Pospapua.com
Wakil Bupati Puncak Jaya Deinas Geley saat memberikan pesan imbauan kepada pedagang dan tukang ojek di Gor Mulia, Senin (30/9). (foto : Humas Polda)
Nusantara

Warga Puncak Jaya Diminta Tak Terprovokasi Isu Pengungsian

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Mulia – Teror kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Ilaga, Ibu Kota Kabupaten Puncak sejak tiga hari terakhir, nampaknya membuat khawatir masyarakat non- Papua yang mendiami wilayah Kabupaten Puncak Jaya.

Apalagi kabar warga dibeberapa wilayah Provinsi Papua sudah mulai mengungsi. Menyingkapi  fenomena ini, Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya dan TNI-Polri mengumpulkan seluruh pedagang dan tukang ojek untuk memastikan jaminan keamanan bagi mereka.

Pertemuan yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Mulia ini dihadiri Wakil Bupati Puncak Jaya Deinas Geley, Kapolres AKBP Ary Purwanto, Dandim 1714 Puncak Jaya Letkol Inf Agus Sunaryo dan Kepala OPD di wilayah itu.

Kapolres Puncak Jaya, AKBP Ary Purwanto meminta kepada masyarakat tidak terprovokasi dengan kabar pengungsian warga non-Papua karena ketakutan dengan situasi dan kondisi di wilayah tempat tinggalnya.

Ary memastikan, pihak keamanan TNI-Polri akan bersinergi untuk menjamin keamanan seluruh warga Puncak Jaya. “Bapak ibu sekalian, kami harapkan tidak ikut terprovokasi dengan berita-berita di luar sana, dimana banyak warga pendatang yang mengungsi akibat ketakutan dengan situasi dan kondisi di wilayahnya,” kata Ary.

Pemda Puncak Jaya sangat mendukung aparat keamanan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Mulia. Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar beraktifitas seperti biasa.

“Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban serta mari kita melaksanakan kegiatan seperti biasa dan tidak boleh takut karena TNI-Polri masih bersama kalian,” pesan Ary.

Sekadar diketahui, Puncak Jaya merupakan salah satu wilayah di Provinsi Papua yang terkenal rawan gangguan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Aksi penembakan kelompok bersenjata tak hanya terjadi di wilayah pinggiran Puncak Jaya, melainkan telah masuk ke Kota. (Asi)

Baca Juga:

Pasca Banjir, Listrik di Jayapura Kembali Normal

Nethy Dharma Somba

Disiplin ASN di Kabupaten Jayapura, Rendah

Nethy Dharma Somba

718 Personel Polda Papua Dikerahkan Amankan Idul Fitri

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment