Pospapua.com
Militer Niger. Foto: AIT
Internasional News

Tentara Niger Tewaskan 280 Milisi Boko Haram

Sejak Desember 2018, Kemenhan Niger cemas Boko Haram akan meluncurkan serangan baru pada Januari 2019

Jakarta — Tentara Niger membunuh lebih dari 280 anggota Boko Haram dekat perbatasan di tenggara negara melalui serangan udara dan tanah sejak minggu.

Departemen Pertahanan Niger dalam sebuah pernyataan dikutip AFP mengatakan, lebih dari 200 militan telah tewas dalam serangan udara, sementara 87 orang lain tewas dalam pertempuran darat sejak 28 Desember 2018.

Gempuran yang dimulai sejak 28 Desember 2018 ini dilakukan di pulau-pulau Danau Chad dan di sepanjang Sungai Komadougou Yobe yang memisahkan Niger dan Nigeria.

“Pasukan darat kami berhasil menewaskan 200 militan dan 87 lainnya oleh pasukan udara,” kata Kementerian Pertahanan Niger, dikutip dari AFP, Kamis (03/01/2019).

Kemhan Niger juga menegaskan, tak ada pasukannya yang iktu menjadi korban tewas. Tak hanya itu, mereka juga berhasil menyita delapan kano, dua peluncur roket, senjata serbu, amunisi dan beberapa kendararaan.

Sejak Desember 2018, Kementerian Pertahanan Niger mengaku cemas bahwa Boko Haram akan meluncurkan serangan baru pada Januari 2019, ketika Sungai Komadougou Yobe surut dan bisa dilewati tanpa menaiki perahu.

Pemberontakan Boko Haram dimulai dari Nigeria pada 2009 silam dan menyebar ke negara-negara tetangga, termasuk Niger.

Sekitar 27 ribu orang telah tewas dan dua juta lainnya mengungsi, memicu krisis kemanusiaan yang cukup parah di sejumlah negara di Afrika.

(Nurcholis/INI-NETWORK)

Baca Juga:

Amerika Sayembarakan $ 1 juta AS Memburu Putra Osama bin Laden

Anjar Asmoro Heryanto

Blokir Internet di Jayapura Mendadak Terbuka, Jurnalis Khawatir Hanya Uji Coba

Syaiful

Anggota Polda Papua Disandera Sekelompok Masyarakat

Syaiful

Leave a Comment