Pospapua.com
Serba-serbi

Sebelum Kirim Emoji di WA, Kenali Dulu Artinya

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Pospapua.com, Jakarta — Seiring penggunaan aplikasi pesan, emoji berkembang tmenjadi bahasa universal tidak resmi dalam komunikasi kita sehari-hari.

Misalnya, banyak dari kita menggunakan emoji “smiley tertawa sampai ada air matanya” untuk memberitahu seseorang bahwa kamu tertawa begitu keras sampai menangis.

Emoji pada WhatsApp, dibuat oleh Konsorsium Unicode. Mereka bertanggung jawab terhadap pengodean karakter standar yang memungkinkan kita untuk melihat emoji di berbagai macam gadget. Dalam situsnya menjelaskan, bahwa walaupun gambar artistik emoji dalam tiap brand bervariasi, mereka tetap memiliki arti simbol yang sama.

Berikut, 10 emoji yang sering kita gunakan beserta artinya.

1. Emoji “Face Savouring Delicious Food”

Ini sering digunakan sebagai emoji yang menggambarkan ekspresi baru saja melakukan kejahilan, atau mengucapkan sesuatu dalam konteks candaan. Padahal emoji ini digunakan untuk menggambarkan perasaan saking kepengennya suatu makanan yang lezat atau sedang menikmati makanan lezat.

2. Emoji “Tired Face”

Ini bukan emoji yang menggambarkan kekecewaan, tapi ini emoji yang menggambarkan rasa lelahmu.

 

3. Emoji “smiling face with smiling eyes”

Wajah tersenyum dengan pipi merah ini menunjukkan bahwa kamu benar-benar senang, dan awalnya hanya diperuntukkan kepada orang yang dekat sekali denganmu. Menggunakannya dengan salah akan menyebabkan salah persepsi yang menunjukkan kamu merasa dekat dengannya.

4. Emoji “Expressionless Face”

Emoji ini menunjukkan bahwa kamu “no comment” terhadap pembicaraan yang sedang berlangsung. Hati-hati ketika membedakan dengan emoji “Neutral Face”. Emoji ini menunjukkan bahwa kamu sebenarnya gak suka dengan bahasan yang dibicarakan tapi lebih memilih “no comment”.

5. Emoji “Disappointed but Relieved Face”

Emoji ini bukan menunjukkan perasaan heran, tapi menunjukkan rasa kecewa dan akhirnya lega. Misalnya habis menghadapi masalah besar terus berhasil diselesaikan.

 

6. Emoji “Sleepy Face”

Emoji ini bukan menunjukkan perasaan bosan atau sudah capek dengan bahasan yang berlangsung. Emoji ini menunjukkan rasa mengantuk. Jangan keliru dengan emoji yang ada tanda zzz.. zzz-nya, kalau itu menunjukkan emoji sudah dalam keadaan tidur.

7. Emoji “Face Screaming in Fear”

Ini bukan emoji yang menunjukkan rasa kaget, ini menunjukkan bahwa kamu teriak dalam ketakutan yang amat sangat. Inspirasi emoji ini datang dari lukisan terkenal “The Scream” yang dibuat oleh seniman Norwegia, Edvard Munch.

8. Emoji “Open Hands Sign”

Ini bukan emoji untuk menggambarkan menolak sesuatu. Emoji ini digunakan untuk menggambarkan keinginanmu memeluk lawan bicara ataupun menawarkan pelukan.

9. Emoji “Neutral Face”

Emoji wajah natural ini menunjukkan kepolosanmu, bahwa kamu benar-benar gak ngerti dengan pembicaraan yang sedang berlangsung.

10. Emoji “Person With Folded Hands”

Emoji ini salah diartikan sebagai emoji berdoa, padahal emoji ini menunjukkan salam atau terima kasih sesuai negara asal emojinya, yaitu Jepang.

 

Setelah membaca artikel ini, jangan salah kirim emoji lagi ya.. (*/Dry)

Baca Juga:

Rumah Bersih Sambut Lebaran

Nethy Dharma Somba

Tips Membuat Toner dari Bahan Alami

Fajar Subhan

Drama Penyaliban Yesus Kristus Warnai Ibadah Jumat Agung

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment