Pospapua.com
Logistik Pemilu di kabupaten Mappi didroping menggunakan motor tempel untuk menyusuri sungai ke distrik-distrik. (humas KPU Papua)
Nusantara

Terkendala Cuaca, Ada Distrik yang Belum Tersentuh Logistik Pemilu 2019

Oleh: Dharma Somba

Pospapua.com, Jayapura –  Kondisi alam di Papua yang sulit diatasi mengakibatkan masih ada distrik yang sama sekali belum menerima logistic Pemilu 2019 yang seharusnya dilakukan pencoblosan pada 17 April 2019 lalu.

Komisioner Bawaslu Provinsi Papua Ronald Manoach menjelaskan, distrik tersebut adalah Distrik Kalambo di Kabupaten Yahukimo.

‘’Harusnya logistic didroping tadi, tetapi karena terkendala cuaca maka pesawat yang sudah terbang tersebut kembali lagi ke bandara Nop Goliat di Dekai, jadi tidak bisa masuk ke distrik tersebut,’’ ujarnya melalui sambungan telepon.

Dijelaskan, ada tujuh distrik di Yahukimo yang tidak bisa melakukan pencoblosan pada 17 April 2019 karena terkendala cuaca untuk droping logistic. Lima Distrik berhasil didroping pada Kamis dan dua distrik yang belum bisa.

‘’Ada dua distrik yang melakukan droping hari ini tetapi hanya satu yang tembus yaitu distrik Tanggema itupun belum semua logistic terkirim, baru separuh dari logistic terkirim bersama satu anggota pengawas distrik dan satu apparat keamanan,’’ jelasnya.

Manoach menjelaskan, kondisi alam memang tidak bisa dilawan, dan saat ini sedang didiskusikan untuk solusi dari kondisi saat ini jika memang cuaca tidak bersahabat dalam waktu dekat.

Sementara itu, di Distrik Wandae Kabupaten Intan Jaya dilaporkan pengrusakan logistic yang diduga didalangi oleh oknum caleg. “Di Intan Jaya itu ada caleg dengan sekelompok massa menghancurkan TPS dan menghamburkan surat suara, logistik dan lainnya,’’ ujar Manoach.

Kejadian ini menurut Manoach merupakan pelanggaran Pemilu  dan saat ini Sat Gakkumdu sudah ke Intan Jaya untuk melakukan penyelidikan dan bagaimanapun juga pemilihan di Wandae yang menggunakan system noken harus tetap berjalan.

Akibat pengrusakan tersebut salah seorang panwas distrik Wandae mengalami luka sabetan benda tajam dibagian tangan.

Distrik Wandae merupakan salah distrik di Papua yang mengalami Pemilu susulan karena keterlambatan droping logistik akibat cuaca. (nds)

Baca Juga:

Tumbuhkan Minat Baca Anak, TNI Gelar Perpustakaan Keliling

Nethy Dharma Somba

Polairud Polres Mimika Berupaya Pindahkan Bangkai Ikan Paus

Nethy Dharma Somba

Anjing Pelacak Kembali Temukan 1 Jenazah Korban Banjir

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment