POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

10 paspor terkuat di dunia, termasuk Singapura

TEMPO.CO, Jakarta Paspor merupakan dokumen penting yang berfungsi sebagai identitas resmi seorang warga negara ketika bepergian ke luar negeri.

Menariknya, ada sejumlah negara yang punya paspor terkuat di dunia. Pemegang paspor dari negara-negara tersebut dapat melakukan perjalanan ke banyak negara tanpa harus mengajukan visa terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang 10 paspor paling kuat di dunia.

10 paspor paling kuat di dunia

Berikut 10 paspor paling kuat di dunia yang patut Anda ketahui, dikutip dari diplomat terbaik.org Halaman, termasuk:

1. Spanyol

Paspor Spanyol menempati peringkat pertama di dunia dengan skor mengesankan 90,36, memberikan akses bebas visa ke 106 negara.

Pemegang paspor Spanyol juga dapat menikmati kemudahan perjalanan ke 11 negara melalui eTA (otorisasi perjalanan elektronik) dan memiliki pilihan untuk mendapatkan visa pada saat kedatangan untuk 30 negara.

Selain itu, Spanyol menawarkan 18 kemungkinan e-visa, yang menunjukkan dedikasinya dalam memberikan kemudahan digital dalam proses imigrasi.

Bahkan untuk negara yang memerlukan visa, pemegang paspor Spanyol masih bisa mengakses 18 destinasi.

Menariknya, tidak ada negara yang memberlakukan larangan masuk pada pemegang paspor Spanyol, menjadikan dokumen ini sebagai alat yang sangat berharga untuk menjelajahi dunia tanpa hambatan.

2. Jerman

Paspor Jerman menempati peringkat kedua dunia dengan skor 90,26, memberikan kemudahan luar biasa bagi pemegangnya untuk bepergian ke 106 negara tanpa memerlukan visa masuk.

Selain itu, pemegang paspor Jerman dapat menikmati perjalanan ke 11 negara melalui otorisasi perjalanan elektronik (eTA) dan memiliki pilihan untuk mendapatkan visa pada saat kedatangan untuk 29 negara.

Negara ini juga memprioritaskan kenyamanan digital dengan menyediakan 19 pilihan e-visa, yang semakin menyederhanakan proses imigrasi.

Bahkan untuk negara-negara yang memerlukan visa, pemegang paspor Jerman masih dapat mengakses 18 tujuan, menunjukkan betapa kuat dan fleksibelnya paspor ini dalam mendukung perjalanan internasional.

READ  Akses umroh ke Indonesia dibuka karena penanganan COVID-19 yang lebih baik

3. Singapura

Paspor Singapura menempati peringkat ketiga dunia dengan skor 90,21. Dengan paspor ini, warga Singapura bisa memasuki 156 negara tanpa memerlukan visa masuk, menjadikannya salah satu paspor terkuat dalam hal kebebasan bepergian.

Selain itu, paspor Singapura menawarkan 29 pilihan visa pada saat kedatangan, menjadikan perjalanan internasional lebih fleksibel dan nyaman.

Singapura juga menawarkan kemudahan dengan 13 pilihan e-visa, menunjukkan komitmen negara tersebut dalam mengutamakan kenyamanan dan aksesibilitas bagi warganya saat bepergian ke luar negeri.

4. Italia

Paspor Italia memiliki skor 90,15, menempati peringkat keempat dunia. Pemegang paspor Italia dapat memasuki 107 negara tanpa memerlukan visa, yang menunjukkan tingginya tingkat kebebasan dan fleksibilitas yang diberikan dokumen ini.

Selain itu, untuk menambah kenyamanan saat bepergian, paspor Italia menawarkan 27 pilihan visa saat kedatangan, sehingga pemegangnya dapat memperoleh visa saat kedatangan di negara tujuan.

Tidak hanya itu, Italia juga menawarkan 20 pilihan e-visa yang mencerminkan komitmennya terhadap kenyamanan dan aksesibilitas digital.

Kemampuan paspor Italia dalam memberikan akses mudah dan cepat ke berbagai negara menjadikannya sumber daya yang sangat berharga bagi individu yang sering bepergian ke luar negeri.

5. Perancis

Prancis berada di peringkat kelima dunia dengan skor kuat 90,03. Pemegang paspor Perancis dapat memasuki 103 negara tanpa memerlukan visa, memberikan kebebasan bepergian kepada pengguna.

Selain itu, paspor Prancis memberikan akses mudah ke 11 tempat yang memerlukan otorisasi perjalanan elektronik (eTA) dan 28 opsi visa saat kedatangan, sehingga pemegang paspor dapat memperoleh visa saat kedatangan di berbagai negara.

Prancis juga menunjukkan komitmennya terhadap kenyamanan digital dengan menawarkan 20 pilihan e-visa, memastikan proses perjalanan yang lebih sederhana dan efisien.

