Pospapua.com
Hukum & Kriminal

Teror Molotov di LBH Medan Ancaman Serius bagi Aktivis HAM

Oleh: Daniel P |

Pospapua.com, Medan – Pegiat Hak Asasi Manusia (HAM) terus mendesak polisi untuk segera mengungkap kasus dugaan teror bom molotov di Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, pada Sabtu (19/20) dini hari kemarin.

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Sumatera Utara memandang teror bentuk ancaman serius yang membahayakan para aktivis HAM. Mereka menuntut dalang pelakunya diungkap.

Koordinator Badan Pekerja KontraS Sumut Amin Multazam Lubis mengatakan, teror molotov itu bukanlah hal kebetulan. Dia menduga ada kaitannya dengan kerja-kerja penegakan HAM belakangan ini.

“Ini seperti satu rangkaian. Seperti kasus Golfrid yang belum tuntas, Literasi Kopi yang juga diteror, kemudian terakhir LBH Medan. Ini satu ancaman serius yang membahayakan para rekan-rekan aktivis HAM,” ujar Amin, Minggu (20/10) siang.

Menurut Amin, teror itu menunjukkan tanda-tanda demokrasi yang semakin terancam. Itu tidak bisa dibiarkan.  Dia juga menyebut teror yang dilakukan pelaku adalah upaya pembungkaman demokrasi dan penegakan hukum di Indonesia. “Ini adalah potret kemunduran demokrasi dan hukum kita,” tukasnya.

Amin kembali menegaskan jika pegiat HAM harus dilindungi. Kerja-kerja penegakan HAM harus dijamin keselamatannya. Menurut dia, penjaminan keselamatan kerja pegiat HAM artinya ikut juga mendorong penegakan hukum, karena penegakan HAM dan demokrasi adalah agenda negara.

“Kejadian ini Amin harus dijadikan momentum bagi para pegiat HAM untuk semakin solid. Meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai ancaman. Tapi kalau ini diberangus dengan aksi-aksi teror, sama saja dengan membunuh benih-benih penegak HAM. Efeknya tidak sehat untuk demokrasi,” ujar Amin. (FAR/Asi/INI Network)

Baca Juga:

Pria Asal PNG Selundupkan 2 Kg Gelembung Ikan ke Indonesia

Syaiful

Sebar Hoaks Makanan Beracun, Seorang Pemuda di Timika Ditahan Polisi

Syaiful

Geledah Padepokan Tarekat, Polisi Temukan Kartu Pemilihan Malaikat

Syaiful

Leave a Comment