Pospapua.com
Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano bersama empat kepala daerah lainnya menandatangani penetapan Ibukota Daerah Otonom Baru Provinsi Papua Tabi, Senin (16/9). (foto : Humas Pemkot Jayapura)
News

Sepakat, Kota Jayapura Jadi Ibukota Provinsi Wilayah Adat Tabi

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Kota Jayapura ditetapkan sebagai Ibukota Daerah Otonomi Baru (DOB) wilayah adat Tabi. Penetapan ibukota ini sesuai hasil kepakatan lima kepala daerah dan masyarakat se-Tabi di Buni Khenambay Umbay, Kabupaten Jayapura,  Senin (16/9).

Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano seperti dikutip dalam siaran persnya, memandang Kota Jayapura sudah siap menjadi Ibukota Provinsi Papua Tabi. Kesiapan itu dapat diukur dari sisi sumber daya manusia, serta daerahnya sendiri.

“Dilihat dari konsepnya, kami sudah siap, untuk Daerah Otonomi Baru, dari sumber daya manusia (SDM) nya, kemampuan daerahnya, kami sudah siap, kita kota Jayapura siap menjadi ibukota provinsi Papua Tabi, tetap berada di pusat yaitu kota Jayapura,” terang Tomi Mano, Selasa (17/9) pagi.

Menurut Walikota yang akrab disapa BTM ini, pembahasan DOB Provinsi Papua Tabi telah dibicarakan oleh masyarakat se-Tabi sejak 8 tahun lalu. Pembahasan dipicu berbagai persoalan dalam pembangunan SDM dan infrastruktur yang dinilai tidak merata.

“Kita bicara Provinsi Papua Tabi sejak tahun 2012 karena tidak ada pemerataan pembangunan di lima wilayah adat, sehingga pertemuan lima kepala daerah dan masyarakat adat Tabi telah berkomitmen menjadikan wilayah adat Tabi menjadi DOB Provinsi Papua Tabi,” tegasnya.

Tomi Mano meyakini  kehadiran Daerah Otonomi Baru akan memberikan pelayanan kesejahteraan langsung kepada masyarakat di wilayah terpencil dan masyarakat. “Pastinya memperpendek pelayanan kepada masyarakat dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan dilima wilayah adat,” ujarnya.

Terkait kelayakan kesiapan Provinsi Papua Tabi, Tomi Mano mengklaim telah memiliki sejumlah sarana pendukung yang berada di pusat Kota Jayapura. Misalnya, keberadaan Polda, Kodam hingga keamanan tingkat Kodim, Polres dengan didukung keberadaan sejumlah universitas.

“Setelah kajian-kajian yang dilakukan Tim Universitas Cenderawasih, saya kira kita sudah cukup untuk menjadi DOB dengan luas wilayah dan wilayah administrasi Pemerintah daerah,” katanya.

Dia pun memastikan usulan ini telah direspoon Presiden Joko Widodo. “Apa yang disampaikan bapak Presiden, dia menyetujui, beliau langsung memerintahkan, dan Depdagri sudah bilang ini langsung dari bapak presiden,” bebrnya.

Sementara itu, Ketua Forum Kepala Daerah se-Tanah Tabi, Mathius Awoitauw  menegaskan, pertemuan ini guna menyiapkan dokumen-dokumen untuk menyampaikan secara resmi kepada Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Pusat, bahwa DOB Provinsi Papua Tabi telah siap.

Rapat yang dihadiri lima kepala daerah dan masyarakat se-Tabi menyepakati membentuk tim dari unsur Adat, pemerintah, legislatif, gereja, perempuan, pemuda untuk mengatarkan aspirasi dan kelengkapan syarat-syarat kepada Presiden Joko Widodo. (Asi)

Baca Juga:

Pengakuan “Egg Boy” yang Ngeplak Kepala Senator Australia

Fajar Subhan

Imbas Kereta Anjlok, Ini Rute Alternatif Jakarta Bogor dan Sebaliknya

hamim

Tutut Soeharto: Pesantren Punya Andil Besar Membangun Generasi Beradab

hamim

Leave a Comment