Pospapua.com
Sepeda motor yang terparkir di kawasan Rusunawa Uncen diamankan aparat kepolisian. (foto : Humas Polresta)
Headline

Rusunawa dan Asrama Uncen Digeledah Polisi, 43 Motor Diamankan, 8 Orang Diperiksa

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Ratusan aparat gabungan Polri menggeledah Asrama mahasiswa dan Rusunawa milik Universitas Cenderawasih (Uncen) yang terletak di kawasan Perumnas III Waena, Kota Jayapura, Sabtu  (3/8).

Delapan orang diamankan bersama 43 sepeda motor yang diduga hasil curian. Delapan orang tersebut kini masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Jayapura Kota, karena disinyalir terlibat dalam kasus pencurian motor (curanmor) dan pencurian dengan kekerasan (curas).

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas berbincang dengan warga di sekitar lokasi penggeledahan. (foto : Humas Polresta)

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas saat dikonfirmasi didampingi Kasubag Humas Polresta Iptu Jahja Rumra, Sabtu petang menegaskan, penggeledahan ini menyusul maraknya informasi kawasan Rusunawa dan Unit Asrama Uncen yang diduga menjadi pelarian kasus pencurian kendaraan bermotor dan pencurian dengan kekerasan.

“Langkah ini merupakan satu dari banyak atensi dalam menindaklanjuti laporan masyarakat terkait tindak pidana di Kota Jayapura selama ini, terutama pencurian motor dan pencurian dengan kekerasan,” katanya.

Penggeledahan yang dilaksanakan sejak pagi hari melibatkan 184 personil gabungan Polres Jayapura Kota, Samapta, Brimob hingga Subdit Jatanras Direktorat Reskrim Umum Polda Papua.

Anggota Polri mengecek kendaraan yang dicurigai curian

“Rusunawa dan Unit Asrama Uncen menjadi sasaran utama penggeledahan karena sering dijadikan lokasi penyimpanan barang hasil kejahatan, khususnya kendaraan bermotor hasil curian,” ujar Gustav.

Selama ini, Rusunawa dan Unit Asrama Uncen kerap dijadikan tempat persinggahan para pelaku kejahatan di Kota Jayapura. “Rata-rata pelaku bukan penghuni tetap Rusunawa, mereka hanya menyembunyikan barang hasil kejahatan,” tegasnya.

Puluhan sepeda motor hasil pengeledahan ditampung di halaman Mapolresta. (foto : Humas Polresta)

43 sepeda motor temuan di lokasi penggeledahan telah disita di Mapolres Jayapura Kota. Sementara delapan orang yang diamankan masih diambil keterangannya. “Delapan orang ini kami amankan di lokasi, proses penyelidikan masih berjalan,” tandas mantan Kapolres Jayapura ini.

Penggeledahan Asrama Mahasiswa dan Rusunawa Uncen pernah dilakukan aparat Polres Jayapura Kota pada tahun sebelumnya. Tercatat 74 sepeda motor diamankan aparat kepolisian, dan satu orang warga diproses atas tuduhan penadahan barang curian. (asi)

Baca Juga:

Janji Kapolri dan Panglima, Jamin Keamanan Warga Papua di Seluruh Indonesia

Syaiful

Ibu Ani dalam Kenangan Menantu, Anisa Yudhoyono

Nethy Dharma Somba

Jutaan Peziarah Umrah tiba di Arab Saudi

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment