Pospapua.com
Nusantara

Rencana Reklamasi Teluk Benoa, Menteri Susi Dianggap tak Berpihak ke Rakyat Bali

Rencana Reklamasi Teluk Benoa, Menteri Susi Dianggap Tak Berpihak ke Rakyat Bali
Oleh: Rosid    |
Pospapua.com, Denpasar- Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dianggap tak berpihak kepada warga Bali setelah kembali mengeluarkan izin lokasi untuk PT TWBI di Teluk Benoa.
Pantauan di lokasi, ribuan massa aksi melakukan long march dari arah parkiran timur menuju Kantor DPRD Bali. Kemudian dilanjutkan ke depan Kantor Gubernur Bali.
Wayan Gendo Suardana, Koordinator For Bali Tolak Reklamasi mengatakan, aksi ini dilakukan lantaran terbitnya izin lokasi reklamasi baru seluas 700 hektar kepada PT TWBI oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti pada 29 November 2018 silam.
Selain itu, juga menagih janji Gubernur Bali, I Wayan Koster yang mengatakan proyek reklamasi Teluk Benoa gagal. Menurutnya, pemerintahan sekarang tak memikirikan aspirasi rakyat dan hanya mementingkan investor.
”Hal ini kami anggap merupakan preseden buruk bagi hukum dan politik kita. Menteri Susi yang katanya jaya di lautan, ternyata takluk di Teluk Benoa,” imbuhnya.
Dalam orasinya, Gendo berulang kali menyebut Susi tidak berpihak pada rakyat Bali. Ia juga menyayangkan Susi yang berulangkali mengatakan bahwa izin lokasi berbeda dengan izin reklamasi. Menurutnya, itu adalah pembohongan.
Ia menjelaskan, izin lokasi adalah bagian dari izin reklamasi. “‘Di sini kami nilai Susi seolah bertindak sebagai administratur, bukan pejabat publik seharusnya yang berpihak pada rakyat,” katanya.
Dalam aksi tersebut For Bali tegas menuntut Susi Pudjiastuti mencabut kembali izin lokasi reklamasi itu seraya meminta maaf kepada publik. Selain itu, meminta Gubernur Bali membuka surat yang ia kirim ke Presiden Joko Widodo. Surat tersebut adalah permintaan agar Jokowi merevisi Perpres 51 tentang Teluk Benoa. (Ari/NDS)

 

Baca Juga:

Mensos Apresiasi Penanganan Korban Banjir Bandang Sentani

Nethy Dharma Somba

Bukit Pandanan NTB Terbakar, Dua Tim Diterjunkan

Syaiful

Bawaslu Kota Jayapura: Jangan Ada Intervensi dalam Perekrutan KPPS

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment