Pospapua.com
Kapolda Papua Irjen Rudolf Albert Rodja saat (kiri) usai rapat konsolidasi di Mapolda. (foto : dok pospapua)
Hukum & Kriminal

Lima Pendulang Emas Diduga Dibunuh, Polda Turunkan Tim Investigasi ke Yahukimo

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Kepolisian Daerah Papua telah menerjunkan tim investigasi untuk menyelidiki dugaan pembunuhan lima pendulang emas di lokasi tambang rakyat Kampung Minim, Kabupaten Yahukimo pada Minggu (1/9).

Berdasarkan data yang dihimpun Pospapua.com, dugaan pembunuhan ini menyusul komunikasi salah satu pendulang emas yang selamat dalam insiden penyerangan tersebut.

Dalam komunikasi dengan Polres Asmat menggunalan via telepon satelit, salah satu pendulang itu mengaku melihat lima orang yang tewas karena dipanah pada Minggu sekitar pukul 17.00 WIT. Bahkan diduga 200 pendulang lainnya tengah bersembunyi di hutan sekitar lokasi tambang tersebut.

Polres Asmat telah menerjunkan sebanyak 10 personil untuk menverifikasi kebenaran informasi tersebut. Tim ini terdiri dari anggota Kepolisian Resort Asmat dan Kepolisian Resort Yahukimo. Mereka saat ini masih menelusuri informasi dugaan penganiayaan pendulang emas tradisional di wilayah Yahukimo.

Kapolda Papua Inspektur Jenderal Rudolf Albert Rodja saat dikonfirmasi di Jayapura, Selasa (3/9) mengaku baru menerima informasi tersebut.  “Saya baru mendapatkan informasi dari pihak Polres Yahukimo dan Polres Asmat. Saat ini anggota masih mengecek lokasi kejadian apakah berada di Yahukimo atau Asmat,” kata Rodja.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menyebutkan, tim ini diterjunkan ke salah satu daerah yang berada di wilayah perbatasan antara Asmat dan Yahukimo.  “Apabila dari hasil pemantauan situasi di Kampung Minim tidak kondusif,  maka kami akan menerjunkan  pasukan Brimob (Brigade Mobile) yang berada di Yahukimo ke lokasi kejadian, ” kata Kamal saat ditemui di Media Center, Selasa (3/9). (Asi)

Baca Juga:

Diisukan Tewas Ditembak Aparat, Polda Beber Fakta Kematian Andi Mote

Syaiful

Tiga Pencuri Tas Babak Belur Diamuk Penumpang Kapal

Syaiful

26 Tersangka Kerusuhan Jayapura Segera Dilimpahkan ke Jaksa

Syaiful

1 comment

penambang 3 September 2019 | 23:01 at 23:01

mohon untuk segera diterjunkan anggota ke lokasi kejadian sebelum bertambah jumlah korban.. ribuan penambang juga sudah mengungsi mengamankan diri ke lokasi pisang2 trus lanjut ke kampung kawe lalu ketanah merah.. kami masih memantau info dari lokasi kejadian karna kita masih berada dilokasi tambang 45.. kami komunikasi menggunakan wifi…

Reply

Leave a Comment