POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

3 berita teratas hari ini: Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri Australia dan membahas hubungan bilateral dan investasi

TEMPO.CO, JakartaTempo Bahasa Inggris Rangkuman tiga berita teratas Rabu 6 Maret 2024. Berikut highlightnya: Jokowi bertemu PM Australia, bahas hubungan bilateral dan investasi, ekonom papan atas klaim investor enggan masuk IKN karena pembatasan 2 juta penduduk, Indonesia serukan revitalisasi badan banding dalam Konferensi Tingkat Menteri Organisasi Perdagangan Dunia di Abu Dhabi.

Di bawah ini adalah daftar 3 berita teratas Tempo Bahasa Inggris Hari ini:

1. Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri Australia dan membahas hubungan bilateral dan investasi

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese pada Selasa, 5 Maret, di Melbourne, Australia.

Presiden Jokowi akan memimpin delegasi Indonesia ke KTT khusus ASEAN-Australia di Melbourne, menandai 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia, dan menggarisbawahi komitmen bersama mereka untuk meningkatkan kerja sama strategis di kawasan Indo-Pasifik. Blok Asia Tenggara dan Australia juga akan merayakan 50 tahun hubungan mereka.

“Australia merupakan mitra strategis Indonesia dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di kawasan Indo-Pasifik, kawasan di mana kita memiliki masa depan yang sama dan tanggung jawab bersama untuk menjaga stabilitas,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers.

Klik di sini untuk membaca lebih lanjut

2. Ekonom senior mengaku investor enggan masuk IKN dengan batasan 2 juta penduduk

TEMPO.CO, Jakarta – Investor enggan berinvestasi di Ibu Kota Nusantara atau IKN jika jumlah penduduknya dibatasi dua juta jiwa, kata Kepala Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri. “Investor sudah menghitung internal rate of return (IRR) atau indikator tingkat efisiensi investasi,” kata Faisal di Gedung Tempo, Senin.

Faisal menjelaskan, berdasarkan perhitungan tersebut, jumlah 1,9 hingga 2 juta orang tidak akan menarik banyak investor. “[The numbers] “Itu tidak masuk akal,” katanya.

READ  Ilmuwan Neil Ferguson berkata:

Klik di sini untuk membaca lebih lanjut

3. Indonesia menyerukan pengaktifan kembali Appellate Body pada Konferensi Tingkat Menteri WTO di Abu Dhabi

TEMPO.CO, Jakarta – Konferensi Tingkat Menteri Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) ke-13 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 26 Februari hingga 2 Maret membahas agenda reformasi penyelesaian sengketa.

“Ada beberapa tuntutan dari berbagai pihak untuk mereformasi sistem penyelesaian sengketa. “Salah satunya terkait belum lengkapnya mekanisme penyelesaian sengketa di WTO (Organisasi Perdagangan Dunia), terutama di tingkat banding,” kata Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Djatmiko Bryce Witjaksono, Selasa, saat jumpa pers virtual. konferensi.

Namun, diskusi tersebut menemui hambatan karena Amerika Serikat terus menghalangi proses tersebut, dan menuduh Badan Banding “terus menerus melebih-lebihkan.”

Klik di sini untuk membaca lebih lanjut

Tempo.co