Pospapua.com
Tim SAR Jayapura bersiaga di tempat wisata selama libur lebaran. (foto: dok humas SAR Jayapura)
Nusantara

Tim SAR Jayapura Siaga di Tempat Wisata

Oleh: Hasibuan Aman |

Pospapua.com, Jayapura- Badan Nasional pencarian dan pertolongan (Basarnas) Jayapura menurunkan beberapa Tim Rescue untuk bersiaga di objek wisata pantai Hamadi, Holtekamp, Base-G, Amai, Tablanusu, dalam rangka Siaga SAR Khusus libur Lebaran 2019.

Kepala Basarnas Jayapura, Putu Arga Sujarwadi, mengatakan Basarnas Jayapura menurunkan dua tim yang berjumlah 10 personel untuk bersiaga di objek wisata baik wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Jayawijaya.

“Personel juga selalu siap digerakkan kapanpun jika ada kejadian yang membahayakan jiwa manusia maka tim rescue akan bergerak secara cepat dan tepat,” kata Kepala SAR Jayapura Putu, Senin (10/6).

Tim Rescue Basarnas Jayapura bersama TNI, Polri, PMI, dan Dinas perhubungan serta Potensi SAR lainnya membuka Posko Siaga SAR khusus Lebaran di daerah yang menjadi pusat liburan masyarakat.

“Tujuan Siaga Khusus Lebaran 2019 dan di objek agar dapat memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat yang sedang berlibur,” ujarnya.

Ia mengatakan cuaca Jayapura sedang bagus meski demikian  diharapkan  masyarakat lebih mengutamakan keselamatan dan perhatikan imbauan larangan petugas saat rekreasi di pantai.

Putu menuturkan, SAR Jayapura telah siap siaga untuk membantu pengamanan dan memberikan bantuan pertolongan dan penyelamatan pada musim libur lebaran, khusus wisatawan yang berlibur di pantai, karena diprediksi warga  banyak yang memanfaatkan liburan ke pantai.

Ia menambahkan, Basarnas Jayapura juga menyiapkam personelnya di Posko Bandara selain di objek wisata pantai. Bahkan SAR Jayapura juga menyiapkan tim mobile yang bergerak kemana saja untuk mengawasi situasi daerah sekitar posko.

Posko SAR itu mulai beroperasi 29 Mei sampai 12 Juni 2019 sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Personil SAR yang bertugas di lapangan, kata Putu, dilengkapi dengan atribut pengamanan diri, dan peralatan penunjang lainnya untuk membantu korban yang terdampak musibah. (nds)

 

Baca Juga:

Terkendala Cuaca, Ada Distrik yang Belum Tersentuh Logistik Pemilu 2019

Nethy Dharma Somba

Normalisasi Sungai dan Perumahan di Sentani Dilakukan Bertahap

Nethy Dharma Somba

Karya Bhakti TNI AU, Lanud Silas Papare Jayapura Tanam 50 Pohon

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment