarapan dan makan malam, selain dari “restoran terbuka untuk pengiriman”.

Dengarkan cerita ini

Nikmati lebih banyak audio dan podcast iOS atau Android.

Kekhawatirannya mencerminkan keadaan pasar cryptocurrency yang tidak pernah tidur. Tapi itu juga mencerminkan kecepatan pertumbuhan perusahaan berusia dua tahun itu. Bulan lalu FTX Ini mengumumkan putaran pendanaan $ 420 juta yang bernilai $ 25 miliar, hanya tiga bulan setelah investor memberikan label harga $ 18 miliar. Kesepakatan itu ditandai dengan peregangan Yang terbaik Dunia investasi, termasuk BlackRock, manajer keuangan terbesar di dunia, OTPP, dana pensiun Kanada senilai $170 miliar, dan Tamaic Fund, dana negara Singapura.

FTXFestival pendanaan adalah gejala meningkatnya selera investor untuk startup cryptocurrency, terutama yang menciptakan alat yang dibutuhkan untuk membangun masa depan berbasis blockchain. Dalam sembilan bulan pertama tahun 2021, mereka mengumpulkan $15 miliar modal ventura (Kamu adalah), lima kali lipat omzetnya sepanjang tahun 2020. Pada kuartal ketiga, lahir 12 startup senilai $1 miliar atau lebih, sebuah rekor. Masa-masa sulit mengingatkan beberapa pemodal ventura pada era dotcom. Tetapi mereka tidak yakin apakah mereka merayakannya seperti tahun 1994 – atau 1999.

Salah satu katalis aliran masuk modal adalah meningkatnya permintaan uang digital dari spekulan individu. Ini efeknya Kamu adalahs untuk mendukung dompet dan pertukaran mata uang kripto. Investor juga bertaruh bahwa ketika peraturan menjadi lebih jelas, institusi akan menganggapnya lebih serius, mendorong permintaan untuk penasihat pajak kripto, perusahaan analitik, dan penjaga aset, kata Matt Burton dari QED, A Kamu adalah lembaga. Indikator panas, seperti harga Bitcoin, yang mencapai $69.000 minggu ini, sangat mengesankan.

Perbatasan industri juga berkembang. Startup Blockchain mempromosikan bentuk baru layanan keuangan (keuangan terdesentralisasi), kepemilikan digital (token yang tidak dapat dipertukarkan, atau NFTs) atau model insentif (seperti dalam game, di mana pengguna dapat memperoleh cryptocurrency saat bermain). NFT Proyek-proyek tersebut telah mengumpulkan $2 miliar sepanjang tahun ini, naik dari $31 juta pada tahun 2020. Empat perlima Kamu adalah Kesepakatan itu dalam tahap awal.

Yang paling menarik adalah masuknya investor baru. Perusahaan crypto yang sukses menginvestasikan kembali uang di perusahaan yang lebih muda. Yang paling produktif adalah Coinbase Ventures, cabang investasi dari pertukaran mata uang kripto terbesar di Amerika, yang menutup 24 transaksi pada kuartal terakhir. Pada tanggal lima November FTX Perusahaan lain meluncurkan dana game $ 100 juta.

Investor kaya juga berpartisipasi dari keuangan arus utama. Diantaranya adalah dana investasi terkenal, seperti Andreessen Horowitz, yang merupakan pendukung awal Facebook dan Skype. SoftBank, grup Jepang yang dengan senang hati meluncurkan, menutup enam transaksi crypto pada kuartal terakhir. Ini juga menampilkan beberapa dana lindung nilai dan manajer aset. Para investor ini telah membantu menyelesaikan 15 putaran dengan lebih dari $100 juta dalam tiga bulan terakhir. Bersama-sama, ini merupakan dua pertiga dari total Kamu adalah penukaran uang.

Kegilaan mengingatkan ledakan dot-com tahun 1990-an, kata Shan Agarwal, yang menjalankan Coinbase Ventures, ketika investor bergegas untuk mendukung perusahaan yang akan membentuk fondasi ekonomi web. Di sisi lain, era saat ini bahkan lebih mengesankan: sementara gelembung Internet muncul di Lembah Silikon, ledakan “bitcom” menyebar ke Asia (peningkatan $1,4 miliar pada kuartal ini), Eropa ($1,1 miliar) serta Amerika ($3 miliar). ). Unicorn Cryptocurrency juga berkembang di Afrika dan Amerika Latin.

Namun, pertanyaannya masih terbuka, apakah akan mencapai kesuksesan seperti raksasa teknologi saat ini. Ini hari-hari awal. Bonus untuk perusahaan crypto pada tahun 2021 adalah 16% dari jumlah yang dikumpulkan oleh perusahaan fintech dan 3% dari yang dikumpulkan oleh startup secara keseluruhan. Kesepakatan besar mendorong putaran investasi rata-rata menjadi $21 juta, tiga kali lipat dari level tahun 2020, tetapi rata-ratanya, pada $4 juta, kecil.

Beberapa penilaian tampak konyol: Pada bulan September, Sorare, permainan sepak bola fantasi yang dimainkan di blockchain, menutup putaran $680 juta senilai $4,2 miliar, atau 22 kali penjualan — lebih dari dua kali lipat Facebook ketika melakukan penawaran umum perdana. Semua ini menunjukkan bahwa beberapa investor akan dibuat seperti bandit, sementara yang lain akan membakar jari mereka. Baik atau buruk, ada lebih banyak malam tanpa tidur.

Artikel ini muncul di bagian Keuangan dan Ekonomi edisi cetak dengan judul “The Bitcom Boom”

READ  Dow Jones turun 280 poin, karena saham teknologi berada di bawah tekanan parah