POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

40 sungai yang meluap membanjiri pemukiman dan lima ruas jalan di Jakarta

Tempo.co, JakartaHujan turun deras dan banyak sungai meluap banjir Di sebagian Jakarta kemarin. Hingga pukul 04.00 waktu setempat, 40 lingkungan dan lima jalan terendam banjir, menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta.

BPBD Kepala Pengurus Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, banjir paling banyak terkonsentrasi di Jakarta Timur. Banjir berdampak pada 30 kelurahan di Jakarta Timur, antara lain Kelurahan Sipinang Melayu, Magasar, Lubang Buaya, Kampong Melayu, dan Kawang.

Jakarta Barat juga terendam banjir meliputi dua kelurahan di Kembangan Selatan dan satu kelurahan di Ketoya Selatan. Di Jakarta Selatan, tujuh kelurahan terendam banjir, empat di antaranya di Bejatan Timur, dan masing-masing satu di Pila Mambang, Kepakusan, dan Ragunan.

BPBD DKI Jakarta mencatat puluhan ribu warga mengungsi di dua lokasi. Enam KK atau 24 warga Kebaguzan mengungsi di RPTRA Bagas, sedangkan dua KK atau 10 warga Kampong Melayu berlindung di Aula Masjid Ittihadul Ikhwan. “Warga Silandak Timur yang mengungsi sudah kembali ke rumahnya masing-masing,” kata ISNAWA pada Kamis, 4 April 2024.

Lima ruas jalan di Jakarta terendam banjir. Jl. Kemang Utara IX, Banga, Jakarta Selatan dan Jl. Abu Ular Jakarta Timur, Raya Mapes Hangam, terendam air setinggi 50 sentimeter. Tiga ruas jalan lainnya di Jakarta Timur terendam banjir, yakni Jalan Raya Pokor KM 19 (HEK), Gramat Jati (15 sentimeter); Jalan Tiglat Depsos, Rambutan (50 cm); dan Jalan Bagelarang, Setu (60 sentimeter).

Selain hujan lebat, banyak sungai yang meluap hingga menyebabkan banjir. Misalnya saja Jakarta Barat yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Besangrahan. Banjir di Jakarta Selatan disebabkan oleh hujan lebat dan meluapnya Kali Mambang, Kali Besangrahan, dan Kali Siliwung. Sementara banjir terjadi di Jakarta Timur akibat hujan deras dan meluapnya Kali Ciliwung dan Kali Sijantung.

READ  Jokowi mengimbau petani untuk menggunakan pupuk organik lokal

Antara

Seleksi Guru: Tol Bozimi sempat tertimpa longsor setelah beberapa bulan beroperasi

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News