POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ada 27.913 Kasus Pemerintah 19 Dilaporkan di Indonesia – Nasional

Agen

Jakarta
Sabtu, 3 Juli 2021

2021-07-03
18:18
0
6281d9f905b49edfeb97b8e9031991fe
2
Nasional
Kovit-19, Kematian, Jakarta, Indonesia, Malaysia, Rusia
Gratis

Indonesia melaporkan 27.913 infeksi virus corona baru dan 493 kematian pada hari Sabtu, dengan 2.256.851 kasus dan jumlah kematian 60.027, menurut angka resmi.

Korban tewas lebih rendah dari 539 kematian pada hari Jumat.

Rekor baru dipecahkan ketika ribuan tentara dan polisi bentrok di jalan-jalan Jawa dan Bali pada hari Sabtu untuk menegakkan larangan virus baru.

Jalan-jalan di Jakarta sebagian besar sepi pada hari Sabtu, tetapi tinggal di rumah bukanlah pilihan bagi banyak orang yang hidup bergandengan tangan di hampir 270 juta negara.

“Langkah-langkahnya harus sulit, tapi tolong pikirkan anak kecil seperti saya,” kata Paijo, 35, ketika dia kesulitan mencari pembeli untuk kopi instan yang tergantung di sepedanya.

“Tentu saja saya takut… tapi ini adalah satu-satunya mata pencaharian saya, saya menghidupi istri dan dua anak saya,” katanya AFP.

Sementara itu, Malaysia menyatakan akan melonggarkan penguncian virus corona di lima negara bagian pekan depan, yang telah memenuhi indikator pemerintah untuk deregulasi, kata menteri pertahanan, Sabtu.

COVID-19 telah berada di bawah penguncian nasional sejak 1 Juni untuk mengendalikan perkembangan infeksi.

Perdana Menteri Muhaidin Yassin mengatakan pemerintah akan secara bertahap membuka kegiatan ekonomi dan sosial dalam empat fase berdasarkan jumlah infeksi, tingkat vaksinasi dan efisiensi sistem kesehatan.

Menteri Ismail Sabri Jacob mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa sanksi akan dicabut sebagian di negara bagian Kelantan, Pahang, Perak, Perlis dan Terengganu ketika mereka mencapai tujuan mereka untuk pindah ke fase kedua penguncian.

READ  BMKG mendeteksi dua kali gempa susulan menyusul gempa dangkal di Sumedang

Komentarnya muncul ketika tindakan keras mulai berlaku pada hari Sabtu di ibu kota Kuala Lumpur dan negara tetangga Selangor, salah satu daerah yang paling parah dilanda Malaysia.

Hingga Sabtu, Malaysia memiliki 6.658 kasus baru, 772.607 epidemi, dan 5.327 kematian.

Di Rusia, negara itu mencatat 697 kematian terkait virus corona pada Sabtu, paling banyak dikonfirmasi dalam satu hari sejak wabah dan hari kelima berturut-turut.

Gugus tugas virus corona pemerintah telah mengkonfirmasi 24.439 kasus virus corona baru secara nasional, dilaporkan sejak awal Januari. Dari kasus tersebut, 7.446 berada di Moskow. Pihak berwenang menuduh ada gugatan atas varian delta menular.