Pospapua.com
tanaman kaktus, jadi souvenir pernikahan. (istimewa)
Ekonomi Kreatif

Tanaman Kaktus, Souvenir Pernikahan yang Unik

Pasca Hari Raya Idul Fitri, bulan syawal identik dengan bulan pernikahan. Berbagai persiapan pun dilakukan untuk melengkapi acara tersebut, termasuk dengan menyiapkan souvenir pernikahan.

Oleh: Indrawati

Pospapua.com, Makassar – Hampir semua orang menyukai tanaman. Namun, untuk acara pernikahan, menjadikan tanaman kaktus sebagai souvenir tentu masih jarang ditemui.

Kaktus dikenal sebagai tanaman yang perawatannya mudah serta terbilang unik. Ini pula yang membuat tanaman ini masih sulit dijual di Ibukota Sulawesi Selatan ini.

Untuk itu, menjadikan tanaman kaktus sebagai souvenir pernikahan akan terlihat unik dan lebih bermanfaat untuk para tamu undangan.

 

Owner Kaktus Makassarku, Ayu mengatakan, harga jual tanaman kaktus mulai Rp20 ribu. Sedangkan untuk souvenir berupa benih sayuran dibanderol dari harga Rp2 ribu.

Adapun, paket yang disediakan Kaktus Makassarku yakni paket hemat (pahe) berupa pot gerabah, pahe pot kaca, dan pahe pot plastik. Paket ini menjadi alternatif untuk hadiah.

“Paket ini sudah dapat pot, tanaman, batu hias dan kartu ucapan. Jadi lebih khusus dijadikan kado. Banyak juga yang beli untuk diletakkan di meja kerjanya,” katanya di Makassar, Ahad (16/6).

Ayu menjelaskan, menjadikan benih sayuran sebagai souvenir dengan melihat kebermanfaatannya. Menurutnya, benih sayuran setelah ditanam, hasilnya bisa dikonsumsi oleh pemiliknya. Selain itu, langkah tersebut sebagai awal untuk mengampanyekan go green ke para tamu undangan.

“Belajar sedikit-sedikit dulu untuk mencintai lingkungan. Kan mungkin saja satu atau seribu tamu undangan ada yang sadar,” ucapnya.

Untuk souvenir tanaman, disediakan beberapa jenis penyajian yakni menggunakan amplop, botol mini, dan pot. “Tentunya juga jenis benih tanaman yang dipilihkan itu benih tanaman yang unggul. no abal-abal,” jelas Ayu.

Adapun pilihan tanaman benih:

  1. Benih bunga matahari
  2. Benih kangkung
  3. Bayam hijau/merah
  4. Sawi
  5. Cabe
  6. Seledri
  7. Sawi

Semua pilihan menarik dan pilih sesuai selera. (ani/nds)

 

Baca Juga:

The Gade Clean and Gold, 4 Kilogram Sampah Ditukar 0,01 Gram Emas

Nethy Dharma Somba

Menikmati Kopi Pegunungan Bintang di Festival Crossborder Skouw

Nethy Dharma Somba

Kitong Bisa dan IDH Ajak Anak Muda Papua Berbisnis Ramah lingkungan

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment