POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

10 Prediksi Teknologi Jerman Tahun 2022

2021 adalah tahun yang besar bagi dunia startup Jerman, dengan tujuh unicorn baru tumbuh dan ribuan startup menerima jumlah pendanaan yang besar. Akankah tahun depan lebih baik?

Setelah mengakhiri kesuksesan teknologi Jerman tahun ini, Sifted bertanya kepada 10 pengusaha, investor, dan pembangun komunitas Jerman tentang apa yang mereka pikirkan pada 2022 untuk dunia teknologi. Inilah yang mereka harapkan.

Web3 akan menjadi arus utama

Bersiaplah untuk anggota keluarga yang paling tidak Anda harapkan untuk mengomentari strategi investasi kripto di bawah pohon Natal tahun ini. Sementara mayoritas mungkin masih mengasosiasikan cryptocurrency dengan keuangan terdesentralisasi, itu lebih dari itu. Hype NFT yang aneh dan “bermain untuk menang” telah menyebar dari AS ke Eropa, mulai mendistorsi realitas Web2 kita yang damai.

“Volume startup berbasis blockchain yang baru didanai akan meningkat secara eksponensial selama tahun depan – dan itu tidak akan terbatas pada fintech juga”

Pikiran paling cerdas meninggalkan proyek mereka saat ini untuk bergabung dengan revolusi paling menarik sejak penemuan internet, dan saya memperkirakan bahwa jumlah startup berbasis blockchain yang baru didanai akan meningkat secara eksponensial selama tahun depan – dan mereka tidak akan secara eksklusif masuk fintech juga. Menurut laporan Atomico State of European Tech tahun 2021, ada investasi crypto lima kali lebih banyak tahun ini daripada tahun 2020.

Namun, adopsi massal hanya akan terjadi ketika internet yang terdesentralisasi menjadi sangat intuitif dan mudah digunakan sehingga orang-orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka sedang menjelajahi web 3. Ini akan terjadi ketika kami memecah antarmuka, pengalaman pengguna, dan skalabilitas.

Saya memperkirakan kita akan melihat kemajuan besar pada tahun 2022 dan saya sangat senang dengan: perusahaan rintisan Eropa yang berfokus pada alat komunitas, Karena komunitas adalah inti dari internet terdesentralisasi baru ini, game aplikasi konsumen.

Katya Yakovleva, salah satu pendiri Spoti Angels yang berbasis di Berlin

Startup B2B akan menjadi kekuatan pendorong ekosistem teknologi Jerman

Pada tahun 2022, kita akan melihat rekor jumlah unicorn B2B muncul dari kancah Jerman yang sudah lebih efisien modal daripada rekan-rekan mereka di AS. B2B sering kali membutuhkan keahlian industri yang mendalam: Saat perang memperebutkan bakat meningkat, Jerman akan melihat lebih banyak profesional korporat memanfaatkan pengetahuan dan jaringan mereka untuk membangun bisnis mereka sendiri. Modal ventura akan semakin aktif dalam mengeksplorasi profil-profil ini pada tahap awal, dengan hubungan yang lebih kuat terbentuk di sekitar institusi pendidikan teknis terkemuka di negara ini.

Tidak relevan: Kami akan menjalani puncak sensasi terenkripsi. Harapkan dokter gigi Anda untuk membagikan “tips orang dalam” mereka tentang token berikutnya yang akan mereka berikan pada kunjungan Anda berikutnya!

Christian Miele (bawah), Presiden Asosiasi Startup Jerman dan Mitra di Headline VC

Perangkat kesehatan yang dapat dipakai akan terus berkembang

Selama pandemi, sebagian besar dunia telah meluangkan waktu untuk memperlambat, lebih memperhatikan diri mereka sendiri secara mental dan fisik, sambil menjadi lebih sadar akan dampak yang kita miliki sebagai manusia terhadap lingkungan. Teknologi memiliki potensi besar untuk menjadi jembatan antara kesejahteraan masyarakat, konsumsi mereka dan pekerjaan mereka. Saya percaya bahwa teknologi kesehatan, terutama perangkat yang dapat dikenakan yang memberikan banyak peluang yang belum dimanfaatkan, akan meningkatkan penetrasi pasarnya, yang selanjutnya membentuk kebiasaan dan perilaku masyarakat menjadi lebih baik.

Musim Panas Kagan, pendiri dan CEO Gorillas

Teknologi pendidikan akan menjadi topik investasi yang hangat

“Setelah bertahun-tahun mengalami pertumbuhan yang lambat dan sedikit modal investasi yang mengalir ke edtech, Corona mengubah segalanya dan mempercepat pertumbuhan pengguna dan proof-of-concept untuk banyak perusahaan rintisan di bidangnya. Edtech tidak lagi menjadi mata pelajaran ekstrakurikuler tetapi juga telah masuk ke sekolah-sekolah. Akhirnya, dia lulus Teknologi pendidikan tidak pada tempatnya dan memasuki pasar arus utama.”

Verena Pausder (bawah), Managing Partner dari Pausder Ventures

Verena Pausder, Managing Partner dari Pausder Ventures
Kredit: Patricia Lucas

Lebih banyak tim yang dipimpin wanita memimpin startup di Jerman dengan putaran pendanaan yang lebih besar

Landasan inovasi adalah keragaman. Namun, masih ada masalah diversifikasi besar dalam teknologi, terutama di Jerman, di seluruh modal ventura, pendiri, dan pemimpin tingkat C. Kurangnya investor top adalah salah satu alasan terbesar mengapa modal masuk secara berlebihan ke semua tim yang dipimpin pria.

Menurut Female Founders Monitor 2020, 69% tim pendiri di Jerman dipimpin oleh semua tim pria, hanya 11% yang dipimpin oleh tim wanita, dan 20% tim campuran. Menurut Laporan Teknologi Eropa Atomico 2019, 91,6% dari dana diinvestasikan dalam tim pria dan hanya 0,4% diinvestasikan dalam tim wanita – meskipun wanita merupakan 21% dari sampel.

Namun, kami tidak dapat menyangkal data: Perusahaan dengan pendiri wanita mengungguli perusahaan yang hanya memiliki tim pendiri pria sebesar 63% (Modal Putaran Pertama). Penelitian ini membuktikan dirinya sendiri: Tim yang beragam berkinerja lebih baik dan oleh karena itu memiliki keunggulan kompetitif dalam pemikiran kritis dan pemecahan masalah – itulah sebabnya wanita akan mulai mendapatkan lebih banyak dana dan putaran pendanaan yang lebih besar.

Ini sebagian karena ada lebih banyak tekanan pada investor yang berani untuk keluar dari zona nyaman mereka, keluar dari jaringan mereka, dan menghabiskan waktu untuk meneliti tawaran dari pendiri yang beragam. Investor harus berhenti melakukan bisnis seperti biasa, dan hanya melihat penawaran dari pendiri yang merupakan silsilah khas profil pendiri.

Dan itu sudah terjadi: baru-baru ini, Dana Katalis Wanita Auxxo, Dipimpin oleh Geza Mikzaica dan Peten Schmitz, ini diluncurkan sebagai dana modal ventura pertama di Jerman yang semata-mata mendukung startup perempuan.

Stephanie von Beer, salah satu pendiri dan direktur pelaksana Founderland, sebuah organisasi yang membantu mempercepat keberhasilan pendiri wanita kulit berwarna di Eropa

Perjalanan akan menjadi lebih terinformasi, berkelanjutan, dan inovatif

Selama hari-hari tergelap pandemi, kami (atau setidaknya masyarakat umum) tidak di rumah bermimpi tentang bagaimana pembelajaran mesin dapat meningkatkan teknologi rumah. Kami berharap kami dapat melakukan perjalanan kembali pada hari itu: apakah itu untuk mengunjungi orang yang dicintai, pergi bertualang, bersantai di pantai, atau hanya melarikan diri dari empat dinding yang sama. Perjalanan adalah bagian dari sifat manusia, dan pandemi hanya menyoroti betapa pentingnya itu.

Namun, seperti yang ditekankan di COP26, krisis iklim adalah sesuatu yang perlu kita tangani bersama, dan kita tahu transportasi bertanggung jawab atas 29% emisi global, yang berarti kita perlu mengubah cara kita bepergian sekarang. Konsumen akan lebih sering bepergian, jadi memberdayakan mereka untuk membuat pilihan yang tepat harus menjadi tujuan kami.

“Saya pikir pada tahun 2022 kita akan melihat peningkatan signifikan dalam perjalanan ditambah dengan tekanan publik untuk opsi yang lebih ramah iklim”

Saya pikir pada tahun 2022 kita akan melihat ledakan besar dalam perjalanan ditambah dengan tekanan publik untuk opsi yang lebih ramah iklim. Hal ini akan memaksa sektor transportasi untuk mendorong solusi digital inovatif yang dapat melayani kebutuhan pengguna ini dengan lebih baik. Saat membangun, perusahaan perlu membangun dengan pola pikir positif untuk planet ini, jadi keberlanjutan adalah kepastian, bukan kemewahan.

Inovasi ini, pada gilirannya, akan membuka ruang untuk kemitraan baru lintas sektor, mendorong regulasi yang lebih kompetitif, dan memberikan lebih banyak peluang bagi para pelancong sambil mengurangi pembatasan.

Naren Sham (bawah), CEO dan pendiri Omio

Pendiri Omio Naren Shaam.

Kesehatan akan dilihat dan diperlakukan lebih holistik

Kesehatan dan kesejahteraan akan memiliki dampak yang jauh lebih besar, terutama jika dilihat secara holistik dan tidak hanya dalam kehidupan pribadi kita tetapi juga dalam kehidupan profesional kita. Topik terkait kesehatan perempuan dan seksual, pencernaan, kesuburan, dan kesehatan mental yang dulunya tabu kini ramai diperbincangkan di media sosial dan media arus utama. Ini akan membantu membuat pencegahan dalam kesehatan dan kesejahteraan menjadi topik yang jauh lebih besar.

Chanyu Xu (kiri bawah), pendirinya1

kesehatan yang baik

Keberlanjutan akan menjadi katalis untuk pembelian digital

Perusahaan di seluruh dunia mulai sadar untuk memanfaatkan dengan menempatkan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola Perusahaan (ESG) sebagai pusat strategi mereka.

Fungsi pengadaan, dengan berkomunikasi dengan pemangku kepentingan dan menciptakan aliansi di sepanjang seluruh rantai pasokan, diposisikan secara unik untuk membantu perusahaan memenuhi komitmen LST ini dan menghasilkan nilai yang lebih tinggi.

mengapa? Dalam Oliver Wyman penelitian baru-baru ini Dari kepala pengadaan dari hampir 300 perusahaan besar secara global, 80% menyatakan bahwa mereka berkomitmen pada tujuan keberlanjutan.

Selain itu, ketahanan semakin dilihat sebagai risiko kritis bagi bisnis, terutama gangguan rantai pasokan. Investor mendorong peningkatan hasil LST, dan tim pengadaan akan memainkan peran penting dalam implementasi ini.

Fakta ini digarisbawahi oleh pertumbuhan total aset dalam dana berkelanjutan, yang mencatat rekor baru sebesar $1,7 triliun pada tahun 2020, meningkat hampir 50% dibandingkan tahun 2019. Kita dapat mengharapkan untuk melihat peningkatan tekanan dari pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan seperti ESG Dan keberlanjutan adalah topik hangat dekade berikutnya.

Lubumila Jordanova dan Nathan boniso, Pendiri Rencana A

Cryptocurrency, NFT, Beli Sekarang, Bayar Nanti akan semakin panas

Karena dunia saya banyak berputar di sekitar fintech, tren utama yang saya lihat di sini adalah: perdagangan cryptocurrency (perdagangan bank, semua orang berdagang); mendemokratisasikan aset digital dalam barang mewah atau seni melalui NFT (cryptopunks, Sepatu RTFKT, suite NFT Messiverse Lionel Messi); Dalam baptisan/pengaturan konteks dengan layanan keuangan tertanam (pinjaman lintas pasar, produk pembiayaan tujuan khusus, asuransi melalui dealer mobil), dan di perusahaan pembayaran tanpa gesekan (beli sekarang, bayar nanti untuk kartu kredit dengan otentikasi dua faktor)

Miriam Wolfarth, pendiri dan CEO Bankxware

Vimtex akan bergabung

Femtech akan melihat konsolidasi besar-besaran dalam tiga tahun ke depan untuk memberikannya tahun di Eropa, mengintegrasikan pemain ke dalam akuisisi atau usaha patungan dan menawarkan solusi platform kepada wanita sehubungan dengan kesehatan mereka secara keseluruhan tanpa memandang usia mereka.

Irene Rapti, Pendiri Inne


Miriam Partington adalah Koresponden yang Diayak di Jerman. Dia tweet dari mparts_

READ  Dana Eropa baru yang berfokus pada teknologi dalam, Outsized Ventures, mencapai penutupan pertama €60 juta dari dana perdana - TechCrunch