Pospapua.com
Ketua Persipura Jayapura Benhur Tomi Mano (kiri) bersama pemain legendaris Persipura Boas Solossa. (foto: istimewa)
Olahraga

Yogjakarta Jadi Home Base Persipura Musim I Liga 2019

Oleh: Dharma Somba |

Pospapua.com, Jayapura – Tim kebanggaan masyarakat Papua, Persipura Jayapura memilih Kota Yogjakarta sebagai home base sementara untuk musim I liga 2019 karena dua stadion yang ada di Jayapura Stadion Mandala dan Stadion Papua Bangkit dalam masa recovery untuk perhelatan PON (Pekan Olahraga Nasional) XX Tahun 2020 dimana Papua menjadi tuan rumah penyelenggara.

“Manajemen Persipura Jayapura sudah rapat dan keputusannya memilih home base di Yogjakarta. Walikota Yogjakarta sangat mendukung jika Persipura Jayapura home base di sana pada kompetisi liga 1 musim ini, karena orang Papua sudah menganggap Yogjakarta sebagai kampungnya sendiri,” ungkap Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano (BTM) kepada pers di Jayapura, Jumat, 26 April 2019.

Selain itu, banyak mahasiswa asal Papua menjadikan Yogjakarta sebagai kota studi. “Sangat banyak pelajar asal Papua di Yogjakarta maupun kota lain di sekitar provinsi tersebut, bahkan,  Walikota Yogjakarta mengatakan bahwa kotanya bisa disebut sebagai kampung kedua Papua,” kata BTM lagi.

Selama ini Persipura Jayapura hombe base di Stadion Mandala di Kota Jayapura namun karena akan direnovasi untuk persiapan PON XX, maka Persipura pun melirik Stadion Papua Bangkit yang dibangun untuk perhelatan PON XX.

Namun kedua stadion tersebut tidak bisa digunakan oleh Persipura selama musim 1 liga 2019 ini.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Piere Makabori, menjelaskan Stadion Papua Bangkit saat ini masih dalam tahap pemeliharaan sehingga belum bisa digunakan termasuk Persipura yang akan menjadikannya hombe base. “Kami minta maaf, untuk sementara ini stadion belum bisa dipakai, karena masih dalam tahap pemeliharaaan,” katanya.

Piere mengatakan, berdasarkan kontrak masa pemeliharaan biasanya enam bulan, sehingga jika melihat jadwal kompetisi yang akan berlangsung bulan Mei, jelas tidak bisa dipakai untuk menggelar pertandingan.

Dia menuturkan, pada awal masa pemeliharaan, dilakukan serah terima pertama atau Provisional Hand Over ( PHO ) antara Kontraktor Pelaksana dan Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK ), bila berakhir masa pemeliharaan, maka dilakukan Final Hand Over (FHO ) atau Serah Terima Akhir.

Saat ini, lanjutnya, pihak kontraktor masih melakukan penyelesaiaan pembangunan, dan akan dilakukan uji coba semua fasilitas dalam stadion, kalau ada yang kurang maka akan diperbaiki. (nds)

 

 

Baca Juga:

Pemkab Jayapura Gelar Pertandingan Liga Sepak Bola Pelajar U-14

Nethy Dharma Somba

Menjelang Drawing Perempat Final Champions, Ini Profil 8 Klub yang Berlaga

hamim

Gol Tunggal Goncalo Guedes, Portugal Juara UEFA Nations League

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment