Pospapua.com
Aktifitas-perekonomian
Aparat TNI-Polri saat berjaga di kawasan perekonomian Distrik Ilaga, Kabupuaten Puncak, Sabtu (12/10). (foto : Humas Polda)
Ekonomi

TNI-Polri Jamin Keamanan, Pedagang Jangan Takut Berjualan di Ilaga

Oleh : Achmad Syaiful |
Pospapua.com, Puncak –Aparat keamanan TNI-Polri memberikan jaminan keamanan kepada seluruh warga di Ilaga, Kabupaten Puncak, pascateror kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen, pada akhir September lalu.

Untuk memastikan keamanan warga, Kapolsek Ilaga Iptu Menase Sayori dan Danramil 1714/03 Ilaga, Mayor Inf. Tatang melaksanakan patroli bersama di Ilaga, Ibu Kota Kabupaten Puncak. Dalam patroli itu, keduanya menyambangi para pedagang di wilayah Ilaga, Puncak.

Aparat pun meminta kepada seluruh pedagang di wilayah Ilaga agar tidak takut berjualan. Demikian juga warga lainnya diimbau beraktifitas normal. “Pedagang sayur, pakaian dan lainnya jangan takut berjualan, keamanan anda kami jamin,”  kata Kapolsek Ilaga Iptu Menase Sayori, Sabtu (12/10).

Menurut Sayori, aparat TNI-Polri dituntut untuk melindungi dan mengayomi masyarakat. Oleh karena itu, seluruh masyarakat Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak agar tidak perlu takut beraktifitas.

“Kami aparat keamanan TNI-Polri akan menjamin keamanan masyarakat sekalian dan saya imbau agar kembali beraktiftas. Situasi keamanan di Ilaga telah kondusif,” tegasnya.

Sayori juga meminta masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dan mempercayai berita hoaks. “Jangan percaya berita bohong yang disebar orang tak bertanggung jawab. Mari kita selalu menjaga keamanan di wilayah kita. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang kita cintai ini,” pesannya.

Sebelumnya, Pemerintah Puncak memastikan kondisi keamanan di wilayah Ilaga telah kondusif, sejak 3 Oktober. Kondusifnya wilayah itu ditandai dengan prosesi perdamaian khas Pegunungan Tengah dilanjutkan aksi mengarak bendera merah putih di Ilaga, Ibu Kota Puncak.

Bupati Puncak, Willem Wandik menegaskan, pimpinan TPN-OPM (kelompok kriminal bersenjata) Lekagak Telenggen sudah menyatakan tidak akan berperang lagi di Ilaga, wilayah Ibu Kota Kabupaten Puncak. Ini menandakan berakhirnya teror penembakan di wilayah itu.

“Semua warga sudah menyatakan kembali ke tempat tinggalnya, ditandai dengan mereka (masyarakat) membawa bendera merah putih secara bersama-sama,” kata Willem Wandik.

Wandik meminta masyarakat yang mengungsi agar segera kembali ke Ilaga. Dia pun memastikan adanya jaminan keamanan dari Pemerintah Puncak. “Masyarakat jangan takut, saya sebagai Kepala daerah siap menjamin keamanan bagi kalian,” pesannya. (Asi)

Baca Juga:

4 Perusahaan Logistik Kolaps, 200 Pekerja Dirumahkan

hamim

Monopoli Avtur Pertamina di Bandara Bakal Dihapus?

hamim

Kendalikan Defisit, BI Tahan Suku Bunga Acuan 6%

hamim

Leave a Comment