Hebatnya, belum ada negara yang memberlakukan larangan masuk terhadap pemegang paspor Prancis, hal ini semakin menegaskan reputasi negara tersebut sebagai dokumen perjalanan yang sangat berpengaruh dan berharga bagi mereka yang sering bepergian ke luar negeri.

READ  Para menteri APEC menjanjikan bantuan untuk usaha kecil di tengah COVID-19

6. Belanda

Belanda menempati peringkat keenam dalam daftar paspor terkuat di dunia dengan skor 89,67.

Pemegang paspor Belanda memiliki akses bebas visa ke 108 negara, memberikan mereka kebebasan luas untuk menjelajahi berbagai belahan dunia tanpa hambatan visa.

Selain itu, Belanda telah memperluas cakupan otorisasi perjalanan elektronik (eTA) menjadi 10 tempat, sehingga proses masuk ke negara-negara tersebut menjadi lebih mudah dan cepat.

Untuk menambah kenyamanan, paspor Belanda juga memungkinkan pemegangnya mendapatkan visa pada saat kedatangan untuk 28 negara.

Selain itu, Belanda menawarkan layanan e-visa untuk 21 negara. Dengan menggabungkan akses bebas visa, eTA, visa saat kedatangan, dan e-visa, paspor Belanda memastikan pengalaman perjalanan yang lancar dan efisien bagi warganya.

7. Finlandia

Finlandia menempati peringkat ketujuh dalam daftar paspor paling berpengaruh di dunia, dengan skor mengesankan sebesar 89,33. Paspor Finlandia memungkinkan pemegangnya bepergian tanpa visa ke 106 negara.

Selain itu, paspor ini juga menawarkan manfaat tambahan berupa akses ke 10 negara melalui Electronic Travel Authorization (eTA), sehingga mempermudah proses masuk bagi wisatawan.

Finlandia juga menjamin kemudahan perjalanan dengan memberikan opsi visa on Arrival di 28 negara.

Selain itu, paspor Finlandia mendukung kemudahan digital dengan menerima e-visa untuk 20 negara yang memudahkan proses pengajuan visa online.

8. Swedia

Paspor Swedia yang sangat kuat itu menempati posisi kedelapan dengan skor 89,07. Pemegang paspor Swedia dapat menikmati bebas visa masuk ke 105 negara, memberikan kebebasan besar untuk bepergian tanpa batasan visa.

Selain itu, paspor ini memudahkan masuk ke 10 negara melalui Electronic Travel Authorization (eTA) yang mempercepat dan menyederhanakan proses masuk.

Lebih lanjut, paspor Swedia menawarkan kemudahan dengan memberikan opsi visa on Arrival bagi 28 negara, sehingga warga negara Swedia dapat memperoleh visa on Arrival di negara tujuan.

READ  Delegasi Thailand menghadiri Dialog Khusus Menteri Pariwisata ASEAN-Jepang di Tokyo

Dengan fasilitas ini, paspor Swedia tidak hanya mempromosikan mobilitas global tanpa kerumitan namun juga memperkuat posisinya sebagai salah satu dokumen perjalanan paling berharga di dunia.

9. Denmark

Paspor Denmark menempati peringkat kesembilan dalam daftar paspor terkuat di dunia, dengan skor 88,88. Warga negara Denmark dapat menikmati kebebasan luar biasa dengan akses bebas visa ke 136 negara.

Selain itu, Paspor Denmark menyederhanakan proses masuk ke 10 negara dengan memberikan Electronic Travel Authorization (eTA), membuat prosedur masuk menjadi lebih cepat dan mudah.

Paspor ini juga memberikan kemudahan tambahan dengan memberikan opsi visa on Arrival di 28 negara, sehingga pemegang paspor dapat memperoleh visa on Arrival di negara tujuan.

Selain itu, 20 negara menerima e-visa, yang menunjukkan komitmen Denmark terhadap efisiensi dan kenyamanan dalam perjalanan internasional.

10. Hongaria

Paspor Hongaria menempati peringkat kesepuluh di dunia dengan skor terpuji sebesar 88,86, mencerminkan kekuatannya dalam memfasilitasi perjalanan internasional.

Dengan paspor ini, warga negara Hongaria dapat menikmati bebas visa masuk ke 101 negara, sehingga mereka dapat menjelajahi berbagai belahan dunia tanpa harus mengajukan visa terlebih dahulu.

Selain itu, paspor Hongaria memberikan kemudahan tambahan dengan menawarkan Electronic Travel Authorization (eTA) ke 11 negara, yang menyederhanakan proses masuk dan meningkatkan kenyamanan perjalanan.

Paspor ini juga menawarkan opsi visa on Arrival untuk 31 negara, sehingga pemegangnya bisa mendapatkan visa on Arrival di negara tujuan.

Selain itu, 21 negara menerima e-visa, yang menunjukkan komitmen Hongaria terhadap kenyamanan digital dan efisiensi dalam proses perjalanan.

Gia Kantika Norsiarieva

Pilihan Editor: 5 Negara Eropa Akui Kemerdekaan Palestina

klik disini Untuk mendapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News