POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

03 Juni hingga 10 Juni 2024

03 Juni hingga 10 Juni 2024

  1. Siapa yang diberi tanggung jawab tambahan oleh Direktur Jenderal Lembaga Asuransi Pegawai Negeri?

(A) Rajeev Sinha

(b) Kamal Kishore Putra

(c) Ram Singh Mandal

(d) Durga Shakti Nagpal

  1. Aplikasi seluler siapa “Sarathi 2.0” yang diluncurkan baru-baru ini?

(a) Komite Kebijakan

(b) Kementerian Dalam Negeri

(c)SEBI

(d) Badan Pendukung Implementasi

  1. Negara manakah yang baru-baru ini menandatangani perjanjian dengan Bank Dunia untuk mengatasi polusi udara?

(a) Uttar Pradesh

(b) Bihar

(c) Rajasthan

(d) Haryana

  1. Negara manakah yang baru-baru ini secara resmi mengakui Palestina?

(A) Jepang

(b) Slovenia

(c) Portugal

(d) Argentina

  1. Layanan “Sparsh” yang belakangan ini menyebar, berafiliasi dengan kementerian mana?

(a) Kementerian Luar Negeri

(b) Kementerian Dalam Negeri

(c) Kementerian Pertahanan

(d) Kementerian Pendidikan

  1. Siapa pemukul pertama di dunia yang mencapai 600 angka enam di kriket internasional?

(A) Rohit Sharma

(b) Virat Kohli

(c) Babar Azam

(d)Jos Buttler

Menjawab:-

  1. Bihar

India telah mendeklarasikan Suaka Burung Nagi dan Nakti sebagai lahan basah baru yang memiliki kepentingan internasional berdasarkan Konvensi Ramsar. Kawasan lahan basah ini terletak di dalam kawasan hutan Jhaja di distrik Jamui, negara bagian Bihar. Hal ini menjadikan jumlah situs Ramsar di India menjadi 82. India kini menempati peringkat ketiga setelah Tiongkok dalam hal situs Ramsar. Inggris berada di puncak daftar dengan 175 lokasi.

  1. (a) Adani Energy Terbatas

Bharat Heavy Electricals Limited (BHEL) baru-baru ini mendapatkan pesanan senilai lebih dari INR 3.500 crore dari Adani Power Limited untuk mendirikan proyek pembangkit listrik tenaga panas di Raipur, Chhattisgarh. BHEL adalah produsen peralatan pembangkit listrik India di sektor publik pusat.

  1. (d) Sikkim

Korps Tri Shakti Angkatan Darat India merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan beberapa 'Inisiatif Go Green' di Benggala Utara dan Sikkim. Pabrik pengelolaan dan daur ulang sampah plastik juga telah dibuka di Changju di Sikkim Timur. Proyek ini merupakan bagian dari Inisiatif Sadbhavna Angkatan Darat, yang bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan limbah.

  1. (d) 6,50%
READ  Bunga dan masker saat turis Tiongkok kembali ke Thailand

Komite Kebijakan Moneter (MPC) RBI mempertahankan suku bunga repo tidak berubah sebesar 6,5% dalam pertemuan pertamanya setelah pemilu Lok Sabha tahun 2024. RBI memutuskan untuk mempertahankan suku bunga utama untuk kedelapan kalinya berturut-turut pada bulan Juni 2024. Wawancara. Komite Kebijakan Moneter terakhir kali mengubah suku bunga acuan pada Februari 2023. Pertumbuhan PDB riil juga diperkirakan mencapai 7,2% pada tahun fiskal 2025.

  1. (b) Kamal Kishore Putra

Kamal Kishore Sohn, senior IAS kader Jharkhand angkatan 1998, diberi tugas tambahan sebagai Managing Director Perusahaan Asuransi Negara Pegawai. Saat ini beliau menjabat sebagai Sekretaris Tambahan dan Direktur Jenderal Kesejahteraan Tenaga Kerja di Kementerian Tenaga Kerja dan Ketenagakerjaan.

  1. (c)SEBI

Dewan Sekuritas dan Bursa India (SEBI) telah meluncurkan aplikasi seluler yang berfokus pada keuangan pribadi 'Saarathi 2.0' bagi investor dengan tujuan untuk menyederhanakan tugas keuangan yang kompleks. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store iOS App Store. Versi pertama aplikasi Sarathi diluncurkan pada Januari 2022. SEBI adalah badan pengatur pasar sekuritas dan komoditas di India.

  1. (d) Haryana

Kepala Sekretaris Haryana TVSN Prasad baru-baru ini mengatakan bahwa pemerintah negara bagian akan segera meluncurkan proyek senilai Rs 10.000 crore yang didanai Bank Dunia untuk mengatasi polusi udara. Proyek ini akan dilaksanakan secara bertahap pertama di wilayah di bawah Wilayah Ibu Kota Nasional (NCR) dan kemudian di seluruh negara bagian.

  1. (b) Slovenia

Dalam sebuah keputusan penting, Parlemen Slovenia mengakui Palestina sebagai negara merdeka. Sebelumnya, Spanyol, Irlandia, dan Norwegia resmi mengakui Palestina. Di antara 27 anggota UE, Swedia, Siprus, Hongaria, Republik Ceko, Polandia, Slovakia, Rumania, dan Bulgaria telah mengakui Palestina.

  1. (c) Kementerian Pertahanan
READ  Akses umroh ke Indonesia dibuka karena penanganan COVID-19 yang lebih baik

Kementerian Pertahanan baru-baru ini menandatangani perjanjian dengan Bank of India, Canara Bank, Bank Sentral India dan pusat layanan Utkarsh Microfinance Bank for Scheme of Retirement Raksha Pension Administration (SPARSH). Selanjutnya, layanan Sparsh akan tersedia di lebih dari 26,000 cabang dari total 15 bank di seluruh negeri.

  1. (A) Rohit Sharma

Kapten India Rohit Sharma menjadi pemukul pertama di dunia yang mencapai 600 angka enam di kriket internasional. Prestasi tersebut diraihnya saat bertanding antara India dan Irlandia di ICC T20 World Cup 2024. Setelah itu, Chris Gayle finis kedua dengan 553 angka enam. Selain itu, Rohit Sharma menjadi kapten T20 tersukses di India.