Pospapua.com
Baliho, himbauan Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano yang dipasang di berbagai sudut kota dan juga di berbagai media sosial. (dharma somba)
Nusantara

Wali Kota Jayapura Larang Penggunaan Kantong Plastik

oleh: Hasibuan Aman

Kota Jayapura, Papua menuju kota ramah lingkungan dengan diberlakukannya larangan penggunaan kantong plastik saat berbelanja di pusat-pusat pertokoan mulai 1 Februari 2019. Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano menghimbau warga membawa sendiri noken atau tas belanja dari rumah saat berbelanja, supaya tidak membawa pulang kantong plastik.

Pospapua.com, Jayapura  Pemerintah Kota Jayapura, Provinsi Papua, memberlakukan larangan penggunaan kantong plastik mulai 1 Februari 2019, saat berbelanja di pusat- pusat perbelanjaan modern. 

‘’Mulai 1 Februari akan dicanangkan pelarangan menggunakan kantong plastik saat berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan.  Jadi kalau ke supermarket, mall  bisa membawa sendiri kantong belanja seperti noken Papua, keranjang dan kantong belanja lainnya,’’ imbuh Wali Kota Tomi Mano.

Dijelaskan, sejak tahun 2017 pemerintah Kota Jayapura sudah menerapkan penggunaan kantong plastik berbayar maupun kantong plastik yang ramah lingkungan di semua pusat perbelanjaan di Kota Jayapura seperti Mall dan 50% warga Kota Jayapura mentaati aturan tersebut.

Sebagai landasan hukum larangan penggunan kantong plastik, di tahun 2019, Pemda Kota Jayapura akan menerbitkan Perda (Peraturan Daerah) yang berisi larangan dan juga sanksi. ‘’Salah satu sanksi, jika toko, pusat perbelanjaan melanggar Perda tersebut maka ijin usahanya bisa dicabut,’’ tegasnya.

Sementara itu, General Manager Supermarket Saga Abepura, Haris mengatakan,  pihaknya mendukung kebijakan Pemerintah Kota Jayapura ini, namun di sosialisasikan terlebuh dulu.

‘’Kita mendukung program pak Wali Kota Jayapura, tapi di awal pelaksanaan aturan tersebut kami tidak langsung menghilangkan kantong plastik, untuk berjaga-jaga siapa tau ada yang tidak membawa kantong belanja saat itu. Saya pikir penerapan ini akan dilakukan secara bertahap,’’ jelasnya.

Supermarket Saga Abepura, kata Haris sejak dua tahun lalu sudah menyediakan kantong plastik ramah lingkungan. ‘’Kalau kantong plastik kami secara aturan adalah kantong yang mudah dihancurkan. Kemudian kami juga menyediakan tas-tas belanja yang ramah lingkungan dalam arti bisa digunakan berulang kali, itu kami sudah lakukan setelah Wali Kota pernah menerapkan penggunaan kantong plastik berbayar,” tegasnya.

Pihak Saga juga kata Haris terus menghimbau pengunjungnya untuk menggunakan kantong belanja bukan bahan plastik. ‘’Kita dari Saga akan terus memberikan himbauan-himbauan pada masyarakat. Jadi kami sangat mendukung aturan itu, semua aturan pemerintah pasti kita dukung, kan itu untuk kebaikan kota juga, karena sampah-sampah plastik banyak sekali,” ujarnya. (NDS) 

Baca Juga:

Ratusan Disabilitas di Kota Jayapura tidak Terdaftar dalam DPT

Nethy Dharma Somba

Terjebak Banjir, Pasangan Lanjut Usia Diselamatkan Prajurit Yonif 751/VJS

Nethy Dharma Somba

Bupati Jayapura Imbau Mahasiswa Lanjutkan Kuliah

Syaiful

Leave a Comment