Pospapua.com
Peserta seminar pertahanan semesta di Jayapura. (Ari Bagus Poernomo)
Nusantara

Sistem Pertahanan Semesta Atasi Ancaman Non Militer

Oleh: Ari Bagus Poernomo |

Pospapua.com, Jayapura – Perwakilan Kementerian Pertahanan Provinsi Papua mensosialisasikan Sistem Pertahanan Semesta kepada masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kabupaten Jayapura.

Sosialisasi melalui seminar dengan judul Sinkronisasi Kebijakan Pertahanan Negara, dilaksanakan di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Kamis (2/5) di buka Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan (Kakanwil Kemhan) Provinsi Papua, Kolonel Laut (KH) Muhaimin.

Dalam sambutannya, Muhaimin menjelaskan, tujuan sosialisasi Sistem Pertahanan Semesta,  memberikan pemahamam kepada generasi muda untuk menjaga persatuan, kesatuan dan keutuhan Negara Republik Indonesia (NKRI).

Sistem Pertahanan Semesta adalah suatu sistem pertahanan yang melibatkan seluruh warga negara di seluruh daerah dan segenap sumber daya  nasional yang telah dipersiapkan secara dini oleh pemerintah.

“Berbeda dengan tugas pertahanan yang dilakukan oleh saudara-saudara kita di TNI, sistem pertahanan semesta ini lebih fleksibel dan semua pihak bisa turut serta mengambil bagian dalam pelaksanaannya,” kata Muhaimin.

Di era globalisasi dan jaman modern ini ancaman terhadap negara yang perlu diwaspadai adalah ancaman non militer yang berasal dari dalam negeri sendiri.

“Contohnya adalah penyebaran berita bohong yang bertujuan memprovokasi satu dan lain pihak yang berpotensi memecah belahn rasa persatuan dan kesatuan, bahaya narkoba dan lain sebagainya yang berasal dari dalam negeri sendiri,” jelasnya.

Ancama lain, adanya pihak yang ingin merubah ideologi Pancasila menjadi ideologi yang dikehendaki oleh pihak tersebut. Selain itu masalah politik, ekonomi dan social budaya pun turut serta menjadi ancaman untuk pertahanan di Indonesia.

“Oleh sebab itu Sistem Pertahanan Semesta ini sangat perlu diselenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berkelanjutan serta memadukan pertahanan militer dan non militer yang saling mendukung dalam rangka menegakkan kedaulatan negara demi keutuhan NKRI dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman,” tutupnya. (nds)

Baca Juga:

Buka Hari Ini, Festival Teluk Humboldt 11 Tampilkan Kekayaan Budaya Papua

Syaiful

Naik 8 Persen, UMK Jayapura Rp. 3,3 Juta

Nethy Dharma Somba

Wabup Jayapura dan Keluarga Shalat Ied di Masjid Agung Al-Aqsha Sentani

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment